Wednesday, December 4, 2013

Pasangan Selebriti Indonesia Yang Terpisah Oleh Maut.

Menjalani pernikahan tidaklah semudah seperti mengucapkan janji suci di depan banyak orang dan Tuhan. Dua individu dengan karakter yang berbeda dan dibesarkan oleh keluarga yang berbeda merupakan tantangan tersendiri dalam menjalani biduk rumah tangga. Seperti berada di dalam kapal yang sedang berlayar di lautan berombak ganas, ada saja gangguan dan terjangan. Jika kapal mulai miring, kedua nahkoda harus bekerja sama membuang rasa ego masing-masing untuk menyelamatkan kapal mereka. Banyak pasangan yang tidak dapat mempertahankan kapal pernikahan mereka. Akan tetapi banyak pula yang menjadi kisah cinta inspiratif. Ada yang lama menikah dan terpisah oleh maut namun ada pula yang baru menikah sudah terpisah oleh maut.
Berikut adalah pernikahan selebriti yang terpisahkan oleh maut :

  1. Adjie Massaid dan Angelina Sondakh. Baru menikah dua tahun sejak 2009, Angie harus menghadapi kenyataan ditinggal Adjie selamanya akibat serangan jantung mendadak. Lebih memprihatinkan lagi, Keanu masih berusia kurang dari 2 tahun saat sang ayah meninggalkan ia selama-lamanya. 
  2. Advent Bangun dan Lois Riani Amalia Sinulingga. Advent merupakan aktor yang khusus di film bergenre action. Pernikahan Advent dengan Lois dikaruniai lima orang anak. Lama tak muncul di layar televisi, Advent berkarya sebagai seorang pendeta. Ia wafat pada 10 Februari 2018 akibat diabetes yang membuat gagal ginjal.
  3. Afnenda Asril dan Derry Drajat. Pasangan ini menikah pada tahun 1998 dan dikaruniai empat orang anak. Afnenda terserang kanker payudara. Afnenda berupaya mengobati hingga ke Singapura.  Namun ia wafat pada 31 Januari 2016.
  4. Agung Sarwono dan Itje Trisnawati. Baru merayakan ulang tahun pernikahan ke-3, Itje ditinggal pergi selamanya oleh sang suami akibat serangan jantung. Almarhum dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta. Itje disebut sangat terpukul oleh kepergian sang suami hingga berkali kali pingsan. Kini ia seolah menghilang dari dunia hiburan tanah air. Itje sempat muncul ketika merayakan pernikahan anaknya.
  5. Ahmad Iskandar Zulkarnaen dan Nia Zulkarnaen. Setelah membina rumah tangga bahagia selama 4 tahun dan masih berupaya mendapatkan momongan, tiba-tiba suami Nia tewas akibat kecelakaan balap di Serpong. Di saat menjanda, Nia banyak didukung oleh mantan kekasihnya aktor Ari Sihasale. Pada 2003, Nia dan Ari menikah di Australia dan kemudian dilanjutkan resepsi di sebuah hotel di Papua. Kini Nia dan Ari berbahagia bersama dua anak angkat mereka.
  6. Ajip Rosidi dan Nani Widjaja. Suami kedua Nani merupakan dosen dan juga sastrawan. Setelah tiga tahun lebih menjalani pernikahan bahagia, Nani ditinggal Ajip selamanya pada 29 Juli 2020. Ajip wafat di rumah sakit kota Magelang pukul 22.30 WIB. 
  7. Ateng Suripto dan Theresia Maria Reni Indrawati. Bertubuh pendek dan tambun, itulah ciri khas pelawak Ateng. Lahir pada 8 Agustus 1942, Ateng menikah dengan Reni dan dikaruniai 2 orang putra. Sayang hidup Ateng tidak panjang. Ia meninggal pada 6 Mei 2003 di usia 60 tahun akibat bisul di tenggorokan.
  8. Azizah Kusuma Dewi dan Utomo Tomtom The Titans . Pasangan ini sempat melangsungkan pertunangan namun Tuhan berkehendak lain. Azizah yang merupakan anak tiri mantan wakil presiden Hamzah Haz, menutup usia akibat kanker rahim stadium akhir.
  9. Bambang Irawan dan Ade Irawan. Pernikahan pria kelahiran Kendal dan wanita Minang ini dikaruniai lima orang anak. Salah satunya adalah Ria Irawan (mendiang pada Januari 2020). Bambang wafat pada tahun 1979. Sejak itu, Ade tidak pernah menikah lagi hingga wafat pada 17 Januari 2020, dua minggu selepas kepergian Ria Irawan. 
  10. Cecep Reza dan Reitha Ananda. Aktor pemeran Bombom kelahiran tahun 1987 ini menikah dengan Reitha pada 2014 silam. Dari pernikahan ini, Cecep dikaruniai seorang putri. Namun pernikahan mereka diuji oleh kesehatan Cecep yang kurang baik. Cecep harus memasang ring pada jantungnya sebanyak 2 kali. Namun pada 19 November 2019, Cecep menghembuskan nafas terakhir. 
