Monday, November 11, 2013

Membahas Daun Pandan, Oleh Katering Indonesia San Diego.

  • Daun pandan selalu hijau sepanjang musim. Bentuknya panjang.
  • Di Indonesia, Thailand dan beberapa negara Asia Tenggara lain, daun pandan wangi digunakan sebagai pewangi saat menanak beras dan membuat hidangan pencuci mulut.
  • Karena daun pandan yang hijau wangi inilah, rasa daun pandan kerap ditiru untuk pembuatan esense dan pewarna makanan beraroma pandan. Kemudian esense/pewarna ini diteteskan pada adonan cake, cendol/dawet, puding, agar-agar, sirup, crepes, pancake ataupun kue kering.
  • Di California, daun pandan mudah diperoleh dalam kemasan beku. Harganya relatif terjangkau.
  • Disebutkan bahwa manfaat mengonsumsi minuman berbahan dasar pandan antara lain meredakan sakit kepala dan rematik, mengobati sakit telinga, melegakan sakit pada dada, mengurangi demam, mengobati luka, obat pencahar untuk anak-anak, mengatasi beberapa masalah kulit, menguatkan gusi, mempercepat pemulihan ibu-ibu yang lemah habis melahirkan.
  • Ada beberapa daun pandan yang ada di dunia ini yakni
  1. Pandan wangi. Seperti yang disebutkan di atas.
  2. Pandan duri. Daunnya dikeringkan untuk menjadi anyaman tikar, tas belanja jinjing, tas laptop, keranjang maupun topi.
  • Hasil kerajinan suku Dayak Aoheng, Indonesia sangat memukau karena keindahan motif dan perpaduan warnanya yang sungguh serasi. Kerajinan tersebut sudah diekspor ke negara-negara internasional. Oleh karena itulah, UNESCO/United Nations Educations Scientific dan Cultural Organization memberikan penghargaan saat pameran budaya digelar di Hong Kong pada tahun 1997 lalu. Semoga dapat mengangkat kesejahteraan penduduk setempat.
  • Para wanita penduduk pulau Bawean pun secara turun-temurun menopang hidup mereka dengan menganyam tikar dari daun pandan duri. Tak cuma tikar, sajadah alas sholat pun sungguh indah dipandang mata. Untuk pengerjaannya hingga selesai, dibutuhkan waktu hingga dua minggu. Namun sayang, wanita-wanita generasi muda sudah mulai meninggalkan pekerjaan warisan ini karena dianggap membosankan. Sehingga banyak dari mereka yang meninggalkan tanah kelahiran mereka untuk mengais rezeki di tempat lain.
  • Di bagian lain Indonesia yang menghasilkan anyaman daun pandan yaitu penduduk desa Sasak Panjang. Kerajinan tersebut sempat dipamerkan di JCC/Jakarta Convention Center. Hasil anyaman tersebut sama seperti disebutkan di atas, dan ada pula dompet serta kotak penyimpanan koran. Harganya tak terlalu mahal, cukup sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatannya. Anda tertarik untuk memesan?
Kerajinan Suku Dayak Aoheng.
Foto Courtesy Melayuonline.

Sumber informasi : wikipedia English and Indonesian, detik.com, melayuonline, ragamhandicraftrajapolah, drinkbenefits.

Diterjemahkan, dikumpulkan dan diedit Oleh Katering Indonesia San Diego.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.