Monday, June 2, 2014

Daftar Lengkap Artis Indonesia Yang Melahirkan Secara Caesar.

Membahas soal persalinan secara operasi caesar atau c-section, saya jadi teringat pengalaman melahirkan beberapa teman wanita. Yang pertama sebut saja Yanti.
 Semula Yanti merencanakan kelahiran sang jabang bayi secara normal. Berbagai persiapan pun ia lakukan secara matang, termasuk mengikuti yoga prenatal dengan tujuan agar ia dapat mengatur nafas dengan baik saat mengejan nanti. Tibalah hari H, proses melahirkan ternyata tidak semudah yang direncanakan bagi Yanti. Ia harus mengejan untuk mengeluarkan sang bayi perempuan selama 3,5 jam. Namun bayi tersebut tidak sepenuhnya keluar, hanya muncul kepala saja. Dengan tangan, sang dokter mendorong kepala bayi agar masuk kembali ke kandungan dan segera memutuskan untuk melakukan operasi caesar.
Lalu pengalaman lain dari Marina. Marina melahirkan anak pertama saat usianya sudah menginjak 35 tahun. Marina mengalami pecah ketuban saat subuh dan masih di rumah. Segera ia dan suami ke rumah sakit untuk proses kelahiran sang putri. Namun setelah diinduksi hingga jam 8 malam, Marina tetap tak mengalami pembukaan lebih sehingga dokter memutuskan melakukan operasi caesar. Saat Marina disuntik anestesi, ia melompat dari tempat tidur karena merasakan jarum suntik yang sakit. Terpaksa dokter harus mengulangi proses anestesi sekali lagi.
Berbeda lagi kisah Jodi, seorang wanita kulit putih bersuamikan pria Indonesia. Jodi telah mengalami pembukaan maksimal dan mengejan sekuat tenaga, namun entah mengapa kepala sang bayi tak kunjung keluar. Setelah cukup lama berusaha, mendadak dokter mendapati jantung bayi melemah. Segeralah dilakukan operasi caesar.
Berikut daftar artis Indonesia yang melahirkan secara caesar;

  1. Alyssa Soebandono. Dude menjelaskan bahwa sang istri melahirkan putra pertama mereka dengan cara caesar pada 20 Februari 2015 lalu. Lebih lanjut ia mengatakan Alyssa lah yang menginginkan secara caesar. Namun sang dokter mengatakan bahwa kepala bayi tidak pada jalur lahir sehingga lebih baik ditempuh caesar. Dokter tidak ingin mencoba memaksakan cara normal terlebih dahulu.
  2. Alya Rohali. Ia adalah putri Indonesia tahun 1996. Dari pernikahan kedua Alya dengan seorang pengusaha Madura, Alya dikaruniai dua orang putri lagi, yaitu Diarra dan Savannah. Diarra dilahirkan melalui operasi caesar pada Agustus 2007 di RS Pondok Indah.
  3. Andi Soraya. Setelah 2 kali melahirkan anak laki-laki secara normal, Andi melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan secara caesar pada 25 Januari 2018. Tak banyak diketahui tentang pernikahan ketiganya, Andi mengaku bahwa sebenarnya ia sudah menikah dengan Andi Ali Gaffar selama dua tahun.
  4. April Jasmine. Setelah menjalani pengangkatan satu indung telur, April hamil. Namun dokter menginginkan istri Ustad Solmed ini melahirkan secara caesar sebab bayi di perut April sudah 3 kg sementara posisi bayi tak kunjung turun ke panggul. April dan Solmed dikaruniai anak laki-laki,
  5. Annisa Bahar. Bersama Fauzan, Annisa memiliki 2 putra. Dari pernikahan sebelumnya bersama Memo Sanjaya, Annisa memiliki 2 putri bernama Jelita dan Juwita. Saat melahirkan putra keempat pada tahun 2012 lalu, Annisa memilih operasi caesar. Ia memang sengaja memilih hari yang bertepatan dengan ulang tahun sang suami tercinta.
  6. Ashanty. Dua kali melahirkan anak, dua kali pula Ashanty menjalani operasi caesar. Alasan persalinan pertama adalah Ashanty memiliki kekentalan darah yang membahayakan. Alasan persalinan yang kedua harus melalui caesar sebab jarak anak pertama dengan anak kedua hanya setahun lebih. Dokter menganggap hal itu berbahaya bagi Ashanty.
