Tuesday, July 21, 2020

Mengenang Anggota Kerajaan Eropa Yang Menikah Dengan Wanita Biasa


  1. Pangeran Aage, Count Rosenborg : 52 Tahun. Aage tidak sendiri, dua saudara laki-lakinya yaitu Erik dan Viggo juga menikah dengan wanita dari kalangan biasa. Pada 1 Februari 1914 dan tanpa persetujuan raja Denmark Christian X, Aage menikah dengan Mathilda Calvi. Aage dan Mathilda dikaruniai seorang putra yang diberi nama seperti ayahanda Aage yaitu Valdemar. Aage tidak berusia panjang, ia wafat di usia 52 tahun akibat pembengkakan di paru-paru.
  2. Alexander, Pangeran Battenberg : 65 Tahun. Wanita yang diincar oleh Alexander dulunya adalah pelayan dari adik kandungnya, Marie putri Hesse-Darmstadt. Alexander menikahi Julia Von Hauke di Brasau, Polandia pada tahun 1851. Enam bulan setelah menikah, Julia melahirkan anak pertama yaitu Marie. Tahun-tahun berikutnya, mereka dikarunai lima orang anak laki-laki. Pernikahan Alexander dan Julia melahirkan keturunan pangeran Philip, adipati Edinburgh dan raja Spanyol Felipe.
  3. Alexander Joseph, Pangeran Battenberg : 36 Tahun. Semasa bujang, pria yang akrab disapa Sandro dijodohkan dengan Viktoria, putri Prussia. Perjodohan ini didukung oleh ibunda Viktoria yaitu putri Vicky dan sang nenek, ratu Victoria. Namun kakak sulung Viktoria menolak dengan alasan politik. Sang kakak, Wilhelm, khawatir jika pernikahan mereka akan menyinggung perasaan kaisar Russia Alexander III. Ayah Sandro yang bernama Alexander dahulu kawin lari dengan Julia, pelayan ibunda kaisar Alexander III. Tak lama setelah Wilhelm II menjadi kaisar, Sandro resmi berpisah dari Viktoria. Ia menikah dengan artis Austria Johana Loisinger dan dikaruniai dua orang anak.
  4. Alfred Friedrich, Pangeran Prussia : 89 Tahun. Ia merupakan cucu dari Irene, putri Hesse-Rhine dan Henry, pangeran Prussia. Ayah Alfred adalah pangeran Sigismund. Alfred menikah dengan Maritza Farkas dan tidak dikaruniai anak. 
  5. Andre, Pangeran Bourbon-Parma : 83 Tahun. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ibu Andre adalah putri Denmark, Margaret dan ayahnya adalah pangeran Rene. Kakek buyut Andre adalah raja Denmark, Christian IX. Ia menikah dengan Marina Gacry pada 2 Mei 1960 dan dikaruniai tiga orang anak.
  6. Pangeran August Frederick, Adipati Sussex : 70 Tahun. Ia adalah anak dari raja Inggris, George III. August menikah dua kali. Pernikahan pertama dengan Augusta Murray menggegerkan kerajaan Inggris sebab selain tidak meminta ijin raja George III, Augusta juga bukan berdarah kerajaan. Pernikahan di Roma, Italia pada 4 April 1793 itu digelar secara diam-diam dan dibatalkan secara paksa pada Agustus 1794. Setahun setelah Augusta wafat pada 1830, August menikah lagi dengan wanita biasa bernama Cecilia Underwood. Dari pernikahan ini, August dikaruniai dua orang anak.
  7. Pangeran Bertil, Adipati Halland : 84 Tahun. Bertil mulai menjalin hubungan dengan Lilian Davies sejak tahun 1943. Ia tidak menikahi Lilian secara resmi sebab ia memikirkan keponakannya, Gustav yang baru kehilangan ayah di usia 9 bulan pada tahun 1947. Posisi Gustav kecil menjadi calon raja setelah sang kakek. Apabila sang kakek mendadak mangkat, Gustav kecil membutuhkan pamannya sebagai wali tahta. Gustav memiliki tiga paman, namun yang paling senior sudah kehilangan gelar akibat menikahi wanita biasa. Maka itu Bertil sebagai paman kedua harus menahan diri. Namun pada Desember 1976, sang keponakan meresmikan pernikahan Bertil dengan Lilian. 
