Friday, January 24, 2014

Kisah Masa Lalu Para Selebriti Hong Kong dan Taiwan.

Semua orang pasti mengalami masalah, dari yang termudah hingga tersulit. Ada pepatah mengatakan :"Kesulitan terbesar manusia bukan pada saat ia menghadapi masalah, melainkan pada cara ia menyelesaikan masalah."
Bagi segelintir orang, kesulitan dalam hidup sering membuat mereka mengambil jalan pintas. Ada yang melakukan upaya ritual tertentu yang biasa disebut tolak bala, ruwatan atau selamatan. Adapula yang berusaha tegar dan mencari hikmah di balik masalah sulit atau kesulitan dalam hidup. Banyak yang berdoa meminta pertolongan dan kekuatan. Selain Tuhan, keluarga merupakan tempat mendapatkan kekuatan serta kebahagiaan di balik kesusahan.
Meski seorang selebriti pun, bukan berarti mereka tidak pernah mengalami masa yang sulit. Mungkin berkat masa sulitnya tersebut, mereka justru bangkit, bertahan atas goncangan dan bisa sukses. Namun ada satu hal yang selama ini ada kaitan dengan kejatuhan seseorang, yakni kesombongan. Jauhi rasa sombong, selalu ingat pada orang-orang yang kurang beruntung dan mengasihi sesama.  Berikut saya ceritakan;
  1. Charmaine Sheh. Artis Hong Kong Charmaine sering memenangkan penghargaan di dunia hiburan atas prestasinya yang cemerlang. Ia menjadi artis ketiga Hong Kong yang berhasil memenangkan penghargaan artis terbaik sebanyak 2 kali! Lahir pada 28 Mei 1975, Charmaine hanya hidup dengan sang ayah hingga berusia 5 tahun. Ayah Charmaine tewas akibat kecelakaan mobil. Ia meninggalkan Charmaine, seorang saudara lelaki dan ibunya yang saat itu sedang mengandung saudara lelakinya. Kepergian ayah Charmaine yang mendadak ini membuat ekonomi berantakan. Sang ibu langsung menjadi tulang punggung keluarga. Charmaine kecil sering mendapati sang ibu menangis. Ia mengira sang ibu kuatir tidur seorang diri. Dengan gaya polos anak kecil, Charmaine menawarkan untuk menemani sang ibu tidur bersama. Memang, sejak itu keduanya selalu tidur bersama hingga Charmaine sekolah di luar negeri. Ia menganggap bahwa sang ibu adalah pahlawan baginya sehingga sepatutnya ia berbakti. Setelah sukses di dunia hiburan, Charmaine tak segan membelikan sang ibu sebuah mobil mewah dan sebuah rumah mewah 3 lantai di distrik Sai Kung, Hong Kong. Saat sang ibu berulang tahun ke-65 pada 2015, Charmaine mengesampingkan kesibukannya untuk merayakan. Charmaine diketahui pernah menjalin kasih dengan aktor Kevin Cheng namun kandas sebelum melangkah ke pelaminan. 
  2. Chow Yun Fat. Pasti tahu kan siapa aktor ini. Tiga tahun pertama mengawali karier sebagai aktor opera sabun, Yun Fat langsung menjadi kesayangan para pemirsa. Tak heran, sebab ia memiliki wajah yang tampan dan penampilan yang santai. Tahun-tahun berikutnya, ia membintangi film berlevel internasional. Namun siapa sangka dibalik kesuksesan dan ketenaran, ia pernah melewati masa kecil dan masa muda yang sulit. Yun Fat kecil setiap hari harus bangun subuh untuk membantu sang ibu berjualan jelly herbal dan puding herbal khas suku Hakka di pinggir jalan. Pada siang hari, Yun Fat kecil harus bekerja di ladang. Pada usia 17 tahun, ia berhenti sekolah dan harus bekerja membantu perekonomian keluarga. Pekerjaan yang sempat digeluti adalah bellboy, tukang pos, salesman kamera dan sopir taksi. Ketika bekerja sebagai bellboy, ia sering termangu melihat para tamu hotel datang dengan mobil-mobil mewah. Akibatnya ia ditegur oleh sang atasan. Hidupnya mulai berubah saat ia melihat iklan sebuah stasiun televisi Hong Kong di surat kabar. Ia mendaftar sebagai aktor siap latih dan berhasil diterima. Dalam urusan percintaan, Yun Fat sempat mengalami kegagalan beberapa kali. Yang terparah adalah saat ia diputus sepihak oleh Idy Chan (pemeran bibi bersama Andy Lau dalam film Return Of Condor Heroes). Yun Fat yang patah hati sempat berupaya bunuh diri dengan menenggak cairan pembersih lantai, namun untungnya ia terselamatkan. Pada tahun 1983, ia menikahi artis senior Yu On On. Namun pernikahan pertamanya hanya berlangsung 6 bulan dan kemudian bercerai. Pada pernikahan keduanya bersama Jasmine, Yun Fat menemukan kebahagiaan sejati meski keduanya tidak dikaruniai anak. Sebenarnya Jasmine pernah hamil dan melahirkan seorang putri. Namun putri itu sudah meninggal sejak dalam kandungan. Dokter kandungan Jasmine sudah memberitahu perihal ini dan siap mengeluarkan namun Jasmine lebih memilih untuk melahirkan bayi malang itu. Kini Chow dan istri masuk dalam jajaran konglomerat Hong Kong. 