  7. Chelsea Olivia. Buah hati hasil pernikahan dengan Glenn Alinskie dilahirkan Olivia dengan cara operasi caesar. Putri mereka diberi nama Nastusha.
  8. Cornelia Agatha. Dari pernikahannya dengan Sonny Lalwani, Cornelia dikaruniai sepasang anak kembar perempuan dan laki-laki pada 7 Desember 2006. Anak kembar Cornelia dilahirkan secara operasi caesar di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Cornelia dan Sonny sudah resmi bercerai.
  9. Cynthia Lamusu. Setelah berjuang dan menunggu selama 8 tahun, akhirnya Cynthia dan Surya Saputra pun dikaruniai sepasang bayi kembar hasil IVF/In Vitro Fertilization alias bayi tabung. Kedua anak tersebut dilahirkan secara prematur sehingga masih harus menjalani perawatan sebelum diperbolehkan untuk dibawa pulang.
  10. Desy Ratnasari. Putri semata wayang Desy dari suami kedua bernama Sammy Hamzah (kini mantan) lahir secara caesar pada tahun 2002 lalu. Sebenarnya Desy ingin sekali melahirkan secara normal namun sang suami melarangnya ketika itu. Desy melahirkan di sebuah rumah sakit di Singapura secara caesar.
  11. Dian Sastrowardoyo. Dian melahirkan buah hati kedua dari pernikahannya dengan Indraguna Sutowo pada 7 Juni 2013. Kelahiran bayi kedua Dian dilakukan secara caesar sebab posisi bayi sungsang. Berbeda dengan anak pertama yang dilahirkan secara normal.
  12. Donita. Istri Adi Nugroho ini harus menjalani operasi caesar sebab sang jabang bayi terlilit tali pusar. Ia melakukan persalinan di Rumah sakit ibu dan anak Brawijaya, Jakarta selatan pada akhir 2015 silam. Saat melahirkan anak kedua pada 11 Januari 2018, sekali lagi Donita memilih melahirkan secara caesar. 
  13. Donna Agnesia. Untuk kelahiran anak ketiga Donna dan Darius, keduanya memutuskan agar Donna melahirkan secara caesar. Donna menginginkan agar Darius menemaninya saat proses operasi berlangsung.
  14. Gisela Anastasia. Gisela melahirkan buah pernikahannya dengan Gading Marten pada 16 Januari 2015 secara caesar. Alasan bayi Gempita dilahirkan secara caesar karena Gisela mengalami sesak nafas ketika proses mengejan. 
  15. Inul Daratista. Sekian lama menikah dengan Adam Suseno, Inul sangat mengharapkan kehadiran buah hati. Maka keduanya sepakat untuk melakukan bayi tabung dan berhasil. Inul melahirkan bayi laki-laki dengan cara operasi caesar di rumah sakit Medistra, Jakarta pada pertengahan 2009 silam.
  16. Kinaryosih. Artis kelahiran 3 Maret 1979 ini melahirkan anak pertama yang berjenis kelamin laki-laki secara caesar di Singapura. Saat kelahiran anak kedua yang berjenis kelamin perempuan, Kinaryosih juga melahirkan di Singapura, tepatnya di rumah sakit Raffles.
  17. Krisdayanti. Putri pasangan KD dan Raul Lemos dilahirkan secara caesar pada tahun 2011 lalu, sedangkan putra mereka dilahirkan pada tanggal cantik 12-12-12 juga secara caesar.
  18. Marshanda. Menikah di usia muda, Marshanda pun melahirkan buah cintanya bersama Ben Kasyafani di usia muda pula. Pada akhir Januari 2013 lalu, Marshanda melahirkan putri secara operasi caesar sebab sang bayi dalam posisi miring dan Marshanda tidak mengalami pembukaan jalan lahir.
  19. Maya Rumantir. Maya menikah dengan Takala Gerald Hutasoit pada 2004 lalu di usia 40 tahun. Setahun kemudian, Maya melahirkan seorang putri secara operasi caesar. Selain bobot bayi yang terbilang besar, usia Maya juga tak memungkinkan ia melahirkan normal.
