Saturday, March 11, 2017

Selebriti Indonesia Yang Terserang Kanker


  1. Aldiansyah Taher. Awal mula Aldi menyadari adanya kanker dalam tubuhnya adalah munculnya benjolan di leher. Ternyata ia menderita kanker kelenjar getah bening. Semula ia menolak kemoterapi namun dengan dukungan istri dan keluarga, Aldi pun bersedia. Sayang setelah dinyatakan sembuh, Aldi digugat cerai sang istri. Padahal sang istri sedang hamil anak kedua mereka.
  2. Budi Anduk, alm. Bernama asli Budi Prihatin, ia mulai dikenal publik setelah sukses membintangi Tawa Sutra bersama 3 komedian lain. Budi wafat di usia 47 tahun akibat kanker paru di rumah sakit Dharmais, Jakarta. 
  3. Cecilia Vickend, almh. Cecilia pernah bermain di beberapa judul sinetron semasa hidupnya. Cecilia berjuang melawan kanker lidah selama tiga tahun. Mulut dan pipi Cecilia membengkak sehingga ia tak bisa makan maupun berbicara. Ia berkomunikasi melalui tulisan tangan. Namun ia harus menyerah di usia 26 tahun. 
  4. Chrisye, alm. Pada 2005, penyanyi bernama asli Chrismansyah Rahadi ini wafat setelah berjuang melawan kanker paru. Ia meninggalkan seorang istri Damayanti Noor dan empat orang anak.
  5. Dono Warkop, alm. Bernama asli Wahyu Sardono, anggota Warkop ini menderita kanker paru-paru. Menjelang ajalnya, kanker tersebut telah menyebar ke bagian bokong. Dono meninggal dunia di usia 50 pada  30 September 2001 silam.
  6. Erna Libby, almh. Wanita yang pernah menjadi istri pengacara Henry Yosodiningrat ini meninggal akibat kanker otak stadium akhir. Gunawan adalah salah satu selebriti yang mendatangi pemakaman Erna.
  7. Franky Sahilatua,alm. Franky lahir di Surabaya pada 16 Agustus 1953. Semasa hidup, ia dikenal sebagai seorang penyanyi sejati. Ia menghembuskan nafas terakhir pada hari ke-4 di rumah sakit. Sebelumnya Franky diketahui menderita kanker sum-sum tulang belakang. 
  8. Gito Rollies, alm. Penyanyi bersuara serak dan bernama asli Bangun Sugito ini melawan kanker kelenjar getah bening dari tahun 2005 hingga 2008. Selama itu ia harus bolak balik ke rumah sakit di Singapura. Pada hari-hari terakhir, Gito mengalami kesakitan sangat namun ia bersikeras menolak diberikan obat pembunuh rasa sakit.
  9. Iceu Wong, almh. Iceu merupakan penyanyi dangdut yang sedang merintis kepopuleran. Ia meninggal akibat kanker payudara stadium akhir pada 2015 silam. Iceu dimakamkan di Bandung.
  10. Julia Perez, almh. Pada 2014 lalu, kanker serviks yang diderita artis yang bernama asli Yuli Rahmawati baru mencapai stadium 1b. Ia pun menjalani pengobatan di Singapura dan dinyatakan sembuh. Namun pada 2016, dokter menyatakan bahwa kanker tersebut muncul kembali dan menjadi stadium empat. Hingga akhir hayatnya pada Sabtu tanggal 10 Juni 2017, Jupe dirawat di RSCM.
  11. Nira Stania, almh. Nira adalah seorang presenter kelahiran tahun 1974. Ia pernah menjadi finalis wajah majalah Femina. Nira meninggal akibat kanker payudara stadium akhir. Sebelum meninggal dan dalam kondisi payah, Nira menyempatkan diri menemani kedua putrinya untuk berlibur ke Jawa Tengah. Nira meninggalkan dua orang putri dan suami.
  12. Nita Tilana, almh. Nita adalah kakak kandung Armand Maulana. Nita terserang kanker serviks yang sempat membuat kakinya lumpuh. Namun suami Nita yang bernama Rully Amada tetap menunjukkan makna kesetiaan sejati. Pada hari akhir, Nita mengalami koma. Melalui kebaikan seorang wartawan, keluarga meminta Emha Ainun Najib untuk datang dan mendoakan Nita. Lebih kurang 45 menit, Nita pun pergi untuk selamanya. Nita meninggalkan suami dan keluarga besarnya.
  13. Olga Syahputra, alm. Sama halnya Gito, Olga juga terkena kanker kelenjar getah bening. Olga sempat dirawat di rumah sakit Jakarta. Kemudian ia dirawat di rumah sakit Mount Elizabeth Singapura selama 10 bulan sebelum menghembuskan nafas terakhir di usia 32 tahun.
  14. Renita Sukardi, almh. Pesinetron kelahiran 26 Juli 1979 ini menderita kanker payudara stadium akhir. Ia menghembuskan nafas terakhir akibat gagal pernafasan di RSCM pada 10 April 2017. 
  15. Ria Irawan, almh. Ria menyebut bahwa kanker adalah penyakit genetik di dalam keluarganya. Kini Ria sedang berjuang melawan kanker kelenjar getah bening stadium 3. Kanker tersebut menyebar ke rongga perut sehingga kandungan Ria harus diangkat. Pada November 2019, sel kanker telah menyebar ke hampir seluruh bagian tubuh Ria termasuk di otak. Enam hari setelah tahun baru 2020, Ria kembali ke haribaan Tuhan. 
  16. S. Bagio, alm. Pelawak Bagio lahir di Purwokerto pada 3 Maret 1933, sama persis dengan pelawak Iskak, alm. Bagio diingat oleh publik saat membintangi iklan produk penyedap. Ia wafat di usia 60 tahun pada 1993 akibat penyakit leukemia atau kanker darah. 
  17. Titi Qadarsih, almh. Titi adalah artis senior sekaligus ibu dari Indra Qadarsih, mantan personel band Slank. Titi wafat pada 20 Oktober 2018 akibat kanker usus dalam usia 73 tahun. 
  18. Vidi Aldiano. Penyanyi Vidi menyadari ada yang tak beres pada tubuhnya diawali dari suara yang hilang pada Oktober 2019. Setelah menjalani pemeriksaan, tak disangka ia divonis mengidap kanker ginjal stadium 3. Vidi pun harus menjalani operasi pengangkatan ginjal. Kini Vidi harus menjaga kondisi tubuhnya dan ginjal satu-satunya dengan sangat baik.
  19. Yana Zein, almh. Ketika menyadari dirinya sudah tak mampu bekerja, Yana pun dirawat di rumah sakit. Ternyata Yana mengidap kanker payudara yang telah mencapai stadium empat. Atas bantuan donatur, Yana dirawat empat bulan di rumah sakit di Guangzhou, Cina. Sekembali dari Cina, Yana meninggal dunia di Jakarta pada usia 44 tahun, tepatnya tanggal 1 Juni 2017.
  20. Zainal Abidin Domba, alm. Aktor yang memiliki 2 tahi lalat besar di wajah ini lahir pada 1957 di Pekalongan, Jawa Tengah. Ia menyerah pada ajal akibat kanker usus stadium akhir. Sebenarnya kondisi Zainal disebutkan sempat membaik setelah operasi. Sayang takdir berkehendak lain. Ia wafat pada 26 Januari 2015 dan dimakamkan di TPU Pondok Ranggon. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.