  3. Andy Lau. Sebelum Andy lahir, orang tuanya telah memiliki 4 orang putri. Sebagai orang Cina, tentulah kehadiran Andy sangat diharapkan sebagai penerus nama keluarga. Dengan kondisi demikian, banyak yang mengira pastilah Andy sangat dimanja. Ternyata dugaan tersebut salah. Andy yang juga memiliki adik laki-laki ini harus memikul air ke rumahnya 8 kali sehari sebab rumahnya tak dilengkapi dengan saluran pipa air. Jika rumah orang kaya, jangankan pipa air, mungkin air terjun saja mudah dibuat! Semasa kecil, Andy sempat bercita-cita menjadi petani sebab ia lahir di kawasan pertanian. Dalam percintaan, Andy pernah menjalin kasih dengan Yu Ge Shin, seorang artis Taiwan. Bahkan mereka sempat menikah diam-diam selama beberapa bulan sebelum akhirnya bercerai. Kabarnya Andy sangat menangisi kegagalan hubungan ini. Selama masa renggang, Andy kemudian dikenalkan oleh sang teman kepada Carol Zhu, seorang finalis Miss Malaysia. Mereka menjalin hubungan tertutup dari publik selama 24 tahun dan akhirnya resmi menikah pada tahun 2008 di Las Vegas. Pada tahun 2012, keduanya sudah dikaruniai seorang putri bernama Hannah. Ulang tahun pertama Hannah dirayakan di hotel Peninsula, Hong Kong dan sangat tertutup terutama terhadap media. Ada beberapa rekan artis yang turut diundang, antara lain Michael Miu, Felix Wong dan Sammy Cheng. Namun mereka kompak menutup mulut rapat-rapat saat ditanya oleh wartawan yang telah berjam-jam menunggu di luar hotel. Andy, Carol dan Hannah adalah vegetarian sejati. Andy dan Carol mengawasi makanan Hannah yang disiapkan oleh sang pengasuh sebab sang pengasuh bukan vegetarian.