  20. Mieke Amalia. Dari pernikahannya dengan aktor Tora Sudiro, Mieke dikaruniai seorang putri melalui operasi caesar pada 21 Maret 2012. Selama proses operasi, dokter sengaja memainkan lagu jazz namun Mieke justru minta diganti dengan lagu disko. 
  21. Mulan Jameela. Sejak awal kehamilan hingga kelahiran putri yang diberi nama Safeea, Mulan dan Ahmad Dhani sangat menutupinya. Bahkan saat berita Mulan melahirkan secara caesar di rumah sakit Pondok Indah, Ahmad Dhani sampai bentrok dengan para wartawan yang berusaha meliput kabar tersebut.
  22. Nabila Syakieb. Nabila melahirkan putri pertamanya yang diberi nama Raqeema Ruby Radinal pada awal September 2018. 
  23. Nafa Urbach. Semula Nafa menargetkan sang bayi lahir tepat pada hari valentine 2011, namun kenyataannya sang bayi yang berjenis kelamin perempuan itu ingin lahir ke dunia lebih awal. Nafa menjalani operasi pada 8 Februari di RS Siloam, Jakarta Barat setelah mengalami pecah ketuban.
  24. Nagita Slavina. Wanita yang akrab disapa Gigi ini melahirkan buah hati pertama bersama Raffi Ahmad dengan cara caesar. Dokter yang menangani memberi penjelasan bahwa air ketuban Gigi pecah dan tali pusar merosot sehingga tak memungkinkan melahirkan dengan normal.
  25. Natalie Margaretha. Saat melahirkan putra pertama dari suami Gondo Soerijo, Natalie memilih operasi caesar. Tak ada alasan khusus yang membuat Natalie memilih cara tersebut, namun ia dan suami memutuskan demikian.
  26. Nia Paramitha. Satu lagi Nia yang melahirkan secara caesar, Nia istri Gusti Randa. Nia melahirkan anak keempat pada 10 November 2004 silam. Setelah kelahiran itu, Gusti memilih untuk tubektomi agar Nia tak lagi hamil. Sama halnya Shahnaz dan Titi Dj, keempat anak Nia dilahirkan secara operasi caesar.
  27. Nia Ramadhani. Istri Ardi Bakrie ini awalnya memilih persalinan secara normal. Namun karena kesakitan yang sangat dan sang jabang bayi tak kunjung lahir, maka akhirnya Nia harus menjalani persalinan secara caesar.
  28. Nikita Mirzani. Artis kontroversial Nikita melahirkan anak kedua secara caesar pada 3 Oktober 2014 silam di RSIA Brawijaya. Anak laki-laki Nikita merupakan buah pernikahannya dengan pria berdarah Arab, Sajad Ukra. Baru seminggu melahirkan, Nikita menggugat cerai Sajad Ukra.
  29. Okie Setiana Dewi. Tiga anak Okie dilahirkan secara operasi caesar. Persalinan yang pertama disebabkan oleh tulang di atas kemaluan yang bergeser. Persalinan yang kedua disebabkan karena jarak kelahiran yang sangat dekat. Anak pertama dan kedua Okie hanya berjarak satu tahun saja. Pun saat kelahiran yang ketiga, jalan caesar diambil karena adanya kelainan tulang panggul.
  30. Okky Asokawati. Mantan peragawati ini menuturkan bahwa ia memang tidak pernah merasakan melahirkan secara normal. Buah hati pertama dari pernikahan dengan Firman, ia lahirkan secara caesar. Begitu pula dengan buah hati kedua hasil pernikahan dengan Dr Nono Padmodimuljo. Okky mengakui memang ada masalah dengan tulang panggulnya.
  31. Olla Ramlan. Sepanjang sejarah melahirkan, Olla memang selalu memilih operasi caesar. Pertama ia melahirkan seorang anak laki-laki ketika menikah dengan Alex Tian. Setelah bercerai, Olla menikah lagi dengan Aufar Hutapea dan dikaruniai 2 orang anak.
  32. Paramitha Rusady. Buah cinta Paramitha dengan Nenad Bago dilahirkan pada 24 Mei 2007 silam dengan hidup dan mati. Bagaimana tidak, selain hamil di usia yang tak muda, Paramitha pun harus menjalani operasi caesar. Setelah operasi, Mitha butuh waktu lama untuk dapat siuman. Istilah awam pun menyebut ia sempat mati suri. 