  11. Charles Rubian Arifin dan Iga Mawarni. Iga menikah dengan Charles pada tahun Mei 2000 dan dikaruniai seorang anak. Sayang Charles tidak dapat menemani Iga hingga tua dan sempat melihat sang anak menjadi dewasa nan sukses. Charles mengalami pecah pembuluh darah di otak dan meninggal pada 17 November 2016 dalam usia 69 tahun. Jenazah Charles dimakamkan di TPU Jeruk Purut Atas.
  12. Chris Pattikawa dan Rina Hasyim. Pernikahan Chris dan Rina dikaruniai seorang putri bernama Jean. Dari pernikahan Jean, Chris mendapatkan seorang cucu perempuan. Chris meninggal tepat pada tahun baru 2020. 
  13. Chrisye dan Damayanti Noor. Penyanyi legendaris Chrisye menikahi Damayanti pada tahun 1982 dan telah dikaruniai empat orang anak. Dua anak di antaranya adalah kembar. Pada 2005, Chrisye meninggalkan keluarga yang dicintainya akibat kanker paru-paru di usia 50 tahun. Sepeninggal Chrisye, Damayanti memilih tak menikah lagi dan fokus mendidik keempat anak mereka. Meski telah tiada, Chrisye tetap membiayai hidup mereka dari hasil penjualan album. Damayanti wafat pada 8 Februari 2020.
  14. Dicky Zulkarnaen dan Meike Widjaja. Meike dan Dicky merupakan pasangan yang sama-sama berkiprah di jagat hiburan tanah air dan diikuti oleh putri mereka bernama Nia. Pada 10 Maret 1995, Dicky wafat di usia 54 tahun akibat sakit. 
  15. Dono Warkop dan Titi Kusumawardhani. Pasangan suami istri Dono dan Titi mengundang rasa simpati. Mereka memiliki pernikahan yang jauh dari gosip dan 3 orang putra. Namun kebahagiaan itu pupus ketika Titi meninggal dunia pada 1999 di usia 45 tahun akibat kanker payudara. Selang 2 tahun kemudian, Dono menyusul sang istri di usia 51 tahun akibat kanker boking. Praktis ketiga anak mereka menjadi yatim piatu.
  16. Fajar Tyas Sasono Padmodimulyo dan Okky Asokawati. Okky menikah kedua kali dengan Fajar yang akrab disapa Nono dan dikaruniai seorang putri bernama Queentadira. Sayang pada 2006, Nano wafat akibat serangan stroke. 
  17. Frans Tumbuan dan Rima Melati. Rima dan Frans sejatinya ditakdirkan sebagai pasangan sehidup semati. Frans meninggal dunia mendahului sang istri tercinta. Rima mengatakan bahwa semua pasangan pasti kelak akan merasakan seperti dirinya jika ditinggal selamanya terlebih dahulu.
  18. Glenn Fredly dan Mutia Ayu.  Pernikahan Glenn dengan Mutia baru berlangsung pada 19 Agustus 2019 dan dikaruniai seorang putri pada Februari 2020. Putri yang diberi nama Gewa Atlana itu hanya sebulan ditimang oleh ayahnya. Glenn wafat pada 8 April 2020 akibat radang otak.
  19. James Sahertian dan Roweina Umboh. James merupakan adik kandung pemain Lenong Rumpi Debby Sahertian. James lahir pada tahun 1967 dan meninggal pada 2015 akibat gagal jantung. James meninggalkan dua orang anak. 
  20. Ustad Jeffry Al Buchory dan Pipik Dian Irawati. Kepergian Uje meninggalkan Pipik beserta keempat anak mereka. Namun seiring dengan dukungan keluarga dan teman, Pipik mulai bangkit menjadi orang tua tunggal nan tegar.
  21. Misbach Yusa Biran dan Nani Widjaja.  Nani dan Misbach menikah pada tahun 1969 dan dikaruniai 6 orang anak. Anak bungsu adalah almarhum artis Sukma Ayu yang wafat pada 2005 silam. Misbach wafat akibat sakit pada 2012. Pada April 2017, Nani dinikahi oleh duda berusia 72 tahun bernama Ajip Rosidi. 
  22. Misye Arsita dan Agus Leo. Ketika dinikahi oleh Agus Leo, status Misye adalah seorang janda beranak. Tak hanya itu, Agus berusia 6 tahun lebih muda daripada Misye. Pernikahan keduanya cukup bahagia dan dikaruniai 2 orang anak. Misye dan Agus merupakan pasangan yang memang ditakdirkan hingga maut keduanya menjemput. Agus meninggal 5 bulan setelah kepergian Misye.
  23. Mus Mualim dan Titiek Puspa. Suami Titiek meninggal di usia yang relatif muda yaitu 55 tahun, tepatnya pada tahun baru 1991. Sejak menjanda, Titiek tidak pernah lagi menikah. Hingga kini Titiek masih aktif di dunia hiburan dan katering.  
