Saturday, June 7, 2014

16 Alasan Nikmat Berwisata Di San Diego

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di San Diego;
  1. Belmont Park. Mirip seperti pasar malam,hanya saja buka seharian penuh. Terletak di tepi laut. Terdapat beberapa wahana permainan anak-anak hingga orang dewasa, namun tidak menawarkan ragam banyak. Ada juga ruang tertutup untuk bermain game seperti TimeZone Indonesia. Meskipun beberapa tempat menawarkan parkir gratis dan tidak ada batasan jam, namun sangat sulit mencari lahan parkir. Terlebih lagi jika datang pada hari libur atau malam minggu.
  2. Chinese Market. Tentu yang terutama kita akan membahas 99 ranch yang sejak tahun 2017 mengembangkan cabang ke 2 lokasi. Lokasi yang paling lama adalah di Clairemont Mesa Boulevard. Lokasi ini diapit oleh Ajisen Ramen dan sebuah bank. Di dalam supermarket terdapat sebuah rumah makan khas Cina, SW.  Lokasi kedua adalah di Balboa Ave yang tak jauh dari Clairemont Mesa Boulevard. Di lokasi Balboa, lahan parkir lebih tersedia dan memiliki 4 rumah makan di dalam. Kekurangannya adalah kurang lengkap namun pelayanan lebih baik. Bagian deli pun masih kalah dibandingkan lokasi Clairemont Mesa Blvd. Lokasi ketiga adalah Chula Vista. Supermarket Chinese lain adalah Sin Lee yang berlokasi di El Cajon Boulevard. Awalnya Sin Lee menjual grosir, namun seiring dengan waktu dan diperluasnya lahan, Sin Lee mulai menjual eceran.
  3. Coronado Island. Ini adalah pulau kecil di tepi barat kota San Diego yang terhubung dengan San Diego selatan, tepatnya di antara Dolphin Bay dan Palm Plaza. Namun jika tak ingin bersusah payah mengendarai mobil menuju ke selatan, maka kita gunakan jembatan coronado yang fenomenal. Mulai akhir tahun 2018, jembatan ini kembali menarik dana bagi pengguna. Apa yang dinikmati di pulau ini? Pemandangan sunset/matahari tenggelam, teluk, pantai berpasir. wisata kapal ferry dari dan ke kota San Diego, gedung-gedung di kota San Diego, rumah makan atau bersepeda. Pada hari kemerdekaan Amerika, pulau Coronado menjadi salah satu tempat yang menarik untuk menonton kembang api.
  4. Fashion Valley Mall. Saya kurang memahami kenapa banyak yang menyebut mall ini sebagai tempat wisata khas San Diego. Akan tetapi baiklah saya jelaskan. Mall 2 tingkat ini intinya memiliki atap terbuka (tentu bukan toko-toko dengan atap terbuka, jika tidak basah semua ketika musim penghujan). Bisa ditempuh dengan trolley atau bis umum yang akan berhenti tepat di belakang mall. Sama halnya dengan mall lain, FV memiliki pujasera dengan tempat duduk di ruang terbuka. Untuk bioskop, tidak di ruang terbuka.
  5. Japanese Market. Apabila enggan berwisata dan ingin belanja serba negeri Sakura, maka berdasarkan pengetahuan saya ada 3 lokasi yang saling berdekatan satu sama lain. Pertama adalah Nijiya di Convoy. Letak Nijiya di pojok memang agak kasat mata, supermarket kecil ini dikitari oleh beberapa rumah makan seperti Thailand, Jepang, Korea dan juga Meksiko. Kedua adalah Mitsuwa yang berada di sebelah Staples (jika tidak pindah) dan juga salon kecantikan yang dikelola oleh imigran Jepang. Berbeda dengan Nijiya dan Marukai, Mitsuwa memiliki 3 rumah makan di dalam yang menjual ramen, makanan-makanan khas Jepang dan juga crepes. Ketiga adalah Marukai. Marukai memiliki 3 toko yang berada di kompleks sama namun berbeda gedung. Gedung Marukai pertama tentu menjual makanan dan minuman layaknya pasar. Gedung Marukai kedua menjual perabot, elektronik, alat-alat kebersihan serta obat-obatan. Gedung Marukai ketiga menjual snack,  mainan dan kosmetik khas Jepang. Adapula Daiso, toko yang menjual pernak pernik khas Jepang dengan harga $1.50 ke atas untuk setiap barang. Daiso memiliki 2 lokasi yaitu di Mira Mesa berdekatan dengan H Mart dan juga di Clairemont Mesa Boulevard.