  33. Revalina S. Temat. Anak pertama Revalina yang lahir pada 17 Januari 2016 harus lahir dengan operasi caesar. Dokter yang menyarankan demikian sebab melihat bayi yang dikandung Revalina tergolong besar yaitu 3,9 kilogram. 
  34. Ririn Dwi Ariyanti. Setelah dikaruniai 2 orang putri buah cintanya dengan sang suami, Aldi Bragi, Ririn akhirnya dikaruniai seorang putra pada April 2018. Proses kelahiran sang putra dengan operasi caesar berjalan selama 1 jam 50 menit, lebih lama dari operasi caesar pada umumnya. Hal ini disebabkan kondisi Ririn yang memiliki kadar hemoglobin rendah.
  35. Risty Tagor. Pada 3 Januari 2015, Risty diam-diam melahirkan seorang putra hasil pernikahan kedua dengan Stuart Collin. Dengan alasan demi menjaga keselamatan bayi, dokter pun melakukan operasi caesar. Pada saat yang sama, Risty diketahui sedang menyelesaikan proses perceraiannya dengan Stuart. Oleh karenanya wajar jika Stuart tak mendampingi Risty ketika menjalani operasi.
  36. Shahnaz Haque. Istri musisi Gilang Ramadhan ini menjalani dua operasi saat kelahiran anak ketiga, yaitu operasi caesar dan operasi tubektomi. Tujuan tubektomi agar Shahnaz tak lagi hamil. Bagi ia dan suami, dikaruniai tiga orang putri merupakan berkat tersendiri. Operasi caesar bukanlah hal asing bagi Shahnaz sebab ia melahirkan putri pertama dan kedua dengan cara tersebut.
  37. Tantri "Kotak". Tantri melahirkan anak pertama pada 14 April 2016 melalui operasi caesar. Hal itu disebabkan bobot bayi yang lumayan besar, yaitu 3,55 kilogram. 
  38. Titi Dj. Diva ini merupakan salah satu artis yang cukup kenyang merasakan pengalaman melahirkan secara caesar. Meski Titi menginginkan melahirkan secara normal, namun kondisi Titi tak memungkinkan. Pada anak pertama kembar, Titi mengalami pendarahan dan kepala bayi terlilit tali pusar. Sementara pada anak kedua, sang bayi dalam posisi sungsang.
  39. Titi Kamal. Setelah 4 tahun mengarungi bahtera rumah tangga bahagia bersama Christian Sugiono, Titi akhirnya melahirkan putra pertama secara operasi caesar. Karena tak diijinkan masuk ruang operasi, Christian tentu saja menunggu di luar ruang. Pada proses melahirkan kedua, Titi juga menjalani operasi caesar. Ia dikaruniai 2 orang putra.
  40. Ussy Sulistiawaty. Ussy melahirkan buah cintanya bersama Andhika Pratama secara caesar pada 4 Maret 2017 silam. Hal ini di luar prediksi sebab Ussy menginginkan secara normal. Akan tetapi ketika persalinan berlangsung, Ussy mengalami pendarahan. 
  41. Viviane. Sebelum diputuskan untuk operasi caesar, dokter rumah sakit Hermina, Jakarta Timur sejatinya sudah menginduksi Viviane sebanyak 2 kali. Namun pembukaan mulut rahim tidak bertambah. Setelah menjalani operasi selama 40 menit, akhirnya Viviane melahirkan seorang putra yang diberi nama Gevariel Jogi Simorangkir. Bagi Viviane, ini adalah operasi caesar kedua. Pada 18 April 2012, Viviane menjalani operasi saat melahirkan Jayden, buah cintanya dengan Okan Cornelius.
  42. Yuni Shara. Pada 1 November 2004, Yuni melahirkan buah cintanya dengan Henry Siahaan melalui operasi caesar. Anak laki-laki itu sudah lama didambakan oleh Yuni dan Henry. Sebelumnya Yuni memiliki seorang putra adopsi yang bernama Calvin. Umumnya suami ikut menemani sang istri ketika proses operasi berlangsung, namun tidak bagi Henry. Ia merasa takut.
  43. Zaskia Adya Mecca. Setelah memiliki 3 orang anak, Zaskia dan Hanung ternyata beruntung dikaruniai seorang anak lagi. Pada kelahiran anak bungsunya, Zaskia memilih jalan operasi caesar. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.