Friday, January 3, 2014

10 Daftar Makanan Yang Memiliki Aroma Paling Kuat Di Seluruh Dunia.

  1. Durian. Bagi fans durian, buah ini bak raja segala buah. Semakin beraroma menyengat, semakin mereka ingin mabuk durian. Jika perlu, mereka ingin makan seluruh buah yang ada di pohon. Namun, jangan tersinggung apabila durian termasuk salah satu barang yang dilarang dibawa di sebagian besar pesawat terbang maupun ke dalam hotel.
  2. Hakarl. Hakarl merupakan ikan hiu raksasa busuk yang difermentasikan khas negara Islandia. Menurut pembawa acara Bizarre Foods, Andrew Zimmern yang pernah mencobanya, hakarl beraroma menyengat seperti amonia. Paling tidak ia sudah berani mencicipinya bukan? Sedangkan Gordon Ramsay tidak mampu menelannya.
  3. Ikan Asin. Enak memang dijadikan nasi goreng ikan asin, ditumis dengan tauge atau dicocol sambal uleg. Namun tak disangkal bahwa ikan asin juga memiliki bau yang menyengat, apalagi yang masih segar.
  4. Kimchi. Pernah suatu waktu ada seorang pria Korea paruh baya bercakap-cakap dengan saya. Saya langsung "mabuk" dibuatnya. Bukan karena kalimatnya yang romantis atau rayuan maut, melainkan bau mulutnya itu yang merupakan jurus maut. Ternyata beliau habis mengonsumsi kimchi dan belum kumur.
  5. Natto. Kedelai putih yang difermentasikan khas Jepang hingga memiliki tekstur lengket dan liat. Biasanya natto dimakan dalam jumlah sedikit bersama nasi putih dan makanan lain. Terdengar memang menyehatkan, namun natto memiliki aroma menyengat. Namun lagi, saya pernah menjumpai produk natto di sebuah supermarket Jepang dengan label yang kurang lebih berarti "kurang bau". Natto yang beraroma kurang menyengat,begitulah.
  6. Petai. Ini jenis polong yang menipu. Dalam kondisi mentah dan segar, petai tidak begitu memiliki aroma yang menyengat. Namun begitu dikunyah di dalam mulut, dijamin mulut dan air seni akan memiliki aroma mengerikan selama beberapa hari. Tapi siapa sangka bahwa polong bau ini ternyata mampu menurunkan tekanan darah dan kemampuannya tersebut sudah dipatenkan oleh Badan Pangan dan Obat Amerika.
  7. Saus Ikan. Teman saya dari Meksiko suatu hari disuguhi sebotol saus dari Vietnam. Dengan ekspresi aneh, dia mencium-cium saus tersebut dari ujung botol. Dia langsung berujar "aromanya seperti anunya wanita ya". Saya mengatakan bahwa saus ikan tersebut kurang cocok dimakan langsung, sebaiknya ditambahkan pada masakan dengan jumlah yang relatif sedikit sebagai penambah rasa alami. Lebih baik saus ikan daripada MSG bukan?
  8. Tahu Busuk. Aktor Vic Chou sekali waktu bercerita bagaimana ia menyukai camilan khas negara kelahirannya, Taiwan tersebut. Ia menggambarkan bahwa baunya seperti buangan manusia, namun rasanya membuat orang menjadi ketagihan. Umumnya tahu berbentuk persegi panjang tersebut digoreng terlebih dahulu, kemudian ditusuk dengan 2 tusuk lidi agar dapat menopang tahu dengan baik. Di tengah tahu diiris, kemudian diisi dengan serpihan cabai.
  9. Telur Seribu Tahun. Dalam bahasa Inggris disebut century egg, dalam bahasa mandarin disebut Bi Tan. Telur bebek yang diawetkan dalam campuran abu, gabah, garam dan bahan lain ini memiliki aroma yang sangat  kuat saat sudah dikunyah. Telur ini biasa dipotong kecil-kecil dan disantap bersama bubur panas.
  10. Terasi Udang. Saya sering memasak sambal atau makanan lain menggunakan terasi. Kebetulan anak saya lahir di Amerika. Sejak ia mengenal kata-kata dan mengenal aroma terasi, ia mengatakan bahwa bau bahan makanan tersebut seperti ..ya itulah. Kalau menurut saya sih lebih mirip kaus kaki bekas. Tetapi rasanya? Wah, itulah kenapa saya menyukai makanan Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.