Tuesday, November 12, 2013

Daftar Makanan Indonesia Berbungkus Daun Pisang, Oleh Katering Indonesia San Diego.

Silahkan kunjungi https://www.facebook.com/pages/Katering-Indonesia-San-Diego/409751549095957
Jangan lupa untuk tekan like ya, dukungan anda sangat bermanfaat bagi kami.
  1. Utri atau lemet. Jajan pasar yang terbuat dari campuran singkong parut, parutan kelapa dan gula jawa. Kemudian dikukus. Manis dan mengenyangkan.
  2. Otak-otak tengiri. Berbahan campuran ikan giling, kucai, santan dan bumbu lain menjadikan penggemar makanan ini ketagihan.
  3. Pepes. Pepes tahu, pepes jamur, pepes ikan, pepes udang dan sebagainya. Saya pribadi kerap memasak kombinasi pepes tahu dengan udang, nikmat rasanya. Cara membungkus pepes seperti jajan pasar nagasari, gepeng persegi.
    Pepes Tahu Udang.
    Kreasi Katering Indonesia San Diego.
  4. Botok. Cara membungkus dan isi botok berbeda dari pepes. Botok menggunakan parutan kelapa, santan, cabe rawit dan daun salam sebagai bahan dasar, kemudian dicampur dengan bahan lain seperti tempe, jangkang/kepiting kecil-kecil, pete cina/lamtoro gung, ikan teri dan sebagainya.
  5. Nasi Bakar. Makanan ini belum saya jumpai ketika saya meninggalkan tanah kelahiran saya. Namun dari cara memasaknya, tampaknya saya suka. Bentuk nasi bakar seperti nasi timbel, hanya saja tidak perlu dibakar terlebih dahulu. Ada yang mencampurkan nasi bakar dengan mentega, ada pula dengan sumber protein lain seperti ikan teri, udang dan lain-lain sebelum dibungkus dan dibakar. Ada pula yang hanya berisi nasi tanpa campuran lauk lain, kemudian baru dinikmati bersama lauk dan sayuran lain.
  6. Nasi timbel. Nasi putih matang yang dibungkus daun pisang. Saat akan disajikan, barulah nasi dibuka. Daun pisang pembungkus juga berfungsi sebagai piring. Kemudian anda memilih lauk dan sayur apa saja yang akan ditaruh di samping nasi. Terkadang disertai sayur asem. Namun jika anda menyantap nasi timbel di rumah makan, mereka akan memberi anda piring sebagai alas kedua.
  7. Lontong. Anda pasti sudah tahu lontong, jadi saya tidak perlu banyak bercerita di sini. Dalam keseharian, penduduk di Surabaya lebih sering mengonsumsi lontong dibanding ketupat.
  8. Lemper. Jajan pasar berbahan utama beras ketan, berisikan suwiran daging ayam bagian dada. Cukup mengenyangkan.
  9. Nasi bogana. Mirip seperti nasi campur bungkus. Tentu saja menggunakan daun pisang sebagai pembungkus utama. Rasa dan aroma nasi, lauk serta sayuran yang terbungkus daun pisang jauh lebih nikmat dibanding menggunakan bungkus lain.
  10. Nasi Campur Bungkus Daun Pisang
    November 2013
  11. Nagasari. Jajan pasar yang cukup tersohor, terutama di Jawa Timur. Nagasari terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam dan daun pandan. Berisikan potongan buah pisang, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Cara memasak nagasari adalah dengan mengukus, sama seperti lontong, botok dan pepes.
Pepes Tahu Udang.
Masakan dan Foto Milik Katering Indonesia San Diego.

"Kesulitan terbesar dalam hidup kita adalah bukan pada saat kita menghadapi masalah, melainkan dari cara kita menghadapi masalah" 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.