  4. Anita Mui (1963-2003). Anita Mui memang telah pergi mendahului kita, namun perjuangan dalam hidupnya sungguh patut dijadikan teladan. Semenjak masih balita, Anita Mui sudah mengalami banyak tantangan hidup. Terlahir sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara, mereka hidup bersama sang ibu. Sang ayah disebutkan sudah meninggal sebelum Anita Mui lahir di dunia. Bersama sang kakak, Ann Mui (1959-2001), ia harus menyanyi di kelab-kelab malam. Anita Mui putus sekolah di usia remaja. Kehidupan mereka semakin berat saat usaha bar milik sang ibu hangus dilalap api. Saat berusia 15 tahun, oleh karena seringnya ia bernyanyi yaitu hingga 6 lagu per hari, tumbuh bintik-bintik di pita suara yang menyebabkan suaranya berubah. Dokter menyarankan agar Anita Mui rehat selama setahun, namun ia tetap menyibukkan diri dengan mengikuti les seni rupa bersama sang kakak. Nama Anita Mui mulai dikenal publik saat ia berhasil menggeser 3000 kontestan dalam ajang New Talent Singing Awards (Penghargaan Menyanyi Para Bakat Baru). Saat namanya semakin dikenal, karirnya merambah ke dunia perfilman. Konon Anita Mui menjadi salah satu di antara sedikit artis yang sudi berakting di film Jackie Chan. Maklum film-film si Jackie terkenal sarat aksi kelas berat yang sering membahayakan keselamatan. Pada 5 September 2003, dengan ditemani oleh para rekan artis, Anita Mui menggelar konferensi pers. Ia menjelaskan penyakit kanker serviks stadium akhir yang diidapnya. Penyakit itu pula yang merengut nyawa Ann Mui, sekitar 2 tahun sebelumnya. Meski ia berjuang mengobati penyakitnya, namun Anita seolah menyadari bahwa waktunya sudah hampir tiba. Pada 15 November 2003, ia menggelar konser terakhir. Anita berduet bersama Jackie Cheung, Andy Lau, Alan Tam dan sebagainya. Anita menghembuskan nafas terakhir akibat gagal pernafasan di rumah sakit dengan ditemani para rekan tercinta, termasuk Jackie Chan.
  5. Anthony Wong. Anthony memiliki darah Inggris dari sang ayah dan Cina Hong Kong dari sang ibu. Sang ayah saat itu merupakan anggota Royal Air Force Inggris yang bertugas dalam Perang Dunia II. Saat usianya baru menginjak 4 tahun, sang ayah pergi meninggalkan ia dan ibunya. Sejak itu, Anthony tinggal berdua bersama sang ibu di tangga sebuah gedung yang telah dibangun sebelum masa perang, berlokasi di distrik Wan Chai, Hong Kong. Pria kelahiran tahun 1961 ini pun mengganti nama belakangnya mengikuti nama belakang sang ibu. Nama belakang asli adalah Perry. Untuk dapat menghidupi Anthony kecil dan dirinya, sang ibu melakukan 3 pekerjaan sekaligus. Karena menyita waktu, Anthony kecil dititipkan kepada sanak saudaranya selama 2 tahun. Pertama menjajaki dunia keartisan, Anthony mendapatkan diskriminasi dan ejekan seolah-olah manusia berdarah campuran (Inggris dan Cina) adalah seorang yang haram. Namun ternyata menjadi aktor sudah menjadi suratan takdirnya. Ia beberapa kali masuk dalam nominasi penghargaan sebagai aktor terbaik dan juga beberapa kali memenangkan penghargaan sebagai aktor/peran pembantu aktor terbaik. Salah satu peran Anthony yang patut diacungi jempol adalah sebagai Tai Fei di film Young & Dangerous 2,3,4,5 dan The Legendary of Tai Fei. Anthony dan istri Ng Wai Zhing telah dikaruniai 2 orang putra. Selama pernikahan, Anthony berselingkuh dengan wanita bernama Joyce. Perselingkuhan itu menghasilkan seorang putra yang lahir pada 1998. Beruntung sang istri memaafkan perilaku Anthony. Pada awal 2018, Anthony memutuskan mencari saudara tirinya. Ia tahu bahwa sebelum menikah dengan ibunya, ayah Anthony sudah pernah menikah dan memiliki beberapa anak. Anthony akhirnya bertemu dengan 2 kakak tiri lelakinya yang ternyata kembar. Mereka hidup di Australia. Dari kedua kakak tirinya itulah, Anthony akhirnya mengetahui keberadaan sang ayah, William. Ayah mereka telah wafat pada 1988 dan dimakamkan di halaman belakang rumah kedua kakak tiri. Namun makam itu tanpa nisan dan hanya berupa gundukan tanah sebab kedua kakak tiri Anthony tidak memiliki uang untuk menguburkan dengan layak. Sementara ibunda Anthony lebih beruntung sebab ia dikaruniai usia yang panjang. Sang ibunda wafat akibat gagal ginjal di usia 80 tahun lebih. Pada hari terakhir, Anthony sempat menemani sang ibunda. 