  6. Julian Indian Reservation. Ini merupakan perkampungan penduduk asli Amerika, suku Indian. Terletak 45 menit dari timur kota San Diego, tepatnya Alpine. Jika naik kendaraan, bisa menggunakan highway 8 ke arah timur. Posisi Julian terletak di pegunungan nan sejuk. Di sana juga terdapat pabrik pai yang terkenal. Jika anda kelupaan beli, coba anda cari di supermarket Albertsons. Ada juga deretan toko, pom bensin maupun restoran. 
  7. Korean Market. Ada 3 lokasi untuk supermarket Korea. Pertama adalah H Mart lokasi Mira Mesa. Kedua adalah H Mart lokasi Balboa Avenue. Ketiga adalah Zion Market yang berada di antara Clairemont Mesa Boulevard dengan Balboa Avenue, tepatnya di sebelah arena bowling dan juga restoran panggang TGG ala Korea. Zion Market berada di lahan yang cukup luas sehingga di dalamnya juga terdapat pujasera dengan berbagai rumah makan khas Korea, ada toko perhiasan, toko roti, agen travel, salon kecantikan, jasa akuntan, toko pernak pernik khas Korea, toko handphone dan juga toko perabotan. Apabila tak tertarik dengan rumah makan di dalam Zion Market tak masalah. Di sekitar supermarket ini terdapat banyak sekali rumah makan khas Korea, terutama sepanjang Balboa Ave. Sementara H Mart Miramesa memiliki 1 rumah makan, 1 toko roti dan juga 1 toko kosmetik. H Mart Balboa Ave baru dibuka pada 7 Juni 2019. H Mart Balboa Ave berada di bekas toko alat olah raga dan bersebelahan dengan pusat kebugaran. Lokasi H Mart Balboa Ave sendiri tak begitu jauh dari 99 Ranch Market Balboa, Zion Market Clairemont Mesa dan juga 99 Ranch Market Clairemont Mesa. Bisa dikatakan bahwa supermarket-supermarket Asia terutama Cina, Korea dan Jepang menguasai lokasi strategis di tengah kota San Diego.
  8. La Jolla Prospect Drive. Lebih tepatnya disebut la jolla shore. Pinggiran pantai kawasan La Jolla, San Diego utara. Menyajikan pemandangan laut, pantai dan terutama singa laut. Di sepanjang jalan pinggir pantai terdapat hotel, restaurant, jejeran toko dan lapangan rumput untuk bermain atau berjemur. Jika tak ingin membeli makanan di restoran, maka bawa saja makanan dari rumah. Membawa bahan makanan untuk dipanggang pun tak kalah nikmat. Lahan parkir gratis, hanya saja agak susah mencari.                            
  9. Legoland. Legoland terletak di San Diego utara tepatnya di kota Carlsbad, menyajikan berbagai atraksi untuk anak-anak balita hingga dewasa. Selain itu, legoland juga memiliki wahana permainan air di dalam taman namun bukan kolam renang. Cukup bagus. Anak-anak anda pasti menyukainya. Bagi pemegang paspor tahunan khusus, waterpark legoland akan menjadi gratis bagi anda. Namun di luar itu, anda diharuskan membayar ekstra (selain membayar masuk legoland). Di sisi samping pintu masuk Legoland, terdapat akuarium bertingkat. Akuarium legoland menyajikan tontonan ikan-ikan berbagai rupa. Sama seperti Seaworld, lahan parkir legoland gratis bagi pemegang paspor tahunan saja. Bagi pemilik mobil merek Volvo, anda akan mendapatkan lahan parkir yang dekat dengan pintu masuk.
  10. Oceanside City Beach. Selain indah dan luas juga cocok buat rekreasi gratis keluarga. Untuk lahan parkir, terdapat tempat berbayar atau gratis. Tergantung pilihan. Lokasi pantai ini berada di San Diego utara yang bisa ditempuh dengan kendaraan menggunakan freeway 5 utara jika berangkat dari San Diego. Di sekitar pantai terdapat kios yang menjajakan es lemon maupun panganan lain. Keluar dari pantai pun, terdapat berbagai kafe dan rumah makan.
  11. San Diego Zoo. Seperti kebanyakan kebun binatang lain. SD Zoo juga menyediakan bus safari yang berkeliling seluruh kebun binatang sehingga anda tidak perlu susah payah berjalan kaki mengitari. Anda diwajibkan membayar untuk jasa itu. Selain itu ada juga kereta gantung. Untuk yang satu ini anda juga diwajibkan membayar, tidak begitu mahal. Lahan parkir gratis bagi semua pengunjung (mungkin ada perubahan, saya akan ralat).
