Tuesday, June 30, 2020

PANGERAN KERAJAAN RUSSIA YANG WAFAT DI USIA MUDA

  1. Alexander I, Kaisar Russia : 47 Tahun. Hanya segelintir anggota kerajaan Romanov Russia bisa hidup hingga usia tua. Alexander I merupakan paman dari kaisar Alexander II. Pernikahan Alexander dengan Louise, putri Baden dikaruniai dua orang anak. Namun mereka meninggal saat masih bayi akibat sakit. Karena itu tahta Alexander I turun ke adik kandungnya, Konstantin. 
  2. Alexander III, Kaisar Russia : 49 Tahun. Lahir pada 10 Maret 1845 sebagai anak ketiga dari delapan bersaudara. Pada 1866, Alexander menikah dengan Dagmar, Putri Denmark dan dikaruniai enam orang anak. Pada 17 Oktober 1888, kereta api yang ditumpangi Alexander sekeluarga keluar dari rel dan terbalik. Meski luka dalam, Alexander berusaha mengangkat gerbong kereta agar seluruh keluarganya bisa keluar dan menyelamatkan diri. Luka ini menyebabkan ginjal Alexander bermasalah. Pada 1894, kaisar Alexander III meninggal akibat gagal ginjal stadium akhir. Tahta Alexander III diteruskan oleh anak sulung yaitu Nicholas II.
  3. Alexis, Kaisar Russia : 46 Tahun. Lahir pada 19 Maret 1629. Pernikahan pertama dengan Maria Miloslavskaya berjalan harmonis dan dikaruniai 13 anak. Sayang setelah 21 tahun membina rumah tangga, Miloslavskaya wafat. Dua tahun setelah menduda, Alexis menikah lagi dengan Natalya dan dikaruniai tiga orang anak. 
  4. Dmitri Pavlovich, Adipati Agung Russia : 50 Tahun. Lahir pada 18 September 1891, Dmitri sejak kecil mengidap tuberkulosis. Meski demikian, Dmitri sangat piawai dalam beberapa bidang olah raga di antaranya polo, berkuda dan tenis. Oleh karenanya ketika Dmitri meninggal di usia terbilang muda, banyak spekulasi beredar. Namun sebagian besar percaya bahwa penyakit tbc lah yang merenggut nyawa Dmitri.
  5. Fedor Nikitich Romanoff, Pangeran Russia : 33 Tahun. Lahir pada 1974, Fedor merupakan putra dari Nikita, adipati agung Russia dan juga cucu dari Xenia, Adipati Agung Russia. Ia tewas pada 25 Agustus 2007 setelah terjun diri dari jendela di Pantai Pompano, Floria, Amerika Serikat.
  6. George Alexandrovich, Adipati Agung Russia : 28 Tahun. Lahir pada 9 Mei 1871 dari pasangan Kaisar Russia Alexander III dengan Dagmar, Putri Denmark. Ia juga adik kandung dari Kaisar Russia, Nicholas II. Hal yang menyedihkan adalah seluruh saudara laki-laki George tidak ada satupun yang berusia panjang. Nicholas tewas ditembak, sementara kakak kedua meninggal akibat radang otak di usia 10 bulan. Adiknya yang bernama Michael tewas dibunuh hanya 3 minggu sebelum Nicholas. George sendiri wafat akibat tuberkulosis.
  7. Georgy Konstantinovich, Pangeran Russia : 35 Tahun. Lahir pada 6 Mei 1903, Georgy bersama ibu dan adiknya berhasil meloloskan diri ke Swedia menggunakan kapal laut saat terjadi revolusi Russia 1918. Georgy kemudian menetap di New York, Amerika Serikat dan menjadi desainer interior yang sukses. Sayang hidupnya memang tak panjang. Ia meninggal akibat komplikasi setelah menjalani operasi. 
  8. Michael, Kaisar Russia : 49 Tahun. Lahir pada 22 Juli 1596, Michael menjadi kaisar Russia yang pertama bertahta di bawah wangsa Romanov. 
  9. Michael Alexandrovich, Adipati Agung Russia : 39 Tahun. Ia adalah anak kelima dari enam bersaudara pasangan kaisar Alexander III dan Dagmar. Pada 13 Juni 1918, Michael tewas ditembak bersama sekretaris pribadinya, Nicholas Johnson. Jasad Michael dan Nicholas belum ditemukan hingga kini.
