Saturday, March 25, 2017

Makanan Khas Nusantara Dari Sabang Sampai Merauke

Saya tidak membahas makanan khas Surabaya sebab saya sudah membahasnya di blog ini. Silahkan dibaca jika anda memiliki kesempatan.
  1. Bali. Bali merupakan salah satu pulau tujuan wisata dunia. Tentang makanan, Bali memiliki beragam makanan khas daerah. Dari babi guling hingga satai lilit. Satai lilit terbuat dari daging ikan yang dibumbui rempah dan santan kemudian dililitkan di tangkai serai dan dibakar hingga matang. 
    Sate Lilit Pakai Sumpit Sebab Serai Tidak Tersedia
  2. Bandung. Makanan apa saja yang berasal dari Bandung? Batagor dan siomay bandung? Kedua makanan ini berbahan utama daging ikan dan disajikan dengan saus kacang. Hanya saja batagor dicampur santan dan digoreng. Siomay bandung dikukus. Bagaimana rasanya? Wah saling berpacu enak.
    Siomay Kukus Milik Sendiri
  3. Banjarmasin. Kalimantan pun memiliki makanan khas yang tak kalah sedap yaitu soto banjar. Yang membedakan soto banjar dari soto lain adalah pemakaian multi rempah dan campuran susu dengan kuah gurih. Sebagai pelengkap, soto banjar disajikan dengan perkedel kentang, irisan telur ayam rebus dan jeruk limau. 
    Soto Banjar Milik HaloBorneo Wordpress
  4. Gresik. Kota Gresik terletak di utara kota pahlawan dan terkenal akan produk semennya. Soal makanan, Gresik punya makanan khas tersendiri yaitu nasi krawu. Nasi krawu terdiri dari nasi putih, empal sapi suwir, serundeng kelapa dan tentu saja sambal pedas.
    Nasi Krawu Milik Pinterest
  5. Jogjakarta. Siapa yang tidak tahu makanan khas Jogja yang manis? Namanya gudeg. Saya paling suka jika disajikan di mangkuk tanah liat, jadinya gudeg kendil. Isi gudeg berupa
    gori atau nangka muda yang dimasak manis sedikit asam. Biasanya ditambah tahu, telur, sambal goreng krecek atau opor ayam. Krecek adalah kulit sapi. 
    Bukan Gudeg Kendil
  6. Lombok. Pulau Lombok terletak persis di sebelah pulau Bali. Ibukota Lombok adalah Mataram. Makanannya? Plecing kangkung terbuat dari daun kangkung, tauge, kelapa dan terasi. Lainnya adalah ayam taliwang yang super enak. Bahan utamanya tentu ayam yang dibumbui berbagai rempah kemudian dibakar hingga matang.
  7. Madura. Pulau Madura masuk dalam propinsi Jawa Timur. Sejak dibangun jembatan Suramadu, akses dari Surabaya ke Madura serta sebaliknya semakin bertambah. Saya dulu hanya menggunakan kapal. Soal makanan? Ada sate madura, bebek sinjay maupun soto madura. Soto madura berbahan utama daging sapi. 
    Sate Ayam Milik Sendiri
  8. Makassar. Dari Ujung Pandang ke Makassar. Dari Makassar ke Ujung Pandang. Sama saja. Yang penting kita membahas makanan khas Makassar yaitu coto Makassar, es pisang ijo, es pallu butung dan sup konro. Es pallu butung berupa pisang kukus yang ditambah susu dan santan. Es pisang ijo mirip dengan pallu butung, hanya saja pisangnya dibungkus adonan tepung berwarna hijau.
    Sup Konro Iga Sapi
  9. Malang. Malang terletak di dekat kota Batu, Jawa Timur dan terkenal akan baksonya. Bakso malang terdiri dari bakwan, pangsit goreng dan tahu bakso. Disajikan dengan kuah gurih. Makanan lain adalah bakpau telo. Sesuai namanya, bakpau ini terbuat dari bahan ketela.
  10. Manado. Sulawesi memang banyak memiliki makanan nikmat.
    Kali ini di Manado, Sumatra Utara. Ayam woku belanga, bubur tinutuan, ayam rica-rica, sambal dabu-dabu, cakalang fufu. Wah bisa gagal diet nih kalau dicoba satu persatu. Ayo kamu suka yang mana?
  11. Medan. Ibukota Sumatra Utara yaitu Medan memiliki beberapa makanan sedap yang dipengaruhi oleh Tiongkok. Salah satunya adalah kwetiau yang berupa mie pipih berwarna putih dan berbahan utama tepung beras. Kwetiau dimasak berbagai macam seperti siram atau goreng. 
  12. Padang. Wah kalau makanan Padang sih bikin terbang hingga ke alam mimpi. Semuanya sedap. Dari sambal udang petai, sayur daun singkong, sambal merah dan hijau, ayam, rendang sapi, telur tebal berempah, sate dan banyak lagi. 
  13. Palembang. Kota yang terletak di Sumatra Selatan ini memiliki beragam makanan yang sangat lezat. Saking lezatnya, makanan Palembang pun merambah ke seluruh tanah air. Dari pempek sampai pindang ikan patin. Kayaknya tidak perlu dijelaskan bahwa pempek terbuat dari ikan dan tepung kan ya?
  14. Semarang. Seperti kebanyakan makanan Jawa Tengah lain, makanan khas Semarang terkenal sangat manis. Coba ingat lumpia Semarang. Isi utama lumpia adalah rebung. Selain rebung, bisa diisi yang lain seperti telur, ebi dan udang. Tergantung selera yang menyantap. Disajikan bersama saus, daun bawang dan cabe rawit hijau. 
    Lumpia Buatan Sendiri

  15. Solo. Di Jawa Tengah memang banyak kota yang memiliki warisan budaya luar biasa. Salah satunya adalah Solo. Makanan khas Solo yang terkenal adalah timlo solo dan selat Solo. Timlo merupakan makanan berkuah bening yang berisi berbagai macam protein dan sayuran. Sementara selat solo merupakan ucapan untuk Salad. Isinya berupa bistik, wortel, buncis, kentang, selada dan irisan tomat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.