Friday, June 6, 2014

10 Sarapan Khas Suku Hokkian Cina Di Surabaya.

  1. Bi Tan. Adalah telur seribu tahun/century egg. Bi tan dan telur asin sudah dibuat sejak ribuan tahun yang lalu di mana masyarakat Cina kala itu belum memiliki lemari es sebagai tempat untuk menyimpan makanan. Bi tan dibuat dari telur bebek mentah yang direndam dalam campuran lempung, abu, garam dan gabah hingga putih telurnya membentuk seperti jelly berwarna kecoklatan bening dan kuning telurnya memiliki warna hitam pekat. Dalam bahasa Inggris, telur bitan disebut thousand year egg. Telur bitan sebaiknya disajikan dalam bentuk irisan atau potongan. Tentu lebih pas apabila dimakan bersama bubur beras.
  2. Bubur telo. Bubur nasi biasa yang dicampur potongan ubi kuning (bukan singkong). Bubur akan lebih menarik, terasa manis, dan lebih beraneka rasa jika dicampurkan berbagai masakan lain.
  3. Cakwe. Saya sudah membahas tentang cakwe pada bagian lain di blog ini, yakni tentang asal muasal dibuatnya panganan goreng satu ini.
  4. Dace fish with fermented black soybeans. Ikan kalengan yang dimasak bersama minyak dan kedelai hitam fermentasi ini dijual hingga supermarket di California. Terdapat dua jenis yaitu dengan kacang kedelai hitam dan dengan sayuran. Saya pribadi lebih memilih yang pertama. Dalam sebuah film, Jet Lee juga tampak mengonsumsi ikan kalengan ini dengan sumpitnya. Langsung dari kalengnya lho. Ikan ini lengkap dengan tulang empuknya yang dapat dimakan. 
  5. Daging cincang tim krai. Krai/pickle adalah sejenis mentimun yang memiliki rasa asam. Krai juga banyak digunakan untuk membuat sayur asam. Namun krai yang digunakan di sini adalah krai yang sudah diasinkan dalam air berbumbu utama kecap asin. Krai asin ini biasa diperoleh dalam bentuk kalengan. Sama halnya yang lain, harganya cukup terjangkau. Krai tersebut dicincang halus, demikian juga daging. Kedua bahan tersebut dicampur rata, ditaruh di mangkok tahan panas dan disiram kuah krai dan ditim atau dikukus hingga matang.
  6. Daging masak kuah tauco. Umumnya menggunakan daging babi, namun jika berpantang bisa menggunakan daging lain. Daging dipotong persegi 2x3 cm dan dimasak dalam kuah tauco hingga empuk. Tauco adalah kacang kedelai yang difermentasikan. Ada yang berwarna merah, adapula yang berwarna coklat. 
  7. Jaipo masak telur dadar. Jaipo adalah sayur lobak yang diawetkan dalam bentuk asinan. Jaipo ini dipotong berbentuk kotak dengan sangat kecil dan halus, lalu dicampur dalam telur kocok. Setelah itu dimasak seperti halnya membuat telur dadar atau omelet. Oleh karena rasanya asin, sebaiknya telur tidak ditambahkan garam atau kecap asin.
  8. Kacang tanah goreng. Ini mungkin makanan yang paling sederhana dilihat dari cara memasaknya. Hanya kacang tanah yang masih terdapat kulit ari, digoreng hingga matang dan dicampur garam.
  9. Tahu masak kucai. Di Surabaya, digunakan tahu kuning yang memiliki tekstur lebih keras. Jika tak ada, maka tahu putih pun tak jadi masalah. Tahu tersebut dipotong berbentuk dadu dan digoreng setengah matang. Sementara kucai dipotong sepanjang korek api. Kemudian ditumis bersama bumbu hingga kucai layu.
  10. Telur asin. Telur asin adalah makanan asli Cina. Telur bebek yang direndam dalam campuran garam dan abu. Orang kuno mengatakan, telur asin yang "jadi" adalah yang kuningnya berminyak. Entahlah mana yang benar, yang penting sama enak. Kalau anda punya kolesterol tinggi, batasi makan telur ini.
"Ingin Mengenali Budaya Sebuah Negara? Cobalah Makanan Tradisionalnya"

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.