  10. Michael Mihailovich, Pangeran Russia : 41 Tahun. Lahir pada 31 Juli 1959, Michael merupakan putra semata wayang pasangan Michael Feodorovich dengan Helga. Michael merupakan cicit dari kaisar Russia, Alexander III. 
  11. Nicholas II, Kaisar Russia : 50 Tahun. Lahir pada 18 Mei 1968 sebagai anak sulung dari enam bersaudara. Nicholas tewas ditembak bersama kelima anak, istri dan empat pegawainya di rumah Ipatiev, Ekaterinburg pada 17 Juli 1918. Adik kandung Nicholas juga tewas ditembak mati pada 13 Juni 1918. Mereka adalah korban dari aksi fraksi Bolsheviks pimpinan Vladimir Lenin.
  12. Nicholas Alexandrovich, Adipati Agung Russia : 21 Tahun. Lahir pada 20 September 1843, Nicholas menjadi putra pertama sehingga ia menjadi calon pewaris kekaisaran Russia setelah sang ayah, Alexander II. Pada usia 20 tahun, Nicholas bertunangan dengan Dagmar, Putri Denmark. Sayang setahun kemudian ia wafat akibat radang otak. 
  13. Paul I , Kaisar Russia : 46 Tahun. Paul lahir pada 1 Oktober 1754. Ia menikah dua kali. Istri pertama bernama Wilhelmina, putri Darmstadt, wafat setelah melahirkan. Bayi laki-laki yang dilahirkan juga sudah tak bernyawa. Paul kemudian menikah lagi dengan Sophie dan dikaruniai sembilan orang anak.
  14. Peter II, Kaisar Russia : 14 Tahun. Lahir pada 23 Oktober 1715 sebagai anak bungsu dari dua bersaudaara. Ia menjadi kaisar Russia saat baru berusia 12 tahun. Tragisnya, kakak semata wayang Peter yang bernama Natalya Alexeyevna juga wafat di usia persis dirinya, 14 tahun. Ibunda Peter bernama Charlotte, wafat di usia 21 tahun akibat komplikasi setelah melahirkan Peter. Tiga tahun kemudian, ayah Peter wafat pada tahun 1718 di usia 28 tahun. Ini menjadikan Peter dan Natalya yatim piatu saat masih kecil. Dengan wafatnya Peter dan Natalya, maka keluarga inti mereka sudah lenyap.
  15. Peter III, Kaisar Russia : 34 Tahun. Peter lahir di Kiel, Jerman pada 21 Februari 1728 dengan nama Charles Peter Ulrich. Ia menikah dengan Sophie (Catherine, Permaisuri Russia) dan dikaruniai seorang putra bernama Paul. Peter bertahta sejak Januari 1762 namun hanya berlangsung setengah tahun sebab kemudian ia ditangkap dan dipaksa turun dari tahta. Pada bulan yang sama, Peter wafat. Banyak yang berspekulasi bahwa ia dibunuh meski pernyataan resmi menyebut ia terkena mulas akibat wasir.
  16. Sergei Alexandrovich, Adipati Agung Russia : 47 Tahun. Lahir pada 11 Mei 1857, Sergei merupakan adik kandung kaisar Russia, Alexander III dan juga suami dari Elisabeth, Putri Hesse-Rhine. Ia tewas termutilasi pada Februari 1905 akibat dilempar bom saat hampir sampai di depan kediamannya.
  17. Sergei Mikhailovich, Adipati Agung Russia : 48 Tahun. Lahir pada 7 Oktober 1869, Sergei merupakan salah satu anggota kerajaan yang tewas dibunuh pada masa Revolusi Russia. Semasa hidup, Sergei berhubungan dengan Mathilde, seorang balerina Russia. Namun kemudian Mathilde jatuh cinta kepada keponakan Sergei yaitu Andrei. Sergei juga menjalin hubungan dengan Barbara dan dikaruniai seorang putra bernama Alexander.
  18. Vladimir Paley, Pangeran Russia : 21 Tahun. Lahir pada 9 Januari 1897 di St Petersburg, Russia. Vladimir dibesarkan di Paris, Perancis. Pada masa revolusi Russia, Vladimir beserta beberapa anggota keluarga kerajaan lain dibunuh. Ibunda Vladimir hanya sempat menyelamatkan kedua adik perempuan Vladimir. Sementara ayah Vladimir, kakak tiri laki-laki, para sepupu termasuk Kaisar Russia Nicholas II bersama seluruh keluarga ikut terbunuh. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.