  12. Seaport Village. Menyajikan berbagai restoran dan toko-toko yang berharga lumayan merogoh kocek. Letaknya persis di sebelah laut San Diego dan dikelilingi oleh berbagai hotel bintang lima di antaranya Hyatt dan Hilton. Di Hyatt, anda bisa masuk dan langsung naik ke lantai 40 untuk melihat pemandangan kota San Diego dari atas. Untuk parkiran, anda dikenakan tarif berdasarkan waktu atau anda hanya membayar $3 dengan pembelian di toko atau restoran sekitar sana. Bagi anak-anak, terdapat wahana merry go around. Dikenakan biaya per anak per atraksi.Dari Seaport Village, kita bisa melihat jembatan Coronado dan pulau Coronado sebab hanya dipisahkan oleh teluk. Di teluk, banyak sekali kapal melintas, dari kapal patroli polisi hingga kapal wisata.
  13. Seaworld. Terletak di pinggir laut kota San Diego, seaworld San Diego menyajikan berbagai atraksi menarik ikan lumba-lumba, paus, singa laut hingga anjing-burung-kucing pintar. Untuk hiburan anak-anak, seaworld memiliki wahana permainan yang cukup menghibur. Suka kereta gantung? Naik saja, gratis kok dan tentunya di atas bisa melihat pemandangan seaworld berikut pemandangan kota San Diego yang indah. Ada juga tempat bermain game yang berhadiah tiket. Tiket-tiket tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik. Jangan kaget apabila anda diharuskan membeli coin untuk game-game tersebut. Ada juga game kompetisi, di mana pemenang utama mendapatkan boneka dan sejenisnya. Bagi penyuka tokoh Elmo dan kawan-kawan di Sesame Street, seaworld tempat yang tepat. Anda bisa mengantri untuk berfoto dengan 2 tokoh Sesame Street. Tentu saja Seaworld memiliki hewan-hewan koleksi yang dapat difoto seperti aquarium dengan berbagai jenis hewan penghuni laut. Anda juga dapat menyentuh bintang laut secara langsung. Pada hari-hari tertentu seperti halloween atau natal, Seaworld pun berhias dan memanjakan pengunjung sesuai tema hari tersebut. Untuk parkir, khusus bagi pemegang paspor tahunan tidak dikenakan biaya. Lahan parkir cukup luas, namun siap-siap mendapatkan lahan parkir yang jauh dari pintu masuk jika sedang ramai pengunjung.
    Foto milik pribadi
    Lokasi Seaworld, San Diego, CA.
    Diambil pada tahun 2011
  14. Navy Base. Letaknya tidak begitu jauh dari Seaport Village dan persis di pinggir laut. Mungkin sekitar 3-5 menit dengan mobil. Navy base menyediakan museum kapal angkatan laut. Untuk masuk, anda diharuskan membayar. Di dalam museum kapal tersebut terdapat kantin di dok kapal dengan pemandangan sekitar. Jangan lupa untuk berfoto dengan patung sepasang kekasih, yaitu seorang navy dan kekasih hatinya yang sedang berciuman mesra. Juga ada monumen serta patung-patung lain. Tema patung-patung ini tampaknya diambil dari kejadian nyata di mana para prajurit yang terpisah lama dari keluarga kembali berkumpul saat kapal sudah berlabuh di pinggir laut San Diego.
  15. Tijuana Border Factory Outlet. Yang ini khusus bagi wanita atau mereka yang doyan barang-barang bermerek dan tentunya doyan belanja. Baju, tas, dompet, sepatu, sabuk, eletronik dan seterusnya. Menurut pengamatan saya, jika di butik jarang ada diskon atau penawaran khusus maka di sinilah sering menawarkan diskon. Disebut Tijuana border sebab letaknya memang berdekatan dengan perbatasan negara Meksiko tepatnya kota Tijuana. Jadi jangan sampai menyetir kebablasan masuk negara Meksiko ya! Jika tak ada mobil, tak masalah. Bisa ditempuh menggunakan troley tanda biru jurusan Otay Mesa. Dengan $5 berikut kartu bis seharga $2, kita bebas naik turun troley maupun bis selama sehari penuh, alias 24 jam. Kartu bis bisa dibeli di supermarket Albertsons seharga $2.
  16. Wild Animal Park. Mirip dengan taman safari Bogor, kira-kira demikian. Meskipun saya dulu mendapatkan fasilitas tiket tahunan gratis namun saya tidak sempat mengunjunginya. Mungkin suatu hari kelak. Wild Animal Park berada dalam satu manajemen bersama San Diego Zoo. Lokasi terletak di San Diego utara, hampir berdekatan dengan Legoland. Jika dengan kendaraan, ambil highway 15 north (jika berangkat dari San Diego) atau highway 15 south jika berangkat dari Los Angeles atau San Fransisco.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.