  8. Pangeran Carl Gustaf, Adipati Ostergotland : 92 Tahun. Anak bungsu pasangan pangeran Carl dengan putri Ingeborg ini melepas gelarnya saat ia menikahi wanita bernama Elsa von Rosen pada tahun 1937. Namun pernikahan yang dikaruniai seorang putri ini tidak bertahan sebab keduanya bercerai pada tahun 1951. Carl menikah kedua kali dengan Ann Margareta Larrson pada tahun 1954 dan bercerai pada tahun 1961. Pada tahun 1978, Carl menikah terakhir kalinya dengan Kristine Rivelsrud. 
  9. Pangeran Carl Johan, Adipati Dalarna : 95 Tahun. Pada 19 Februari 1946, Carl menikah dengan jurnalis bernama Kerstin. Carl kehilangan gelar dan sebagai gantinya dipanggil Carl Johan Bernadotte, Count Wisborg. Pernikahan ini tidak dikaruniai anak namun Carl dan Kerstin mengadopsi dua anak. Setelah membina biduk rumah tangga selama 41 tahun, Kerstin wafat. Carl menikah lagi dengan Gunilla pada tahun 1988 dan bertahan hingga Carl wafat pada tahun 2002.
  10. Pangeran Charles, Count Flanders : 79 Tahun. Charles adalah anak kedua pasangan raja Albert I dari Belgia dan ratu Elisabeth. Charles ditunjuk sebagai wali raja Belgia pada 20 September 1944 hingga 1950. Kakak Charles yaitu raja Leopold III tidak disukai pemerintah akibat perannya saat Belgia dijajah oleh Jerman. Popularitas Leopold semakin menurun sejak menikah dengan wanita non kerajaan bernama Mary Lilian Baels. Charles menikah dengan Jacqueline Peyrebrune pada 14 September 1977. Usia Charles kala menikah sudah mencapai 73 tahun dan wafat pada tahun 1983. 
  11. Charles Philippe, Pangeran Orleans, Adipati Vendome : 65 Tahun. Charles adalah cucu dari raja Leopold I dari Belgia. Ia menikah dengan Marguerite Watson pada 24 September 1928 di Paris, Perancis. Pernikahan ini tidak dikaruniai anak. 
  12. Pangeran Christian : 70 Tahun. Sebelum keluar aturan 1953 yang memperbolehkan perempuan bertahta, Christian berada di peringkat atas yaitu ketiga setelah ayah, Knud dan kakaknya, Ingolf. Pada 27 Februari 1971, Christian menikahi Anne Dorte Maltoft Nielsen. Ia mengikuti jejak kakak laki-lakinya. Selain tidak meminta persetujuan sang paman, raja Frederick IX untuk menikah, ia juga kehilangan gelarnya dan menjadi Christian, Count Rosenborg. Christian dan Anne dikaruniai tiga orang putri, dua tertua adalah kembar.
  13. Edward, Bekas Raja Inggris Edward VIII, Adipati Windsor : 77 Tahun. Terlahir sebagai anak sulung dari enam bersaudara, tentu pria yang akrab disapa David ini harus meneruskan tahta kerajaan setelah ayahnya mangkat pada Januari 1936. Saat itu Edward sudah beberapa tahun menjalin kasih dengan Wallis Simpson. Kala itu status Wallis adalah janda cerai tanpa anak dari suami pertama, Earl Spencer. Di saat itu juga, Wallis sedang mengurus perceraian dengan suami kedua, Ernest Simpson. Edward tak diperbolehkan menikahi Wallis. Tak mau terperangkap di antara dua pilihan, Edward pun melepaskan tahta sebagai raja setelah bertahta selama 11 bulan. Ia mengungkapkan beratnya menjadi raja tanpa dukungan dari wanita yang ia cintai. Selain Wallis, Edward tidak pernah jatuh cinta pada wanita lain seumur hidupnya. Edward dan Wallis menikah pada tahun 1937 dan mendapat gelar adipati-adipatni Windsor.
  14. Pangeran Erik, Count Rosenborg : 59 Tahun. Erik menikah dengan wanita kelahiran Kanada bernama Lois Frances Booth pada 11 Februari 1924. Erik dan Lois dikaruniai dua orang anak sebelum bercerai pada tahun 1937. Lois menikah lagi namun Erik tetap menduda hingga akhir hayat.
  15. Franz Joseph, Pangeran Schaumburg-Lippe : 63 Tahun. Franz menikah dengan Maria Theresia Peschel pada tahun 1959. Pernikahan ini tidak dikaruniai anak dan bertahan selama empat tahun hingga Franz wafat pada tahun 1963.