  6. Jerry Yan. Lahir tepat pada tahun baru 1977 sebagai anak bungsu dari 2 bersaudara. Jerry memiliki seorang kakak perempuan. Tidak jelas di mana ayah Jerry sesungguhnya meski ia kerap menyebut bahwa ayahnya sudah meninggal. Sebuah rumor menyebut bahwa Jerry adalah anak hasil hubungan di luar pernikahan. Ada pula yang menyebut bahwa ibu Jerry pernah bekerja sebagai tukang cuci di rumah seorang aktor Taiwan dan terjadi kehamilan di luar pernikahan. Terlepas dari semua rumor itu, ibu Jerry bekerja keras menghidupi kedua anaknya. Sejak masih duduk di bangku SD, Jerry sudah bekerja demi membantu sang ibu. Ia, sang ibu dan kakak pernah diusir dari apartemen saat tengah malam karena tak mampu membayar tepat waktu. Jerry bergegas menuju ke supermarket terdekat untuk mengambil kereta dan menampung barang-barang mereka. Saat SMA, Jerry bekerja sebagai bartender di kelab malam. Seorang teman menawarkan Jerry untuk menjadi gigolo. Merasa pekerjaannya menghasilkan uang pas-pasan, Jerry sempat tertarik tawaran itu namun sang ibu mencegah. Ibunda Jerry berpesan bahwa tak peduli seberapa susah, seseorang harus mencari uang dengan baik. Jerry sangat melindungi privasi sang ibunda dan sang kakak sehingga mereka tidak pernah dimunculkan bersama Jerry. Dari kisah percintaan, Jerry diketahui pernah menjalin kasih dengan seorang model kelahiran Kanada bernama Lin Chi Ling. Chi Ling berusia 3 tahun di atas Jerry. Namun hubungan ini kandas. Setelah sukses, Jerry tentu membanggakan dan membahagiakan ibu dan kakaknya. Suatu hari ia membujuk sang ibu untuk datang ke toko perhiasan. Jerry beralasan ingin meminjam tangan ibunya untuk membeli sebuah gelang. Saat gelang giok itu sudah dipakai, Jerry melarang ibunya untuk melepas. Gelang itu dipercaya memberi keselamatan dan kesehatan yang maksimal. Jerry tidak memberitahu sang ibu harga gelang tersebut yang ternyata sama dengan harga sebuah mobil balap!
  7. Jet Lee. Terlahir sebagai anak bungsu dari 5 bersaudara, sang ayah wafat saat usia Jet Lee baru menginjak 2 tahun. Kepergian sang ayah membuat ekonomi keluarganya mengalami kesulitan. Setiap hari, kedua tangan sang ibu menenteng penuh tas berisi jualan dan menggendong Jet Lee kecil di punggungnya. Jika hujan tiba, mereka menggunakan plastik bekas sebagai penutup pengganti jas hujan. Saat usianya 8 tahun, Jet Lee masuk ke sekolah asrama yang mengajarkan beladiri wushu. Karena hidup di asrama, setiap akhir pekan tiba, sang ibu selalu mengunjungi Jet Lee sambil membawa bekal masakan dari rumah. Kasih ibunya yang sungguh luar biasa tersebut sempat membuat Jet Lee merasa malu terhadap teman-teman seperguruannya. Di luar itu, sang pelatih bernama Wu Bin sering membelikan Jet Lee dan keluarganya makanan sebab kondisi keluarga Jet Lee yang begitu miskin sehingga tak mampu membeli daging. Sementara sebagai seorang atlit, Jet Lee sangat membutuhkannya demi fisik yang prima.  Pada tahun 1987, Jet Lee menikahi artis kungfu bernama Huang Qiuyan dan memiliki 2 putri. Namun pernikahan mereka berakhir pada tahun 1990. Sembilan tahun kemudian, Jet Lee menikahi artis seksi Nina Li Chi dan dikaruniai 2 orang putri. Sang ibu yang sangat mencintai Jet Lee jatuh koma saat Jet Lee sedang syuting di Perancis. Ia pun lekas datang ke rumah sakit & memperdengarkan lagu mantra Buddha di dekat telinga sang ibu. Sesaat kemudian, sang ibu pergi untuk selamanya. Pada akhir tahun 2004 saat sedang berlibur di pulau Maladewa, bencana tsunami menerpa. Jet Lee yang saat itu bersama kedua putrinya yang masih kecil dan seorang baby sitter di lobi hotel, langsung tersapu oleh air laut yang datang tiba-tiba. Dengan susah payah dan luka di kaki akibat benturan perabot, Jet Lee berupaya menyelamatkan kedua anaknya, baby sitter dan berikut dirinya sendiri.  Mereka selamat dari musibah dan dari kejadian tersebut. Kejadian tersebut membuat Jet Lee terinspirasi untuk membentuk organisasi kemanusiaan The One Foundation. Yayasan ini pernah membantu para korban gempa bumi di Sichuan pada Mei 2008 lalu.
