Saturday, November 23, 2013

12 Daftar Makanan Indonesia Yang Berkuah, Oleh Katering Indonesia San Diego.



  1. Bakmoy ayam. Sesuai nama belakangnya, tentu saja berbahan ayam. Bahan lain adalah potongan telur rebus, tahu, seledri dan lain-lain. Kuah coklat bakmoy berasal dari kecap manis dan kecap asin serta bahan lain (menurut cara masakan saya).
    Masakan Kreasi dan Hak Milik dari
    Katering Indonesia San Diego.
  2. Capcay kuah. Selama ini anda cuma makan capcay berkuah sedikit bukan? Nah, di Surabaya dijual capcay kuah. Cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak kecil atau orang yang memang suka makanan berkuah.
    Cap Cay Kuah
    Foto dan Masakan Kreasi Katering Indonesia San Diego.
  3. Rawon daging. Konon rawon berasal dari kota Surabaya. Berkuah hitam karena mengandung bahan kluwak, dicampur dengan daging, disajikan bersama potongan telur asin, sambal terasi, kerupuk udang serta tauge pendek menjadikan makanan ini nikmat tiada tara.
  4. Sayur asem. Sayur asem menggunakan berbagai macam sayuran. Ada yang menambahkan tetelan daging atau udang sebagai penyedap rasa. Rasa asam pada makanan ini berasal dari asam jawa yang dipakai. 
    Sayur Asem Klentang.
    Foto dan Masakan Kreasi serta Hak Milik dari
    Katering Indonesia San Diego.
  5. Sayur lodeh. Berbahan nangka muda, kacang panjang dan labu siam. Bisa juga diberi varian lain seperti tahu, petai, tempe, tetelan daging/udang, jantung pisang dan sebagainya agar kandungan gizinya semakin lengkap, sehingga baik untuk sekeluarga.
    Foto dan Masakan Kreasi serta Hak Milik dari
    Katering Indonesia San Diego
  6. Semur daging. Makanan peranakan Indonesia Belanda ini terdiri dari daging, kentang, tomat, suun, air kaldu, kecap manis, pala serta bumbu rempah lain.
  7. Soto Ayam. Siapa yang tak pernah makan soto ayam? Jadi tidak perlu dibahas lagi ya. Seandainya butuh informasi tentang makanan satu ini, saya sudah banyak membahasnya di bagian lain pada blog ini.
    Soto Ayam.
    Foto dan Masakan Hak Milik
    Katering Indonesia San Diego.
  8. Soto Banjar. Soto tanpa kunyit atau kunir ini berbahan dasar susu dan kaldu, serta penggunaan rempah-rempah pada makanan ini mengingatkan kita pada kekayaan alam nusantara.
    Soto Banjar.
    Foto dan Masakan Hak Milik Dari
    Katering Indonesia San Diego.
  9. Soto Madura/Soto Daging. Sama seperti soto ayam. Tak perlu panjang lebar membahasnya lagi. 
    Soto Daging.
    Kreasi Katering Indonesia San Diego.
  10. Sup (ayam) sayuran. Lagi-lagi pengaruh Belanda terhadap Indonesia begitu kuat pada kekayaan kuliner Indonesia. Dapat dimaklumi, karena Indonesia pernah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun kan? Sup berkuah bening ini terdiri dari wortel, kubis/kol, buncis, kentang, seledri, bawang prei serta bahan lain. Karena selera dan kebutuhan orang berbeda, maka tak jarang sup ini ditambahkan sosis, potongan daging ayam atau sapi, makaroni, suun. Biasanya sup ini dimakan bersama perkedel kentang.
    Sup Sosis Sayuran.
    Foto dan Masakan Hak Milik
    Katering Indonesia San Diego.
  11. Sup merah. Makanan peranakan Indo Belanda ini menggunakan bahan utama saus tomat/tomat merah sehingga kuah sup ini berwarna merah. Bahan lain yang digunakan adalah sosis, wortel, kacang polong, daging ayam, bakwan udang goreng dan bumbu rempah lain.
    Sup Merah.
    Foto dan Masakan Hak Milik
    'Katering Indonesia San Diego.
  12. Sayur bening/sayur bayam. Dinamakan bening karena kuahnya memang jernih, dan berbahan utama bayam. Bahan lain yang umum digunakan adalah jagung dan oyong. Sayur bayam lebih nikmat jika dimakan bersama dadar jagung/ bakwan jagung/perkedel jagung.
    Katering Indonesia San Diego

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.