Monday, December 2, 2013

23 Daftar Jajan Pasar Khas Surabaya, Oleh Katering Indonesia San Diego.


Di sini tidak akan dibahas semua jajan pasar Surabaya yang dijual, hanya yang umum saja.
  1. Cara Bikang. Ini adalah jajan pasar favorit saya. Rasanya manis gurih sedikit asin. Mekar dan warna warni seperti bunga. Bahan dasar kue ini adalah tepung ketan dan santan kental.
  2. Dadar gulung ijo. Disebut dadar karena cara membuat kue ini seperti mendadar telur, berwarna hijau dan berisikan kelapa parut dan gula jawa.
  3. Gethuk. Makanan ini konon asli dari Jawa Tengah, dan menyebar ke Jawa Timur termasuk di Surabaya. Sama seperti sebagian jajan lain, gethuk juga lebih nikmat jika disandingkan dengan kelapa parut.
  4. Jentik manis. Bentuknya seperti nagasari, persegi empat panjang. Hanya saja jentik manis dibungkus dengan plastik transparan yang agak tebal. Warna jentik manis sangat menarik, merah muda dengan butiran putih yang disebut biji mutiara.
  5. Klepon. Bulat seukuran bola ping-pong, memiliki warna hijau, berisi potongan gula merah dan berbalut kelapa parut.
  6. Kue Ku. Yang umum dijual di pasar adalah berwarna merah, berisi kacang hijau dan memiliki bentuk seperti tempurung kura-kura. Lapisan dasar kue ku adalah daun pisang, agar kue yang kenyal ini tidak lengket di pembungkusnya.
  7. Kucur. Disebut kucur karena proses pembuatannya yang seperti mengucurkan adonan cair ke dalam wajan panas. Wajan tersebut tentu sudah dioles dengan minyak terlebih dahulu agar kucur tidak lengket. Kucur yang dijual di Surabaya umumnya berwarna coklat muda.
  8. Kue Lapis. Di Surabaya umumnya hanya terdiri dari 2 warna, hijau dan putih. Namun pada perkembangan dan perbedaan selera, kue lapis dapat berkembang menjadi macam warna.
    Foto dan Kue Kreasi
    Katering Indonesia San Diego 2012.
  9. Kue Mangkok. Memiliki tekstur kenyal, sama seperti kue ku. Umumnya berwarna merah muda dan kerap dibeli pada saat hari raya.
  10. Lemet. Di daerah lain, kue ini kerap disebut utri. Bahan lemet sederhana namun memikat, yakni singkong parut, kelapa parut dan gula jawa. Adonan tersebut dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Masyarakat pedesaan kerap menikmati jajan ini saat sore hari sebagai teman minum teh.
  11. Lemper. Siapa yang tak tahu jajan satu ini? Mudah dan ringkas dibawa sebagai bekal makanan, namun cukup mengenyangkan.
    Lemper Ayam
    Kreasi Katering Indonesia San Diego
  12. Lumpur. Dicetak dalam loyang panas berbentuk mangkok. Lumpur biasa diberi toping kismis, coklat dan sebagainya.
  13. Lupis. Bentuk asli lupis adalah segitiga, terbuat dari beras ketan, disiram saus gula merah dan bertabur kelapa parut.
  14. Madu mongso. Konon jajan ini berasal dari Madiun, Jawa Timur di bagian selatan. Berbahan utama ketan hitam yang difermentasikan terlebih dahulu. Bungkus madu mongso sangat menarik karena menggunakan kertas minyak warna-warni.
  15. Nagasari. Berisi irisan pisang di tengah kue berwarna putih, dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.
  16. Onde-onde. Jenis onde yang dijual di pasar Surabaya umumnya yang berukuran seperti bola tenis, berbalut kacang wijen putih dan berisikan kacang hijau kupas.
  17. Petulo. Bahan utama petulo adalah tepung beras. Mirip mie warna warni, disantap bersama saus kinca dan kuah santan. Dingin atau hangat pun tetap nikmat.
  18. Pukis. Meskipun banyak pukis yang dijual dalam kondisi fresh from the oven dan bisa dibuat sesuai selera masing-masing, namun pukis tetap dapat ditemui di pasar tradisional Surabaya.
  19. Putri mandi. Yang ini boleh diintip kok. Putri mandi yang dijual di Surabaya umumnya berbentuk kotak, berlapis plastik transparan sehingga tampak kue yang berwarna hijau berlapis putih.
  20. Putu ayu. Orang yang memiliki nama ini pastilah disukai banyak orang karena manis, semanis jajan putu ayu.
  21. Sate donat. Lucu kan namanya? Donat yang berukuran seperti bola ping-pong ditaburkan gula halus dan ditusukkan ke tusuk sate. Umumnya setiap tusuk terdiri dari 3 donat. Sekali lagi, sesuai dengan perkembangan selera, kini banyak sate donat yang bertabur aneka ragam toping.
  22. Serabi. Berbentuk bundar, memiliki warna hijau di bagian tengah, disantap bersama saus kinca serta kuah santan.
  23. Kue Usus. Bahan utama kue ini adalah tepung dan gula, berbentuk bulat memanjang seperti usus lalu digoreng hingga kecoklatan, itulah kenapa disebut kue usus.
  24. Wajik. Berbentuk limas, terbuat dari beras ketan dan diolah bersama gula jawa sehingga berwarna coklat.

I Love Surabaya

Tanah Airku
(Oleh Ibu Soed)

Tanah Airku Tidak Kulupakan
Kan Terkenang Selama Hidupku
Biarpun Saya, Pergi Jauh
Tidak Kan Hilang Dari Kalbu
Tanahku Yang Kucintai
Engkau Kuhargai

Walaupun Banyak Negeri Kujalani
Yang Masyur Permai Dikata Orang
Tetapi Kampung dan Rumahku
Di Sanalah Kurasa Senang
Tanahku Tak Kulupakan
Engkau Kubanggakan.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.