Thursday, January 9, 2014

10 Aneka Masakan Indonesia Serba Daging Sapi.

  1. Bali Daging. Meski namanya bumbu Bali, namun bukan berasal dari Pulau Dewata. Berbahan utama cabe merah dan bawang merah, menjadikan makanan ini terasa gurih dan menagih.
  2. Empal Daging. Semua orang Indonesia pasti mengenal empal goreng. Gurih, manis dan asin. Cocok disantap langsung sebagai camilan, bersama sambal atau bersama sayur asam. Dipenyet bersama sambal? Wah, patut dicoba tuh.
  3. Kari Daging. Bumbu masakan yang berasal dari India ini sudah lama dikenal di Indonesia. Kari di Indonesia memiliki bumbu yang lebih sederhana. Biasanya ditambahkan telur rebus, tahu goreng setengah matang dan kentang.
  4. Krengsengan Daging. Bumbu yang berasal dari Surabaya ini menggunakan petis sebagai penyuntik gurih, sehingga krengsengan terasa manis dan asin. Bisa terasa pedas jika ditambahkan lombok rawit merah.
  5. Rawon Daging. Makanan asli Jawa Timur ini memiliki kuah hitam gurih sekaligus menghangatkan. Cocok disantap bersama nasi putih, sambal, kerupuk udang, perasan jeruk nipis, bawang goreng dan potongan telur asin.
  6. Rendang Daging. Tak salah jika CNN menobatkan rendang daging sebagai makanan terenak nomer 1 di dunia pada tahun 2011 lalu. Memang rasanya ruarrrr biasa enak.
  7. Semur daging. Makanan berkuah yang diadaptasi dari Belanda. Kuah manis gurih nan menghangatkan berisi suun, irisan tomat dan kentang. Cocok disantap bersama nasi putih.  
  8. Setup Daging Sayuran. Tidak ditambahkan krim agar tidak terasa eneg, terutama saat disantap bersama nasi putih hangat. Sayuran bisa terdiri dari kentang, wortel dan bawang bombay.
  9. Soto Daging. Hampir sama dengan soto Madura. Menggunakan campuran telur rebus, bawang goreng, sambal dan percikan jeruk nipis. Demi kesehatan, saya menggunakan daging kurang lemak dan tidak menggunakan jerohan.

  10. Tongseng Daging. Yang terkenal adalah tongseng kambing, namun apa salahnya jika diganti daging sapi? Sama enaknya!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.