Saturday, January 11, 2014

Daftar Artis Korea Yang Mengakhiri Hidupnya Dengan Bunuh Diri.

  1. Ahn So Jin : 22. Lahir pada 25 Mei 1992, So Jin meniti karir sebagai penyanyi dan tergabung dalam Kara Project. Sojin ditemukan tak sadarkan diri di taman apartemen di Daegu setelah melompat dari lantai 10. Ia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Diduga akibat depresi sebab ia baru saja diputus kontrak oleh manajemen yang menaunginya.
  2. Choi Jin Ri/ Sulli : 25. Susah membayangkan seberapa berat menjadi selebriti di Korea Selatan sehingga banyak yang mengambil jalan pintas di tengah puncak karir mereka. Media menyebut bahwa Sulli kerap dibully oleh warga internet sehingga ia mengalami depresi. Sehari sebelum ia ditemukan gantung diri oleh sang manajer, ia dan Sulli sempat bercakap di telepon. Namun esok paginya Sulli tak menjawab panggilan telepon. Sulli tewas pada 14 Oktober 2019.
  3. Choi Jin Sil : 39. Disebutkan bahwa artis ini merupakan kesayangan masyarakat Korea. Pernikahannya bersama Cho Sung Min, atlet baseball Korea hanya berlangsung 4 tahun (2000 hingga 2004). Ia dikabarkan mengalami kekerasan fisik yang dilakukan suaminya kala itu. Keduanya dikaruniai seorang putra dan seorang putri. Pada tahun 2008, ia ditemukan gantung diri di rumahnya. Satu setengah tahun kemudian, adik lelaki sang artis ganti mengakhiri hidupnya. Pada Januari 2013, Cho Sung Min juga mengakhiri hidupnya. Betapa kasihan kedua anak mereka yang kini diasuh oleh ibunda Choi Jin Sil yang telah uzur. Sementara sang ibunda sendiri adalah wanita single sebab ia telah bercerai dari ayah Choi Jin Sil.
  4. Daul Kim : 20. Ia seorang model internasional asal Korea Selatan kelahiran 31 Mei 1989. Ia juga seorang pelukis handal. Pada 10 Agustus 2007, ia mengadakan pameran yang memperlihatkan hasil lukisan karyanya. Daul mengakhiri hidupnya pada 19 November 2009 di Paris, Perancis. Penyelidik menemukan catatan yang ditinggalkan Daul yang menyebut bahwa dirinya kesepian dan menderita. Salah satunya ia sebut akibat kerja berlebihan.
  5. Han Chae Won. Sebelum melakukan bunuh diri, Chae Won meninggalkan tulisan singkat pada blog pribadinya. Intinya ia ingin berhenti menderita dan menangis. Chae Won ditemukan tewas pada Agustus 2011.
  6. Jang Ja Yeon : 29. Ia bermain dalam serial drama Korea Boys Over Flowers. Ia menyebut mengalami pemerkosaan dan penyiksaan fisik beberapa kali hingga menyebabkan dirinya depresi berat.  Hal ini disebutkan pada 7 lembar catatan yang diduga ditulis sesaat sebelum ia tewas pada 7 Maret 2009. Ja Yeon sendiri berstatus yatim piatu sejak kedua orang tuanya tewas karena kecelakaan pada tahun 1999. Ja Yeon meninggalkan seorang kakak perempuan dan seorang adik lelaki. 
  7. Jeon Mi Seon : 48 Tahun. Jeon dikenal dalam perannya di film Mother, Hide and Seek dan juga Embracing The Sun. Ia ditemukan tewas gantung diri pada 29 Juni 2019 setelah menghilang selama dua hari. Jeon tidak meninggalkan surat apapun namun diduga ia sempat menelepon ayahnya selama 20 menit sebelum mengakhiri hidupnya. Penampilan terakhir Jeon adalah empat hari sebelum ia tewas, yaitu pada tanggal 25 Juni 2019 untuk mempromosikan film teranyarnya, The King's Letters yang dirilis pada Juli 2019.
  8. Jeong Da Bin : 26. Da Bin ditemukan tewas tergantung menggunakan handuk di kamar mandi rumah milik kekasihnya pada 10 Februari 2007 silam. Jika kasus lain menyebut depresi akibat kebanyakan kerja, Da Bin justru sebaliknya. Ia menyebut kekurangan kerja. Jenazah Da Bin kemudian dikremasi. Pada tahun 2011 lalu, keluarga almarhumah mengadakan upacara pernikahan arwah dengan seorang pria yang juga telah meninggal dunia. Saya sudah membahasnya di bagian lain pada blog ini. Silahkan dibaca jika berkesempatan : Pernikahan Arwah/Ghost Marriage.
  9. Kang Doo Ri : 22. Artis muda nan berbakat ini mulanya diberitakan meninggal akibat kecelakaan, namun investigator menemukan fakta bahwa artis ini mengakhiri hidupnya di rumah pada Desember 2015 lalu. Tidak ditemukan tanda-tanda bekas penganiayaan atau pembunuhan sehingga diduga ia sengaja melakukan bunuh diri.
  10. Lee Eun Ju : 24. Ju merupakan pemeran film Taegukgi dan The Scarlet Letter. Pada 22 Februari 2005, beberapa hari setelah upacara wisuda di universitas Dankook, Eun Ju ditemukan tewas gantung diri di apartemennya. Eun Ju meninggalkan catatan yang ditujukan untuk ibunya dan kekecewaannya pada kehidupan. Tulisan tersebut dibuat dengan darah. Sungguh memprihatinkan. Jasad Ju dikremasi dan abunya disimpan di rumah abu di Goyang, Korea Selatan.
  11. U Nee : 25 . Wanita yang lahir pada 3 Mei 1981 ini sudah menjadi seorang yatim sejak berusia 7 tahun dan ia dibesarkan oleh sang nenek. Tak meninggalkan catatan apapun, U Nee ditemukan tergantung oleh sang nenek yang baru kembali dari gereja. Hasil penyelidikan polisi menyimpulkan bahwa ia mengalami depresi dan stress.
  12. Woo Seung Yeon : 25. Seung Yeon sempat mengirimkan pesan singkat melalui selular kepada saudara perempuannya dan juga menulis bahwa ia mencintai keluarganya serta meminta maaf harus pergi begitu cepat. Sesaat kemudian, ia ditemukan tewas gantung diri oleh rekan sekamarnya pada tahun 2009.

"Surround yourself with positive people who will support you when it rains, not just when it shines"

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.