  16. Friedrich Franz, Pewaris Adipati Mecklenburg-Schwerin : 91 Tahun. Ibu Friedrich adalah Alexandra, putri Hanover. Jadi ia adalah salah satu cucu putri Denmark, Thyra dan pangeran tahta Hanover, Ernest. Pada 11 Juni 1941, Friedrich menikah dengan Karin Elisabeth von Schaper dan bercerai pada tahun 1967. Sepuluh tahun kemudian, keduanya rujuk dan bertahan hingga Friedrich wafat pada tahun 2001.
  17. Gaetano, Pangeran Bourbon-Dua Sisilia : 67 Tahun. Lahir pada tahun 1917, Gaetano merupakan buyut dari raja Belgia, Leopold I dan cucu dari pangeran Philipp, Count Flanders. Gaetano menikah dengan Olivia Yarrow pada 16 Februari 1946. Gaetano dan Olivia dikaruniai dua anak laki-laki.
  18. Pangeran Lennart, Adipati Smaland : 95 Tahun. Pada 11 Maret 1932, Lennart menikah dengan wanita bukan berdarah kerajaan bernama Karin Nissvandt dan dikaruniai empat orang anak. Pernikahan ini membuat Lennart kehilangan gelar dan dipanggil sebagai Lennart Bernadotte. Pada Desember 1971, Lennart dan Karin bercerai. Setahun kemudian, Lennart menikah lagi dengan Sonja dan dikaruniai lima orang anak. Melalui ibunya Maria Pavlovna, Lennart merupakan cicit dari kaisar Russia, Alexander II. 
  19. Max, Pangeran Schaumburg-Lippe : 75 Tahun. Max menikah dengan Helga Lee Roderbourg pada tahun 1933. Pernikahan ini tidak dikaruniai anak. 
  20. Pangeran Oluf : 67 Tahun. Ia adalah anak bungsu pangeran Harald dan cucu mendiang raja Denmark Frederick VIII. Oluf lahir saat sang kakek sudah tiada. Saat menikah dengan Anne Helene pada 4 Februari 1948, Oluf harus melepaskan gelar dan menjadi Oluf, Count Rosenborg. Oluf dan Anne dikaruniai dua orang anak. Mereka bercerai pada tahun 1977. Lima tahun kemudian, Oluf menikah lagi dengan Lis Wolf Jurgensen namun hanya bertahan setahun tanpa anak.
  21. Pangeran Oscar Bernadotte : 93 Tahun. Oscar jatuh cinta pada Ebba Munck yang merupakan pelayan wanita kakak ipar Oscar, Victoria putri Baden. Niat menikah Oscar tentu menampar keluarganya dan ia diminta untuk berpikir dua tahun. Namun Oscar tetap bersikukuh menikahi wanita religius ini. Mereka mendapat dukungan publik yang mengatakan Ebba menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dengan anggota kerajaan. Pernikahan dilangsungkan pada 15 Maret 1888. Oscar dan Ebba dikaruniai lima orang anak. 
  22. Pangeran Sigvard, Adipati Uppland : 94 Tahun. Sigvard tercatat menikah tiga kali dan semua istrinya berasal dari kalangan non kerajaan. Pertama adalah dengan Erica Maria pada tahun 1934. Pernikahan ini membuatnya kehilangan gelar dan gantinya ia dipanggil Sigvard Bernadotte, Count Wisborg. Sigvard bercerai dari Erica pada tahun 1943. Kedua adalah dengan Sonja Christensen pada tahun 1943 dan dikaruniai seorang putra sebelum bercerai pada tahun 1961. Pernikahan ketiga dengan Marianne Lindberg pada tahun 1961 akan menjadi yang paling lama dan bertahan hingga akhir hayat Sigvard. 
  23. Pangeran Viggo, Count Rosenborg : 76 Tahun. Sama halnya sang kakak yaitu pangeran Aage, pernikahan Viggo dengan Eleanor Margaret Green juga tanpa persetujuan resmi dari raja Denmark Christian X. Eleanor adalah wanita kaya kelahiran New York, Amerika Serikat. Pernikahan ini berlangsung harmonis namun tidak dikaruniai anak. 
  24. Wilhelm Karl, pangeran Prussia : 85 Tahun. Ia adalah cucu dari kaisar Jerman terakhir, Wilhelm II. Wilhelm menikah dengan Armgard von Veltheim pada tahun 1952 dan dikaruniai tiga orang anak. Meski menikahi wanita biasa, namun pada dasarnya tidak berpengaruh sebab kerajaan Prussia sudah tidak lagi berkuasa dan sang kakek sudah tidak menjadi kaisar saat ia lahir.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.