  24. Nita Octobjanthy dan Indro Warkop. Indro dan Nita menikah pada 1981 dan dikaruniai 3 orang anak. Pada 2017, Indro mengungkap bahwa sang istri mengidap kanker paru yang ia tidak sebutkan stadium berapa. Ia menjelaskan bahwa sang istri dahulu adalah seorang perokok aktif namun telah berhenti total beberapa tahun sebelum terserang kanker. Nita berpulang pada 9 Oktober 2018 di rumah sakit MMC Jakarta dan dimakamkan di TPU Karet Bivak. Kepergian Nita tepat 2 hari setelah ia berulang tahun yang ke-59. Meski saat berulang tahun Nita tampak tak sadar, namun sang suami dan keluarga berusaha merayakan secara sederhana dengan membawa sekotak donat yang diberi lilin ulang tahun.
  25. Ria Irawan dan Maiky Wongkar. Bagi artis senior Ria, Melky memang suami kedua namun tampaknya pasangan ini memang ditakdirkan untuk saling setia hingga ajal menjemput. Setelah bertahun-tahun berjuang sangat keras melawan kanker yang mendera, Ria kembali ke pangkuan Tuhan yang maha esa pada 6 Januari 2020 di RSCM. Kepergian Ria tidak begitu mengagetkan sebab kondisinya sudah menurun sejak November 2019 lalu.
  26. Ririn Ekawati dan Ferry Wijaya. Baik Ririn maupun Ferry sama pernah merasakan kegagalan berumah tangga. Ririn dikaruniai seorang putri sementara Ferry dikaruniai 3 anak yaitu 2 putra dan seorang putri. Keduanya menikah pada September 2015 silam dan dikaruniai seorang putri pada awal 2017. Sayang pada 10 Juni 2017, Ferry meninggal akibat kanker darah stadium akhir. Penyakit ini hanya diketahui oleh keluarga dan teman dekat sehingga mulanya terkesan mendadak. Padahal Ferry sering menggunakan tabung oksigen yang selalu tersedia di kamar pribadi mereka.
  27. Rully Amada dan Nita Tilana. Nita adalah kakak kandung Armand Maulana, gitaris band Gigi yang meninggal akibat kanker serviks pada tahun 2000 silam. Sebelum meninggal, Nita sering berpesan pada keluarganya untuk menjaga Rully. Kini Rully dikabarkan sudah menikah kembali dan hidup di Bali.
  28. Sahidah dan Doyok. Doyok menikahi Sahidah pada 2 Januari 1975 dan dikaruniai 3 orang anak. Namun Doyok harus rela ditinggal istri selama-lamanya akibat penyakit kanker pada 10 Maret 2004 lalu. Doyok pun sempat menduda selama 4 tahun sebelum akhirnya menikah lagi. 
  29. Sophan Sophiaan dan Widyawati. Pasangan yang teramat mesra ini banyak dikagumi oleh pasangan muda. Namun kecelakaan motor gede hingga menewaskan Sophan di Ngawi pada tahun 2008 telah membuat hati Widyawati hancur. 
  30. Susiana dan Tukul Arwana. Tukul sering menggoda sang istri dengan panggilan Susi Similikiti. Susi adalah istri idaman yang mendampingi Tukul sejak masih hidup kekurangan. Keduanya sempat menyewa kamar kos yang sangat sempit. Susiana meninggal pada 2016 di usia 48 tahun akibat asma yang telah lama diidapnya.
  31. Suzanna dan Clift Sangra. Clift adalah suami kedua sekaligus suami terakhir dari mantan artis horor Suzanna. Suzanna berusia 20 tahun di atas Clift dan meninggal pada tahun 2008 di usia 66 tahun. Kini Clift telah menikah lagi dengan Nana yang berusia 20 tahun lebih muda dan dikaruniai 2 orang anak.
  32. Ully Artha dan Gatot. Pernikahan Ully dan Gatot berjalan cukup singkat yaitu 2012 hingga 2013. Hanya setahun setelah menikah, Ully menghembuskan nafas terakhir akibat komplikasi organ dalam. 
  33. Virginia Anggraeni dan Saipul Jamil. Baru menikmati madu pernikahan selama 5 bulan, Saipul harus menghadapi kenyataan bahwa istrinya tewas dalam kecelakaan mobil tunggal yang dikemudikan Saipul. Dari seluruh penumpang, hanya Virginia yang tewas di tempat kejadian.
  34. Yana Zein, alm dan Nono Handiyono. Setelah bercerai dari Fahmi Darmawansyah (yang kini menjadi suami Inneke Koesherawati), Yana kembali menikah dengan Nono Handiyono dan dikaruniai 2 putri. Sayang, pada Juli 2016, Nono meninggal dunia akibat parkinson. Pada 10 Juni 2017, Yana menyusul sang suami akibat kanker payudara stadium 4.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.