  8. Tony Leung Chia Wai. Tony terkenal di Indonesia karena perannya sebagai Thio Bu Ki dalam film Pedang Naga 1986, di mana lagunya diterjemahkan dan dinyanyikan oleh Yuni Shara. Ketika kedua orang tuanya masih bersama, Tony kecil merupakan anak yang nakal. Pada masa itu, Tony harus berhadapan dengan pertengkaran kedua orang tuanya yang sering terjadi. Ayah Tony adalah seorang penjudi kronis. Bisa ditebak, ibunya sering ribut karena perilaku sang ayah dan uang. Sifat Tony berubah menjadi pendiam tatkala sang ayah meninggalkan ia di usia 8 tahun, sang ibu dan adik. Sang ibulah yang kemudian membanting tulang membesarkan Tony dan adiknya seorang diri. Hidup tanpa ayah membuat Tony merasa minder dalam pergaulan. Ia takut jika ditanya tentang sang ayah sebab ia tak tahu harus menjawab apa. Saat menginjak remaja, Tony pun berhenti sekolah untuk bekerja sebagai penjaga toko milik sang paman. Kemudian ia bekerja sebagai salesman di sebuah showroom di pusat perbelanjaan Hong Kong. Stephen Chow lah yang mempengaruhi Tony untuk kemudian terjun ke dunia keartisan. Dalam percintaan, Tony sempat berpacaran dengan artis senior Maggie Cheung namun berakhir. Lalu ia menjalin hubungan dengan artis senior Carina Lau selama 20 tahun. Suatu ketika Carina diculik oleh para triad sebab permasalahan utang. Tony lah yang menunggu, menjemput dan mengantar pulang Carina dengan selamat. Pada tahun 2008, Tony menikahi Carina di Bhutan atas saran sang sahabat, penyanyi Faye Wong. Pernikahan keduanya cukup bahagia meski tak dikaruniai anak. Pasangan ini bisa disebut sangat serasi sebab Tony memiliki kepribadian pendiam, sementara Carina memiliki kepribadian berapi-api. Di dunia karir, Tony harus berbangga hati telah menjadi salah satu aktor yang paling sukses. Ia telah banyak kali memenangkan penghargaan, salah satunya adalah sebagai aktor terbaik dalam film dewasa, Lust, Caution produksi tahun 2008 silam.
  9. Yoyo Mung. Apakah artis Hong Kong satu ini terkenal di Indonesia? Entahlah. Hidup wanita ini sudah penuh dengan warna sejak ia masih di kandungan. Ibunya bercerai dari ayahnya saat ia masih di dalam kandungan. Setelah lahir, ia diasuh oleh sang nenek (dari ibunya). Saat beranjak remaja, ia diasuh oleh ibunya bersama seorang kakak laki-lakinya. Yoyo kerap mendapat pukulan dari sang ibu. Kemudian ibu Yoyo kembali menikah dan memiliki seorang anak perempuan yang menjadi adik tiri Yoyo. Namun pernikahan kedua ibu Yoyo kembali kandas dan adik tiri Yoyo dibawa oleh ayah tirinya untuk hidup bersama ibu baru. Yoyo mengetahui bahwa adik tirinya kerap dipukuli oleh ibu barunya hingga suatu hari adik tirinya itu mengakhiri hidup dengan melompat dari apartemen. Pada 2006, Yoyo berkenalan dengan aktor papan atas Ekin Cheng. Mereka sama-sama menyukai olah raga bulutangkis. Merasa trauma pada masa lalunya, Yoyo melihat bahwa Ekin adalah sosok yang dapat diandalkan. Setelah nenek dan ibu Yoyo wafat, Yoyo dan Ekin menikah pada Januari 2013 di Tokyo, Jepang. 
"When You're Up, Your Friends Know Who You Are. When You're Down, You Know Who Your Friends Are" 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.