Wednesday, December 4, 2013

13 Ragam Olahan Serba Telur Di Indonesia.

    Pada bagian lain di blog ini, saya sudah membahas manfaat telur bagi kesehatan manusia. Saya juga membahas apa beda telur berkulit putih dengan berkulit coklat. Jika anda memiliki kesempatan, silahkan anda baca ya.

  1. Fuyunghai. Apapun isinya, bahan utamanya tetaplah telur. Telur kocok yang diisi daging kepiting, ayam, udang atau yang lain. Cara memasak umumnya seperti omelet, tapi jika anda menyukai teknik menggoreng dalam minyak banyak ya itu tergantung selera masing-masing. Setelah matang, fuyunghai disiram saus asam manis. 
  2. Telur asin. Biasanya terbuat dari telur bebek segar yang direndam dalam air larutan garam selama beberapa hari. Setelah itu, telur tersebut direbus hingga matang. Jika proses dan waktu pembuatan pas, maka akan menghasilkan telur asin masir. Alasan kenapa sering dipakai telur bebek adalah karena memiliki ukuran kuning telur yang lebih besar daripada telur ayam. Kuning telur asin kadang dipakai untuk isian pai bulan. Di Surabaya, telur asin disajikan bersama nasi rawon. Bagi orang Cina, telur asin disantap bersama bubur. 
  3. Telur bitan. Juga sering disebut telur 1000 tahun. Sama seperti telur asin, telur ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, di mana masyarakat kala itu belum memiliki lemari es ataupun listrik. Agar telur tak mudah rusak, selain diasinkan, cara ini juga disukai. Telur dibalut campuran lempung, sekam padi, garam dan abu kayu, lalu disimpan dalam wadah rapat selama beberapa waktu, kemudian siap dinikmati. Putih telur bitan menyerupai jelly berwarna coklat dan bagian kuning akan berubah menjadi keabuan. Seperti telur asin, umumnya telur bitan dinikmati bersama semangkuk bubur.
  4. Omelet telur. Omelet akan lebih sehat jika dipadukan dengan berbagai ragam lauk dan sayuran. Jika ini untuk anak anda atau anda menyukai keju, beri toping parutan keju setelah dasar omelet mulai matang. Sebagian orang memilih hidangan ini sebagai sarapan di pagi hari, sebab mereka membutuhkan energi ekstra untuk memulai aktivitas selama sehari penuh. Telur merupakan makanan alami yang memiliki kadar nutrisi hebat. Omelet tanpa isian bisa disebut telur dadar. Jika diisi daging kepiting dan sayuran, maka disebut fuyunghai.
  5. Telur rebus setengah matang. Kalau saya, menaruh telur mentah ke dalam wadah berisikan air mendidih hingga terendam, kemudian ditutup rapat dan didiamkan selama 5 menit. Untuk 7-10 menit, biasanya kuning telur memiliki konsistensi seperti telur ramen. Setelah itu, telur siap disantap. Agar lebih nikmat, bubuhi sedikit garam dan merica lalu diaduk. Makanan ini lebih tepat disajikan saat pagi hari. Lebih baik lagi jika disantap setiap hari oleh anak yang masih dalam masa tumbuh kembang.
  6. Sate telur puyuh. Menggunakan telur puyuh, terdiri dari 3 hingga 5 butir untuk setiap tusuknya. Sebelum ditusuk, telur puyuh harus diolah terlebih dahulu. Bumbu utama adalah kecap manis, garam dan bawang. Di Surabaya, makanan ini biasa dijumpai di warung-warung yang menjual makanan campur dan warung pecel. Karena sebutir telur puyuh memiliki kolesterol yang sangat tinggi, melebihi telur ayam, maka sebaiknya harus dibatasi. 
    Sate Telur Puyuh dalam Nasi Uduk
  7. Tim telur. Bisa menggunakan microwave ataupun dandang pengukus. Cara saya pribadi sederhana saja, telur kocok ditambah berbagai bumbu, daging giling dan sayuran kemudian dikukus hingga mengembang.  Kalau kita menggunakan mangkuk yang bukan anti lengket, sebaiknya dasar mangkuk dioles minyak terlebih dahulu. Setelah pengukusan selesai, untuk menambah rasa, tim telur dapat digoreng atau langsung disantap.
    Kreasi dan Resep Asli Milik
    Katering Indonesia San Diego.
  8. Telur Mata Sapi. Dalam bahasa Inggris disebut sunny side up egg. Siapa yang tak bisa membuatnya? Semua orang bisa! Ada yang menyukai kuning telur setengah matang ada yang matang seluruhnya. Tergantung selera masing-masing. Jika telur ini ditambahkan ke nasi goreng, maka nasi goreng akan mendapatkan "gelar" SPESIAL di belakangnya. Nasi goreng spesial pakai telur mata sapi, begitu kan?
    Kreasi Katering Indonesia San Diego.

  9. Telur Rebus. Siapa yang tidak bisa membuat? Rebus telur dalam air hingga terendam selama 10 menit. Setelah 10 menit, matikan api dan tutup panci. Tunggu sekitar 15 menit sebelum dikupas. Ajari anak anda yang masih kecil untuk mengupas. Dari hal sederhana bisa menjadikan pembelajaran penting. 
  10. Tong Seng Telur. Bisa jadi tong seng telur jarang ada atau bahkan tidak ada. Hanya saya pribadi yang berkreasi agar tidak bosan. Saya tambahkan petis, kecap asin dan kecap manis. 
  11. Orak-arik telur. Awal cara pembuatan telur ini mirip dengan telur dadar, namun setelah telur mulai berubah warna dan sebelum mengering, segera diaduk pecah menggunakan sutil. Jangan terlalu keras ketika mengaduk, agar tak terlalu hancur. Orak arik telur dapat dipadu-padankan dengan berbagai macam protein maupun sayuran. Pada rumah makan Cina di California, kita bisa memesan scrambled egg and shrimp/ orak arik telur dan udang.
  12. Sup telur sayuran. Anda sedang butuh makanan hangat seperti sup? Namun juga ingin telur? Mungkin makanan ini boleh dicoba. Panaskan kaldu ayam/daging, masukkan tumisan bawang putih dan bombay ke dalam sup, masukkan sayuran dan aneka protein yang disukai. Aduk perlahan, masak hingga mendidih. Matikan api, masukkan telur kocok secara memutar rata ke dalam sup, biarkan beberapa saat. Boleh diaduk lagi, atau dibiarkan. Jika anda suka tekstur telur yang halus, bisa menggunakan saringan saat telur kocok dituang atau dengan cara mengaduk segera saat telur sudah masuk ke dalam sup panas. Aduk hingga tekstur telur mencapai konsistensi yang diinginkan. Di California, rumah makan Cina menamakannya egg drop soup.
  13. STMJ dan jamu. Pada minuman kesehatan inilah telur dapat disantap langsung mentah. Biasanya jenis telur yang dipilih adalah telur ayam kampung atau telur ayam arab. Ukuran telur memang lebih kecil, namun memiliki warna kuning yang lebih pekat. Umumnya lagi, yang diambil untuk dikonsumsi adalah kuningnya, sedang putihnya disisihkan. Konon rasa telur ayam kampung asli tidak anyir. Tapi jujur, saya tidak pernah mencoba telur mentah.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.