Thursday, June 11, 2020

Anggota Kerajaan Eropa Yang Memiliki Anak Di Luar Pernikahan Sah


  1. Albert II, Bekas Raja Belgia. Albert menjadi raja Belgia sepeninggal sang kakak, raja Baudouin, pada 1993. Albert menikah dengan Donna pada tahun 1959 dan dikaruniai tiga orang anak yaitu Philippe, Astrid dan Laurent. Pada tahun 2013, Albert turun tahta dan digantikan oleh putra sulungnya, Philippe. Saat terikat pernikahan, Albert menjalin hubungan dengan Sybille selama 18 tahun hingga lahir anak perempuan bernama Delphine Boel pada tahun 1967. Keabsahan Delphine sebagai anak kandung Albert baru diketahui setelah hasil tes DNA keluar pada 27 Januari 2020. Saat ia menjadi raja, Albert memiliki imunitas hukum sehingga tes DNA tidak dapat dilakukan. Setelah ia turun tahta, barulah dapat dilaksanakan. Tes DNA itu semula enggan dilakukan oleh Albert. Namun pada 16 Mei 2019, pengadilan Belgia memutuskan akan memberi denda Euro 5000 per hari sampai ia menyetujui. Pada 29 Mei 2019, Albert pun melakukan tes DNA.
  2. Albert II, Pangeran Monako. Sama seperti William IV, pangeran Albert juga memiliki dua anak sebelum ia menikah resmi dengan Charlene pada 2011 silam. Anak pertama adalah seorang perempuan bernama Jazmin yang lahir pada tahun 1992. Setelah tes DNA membuktikan bahwa Albert adalah ayah kandung Jazmin. Ibu Jazmin adalah Tamara, wanita Amerika yang dahulu berprofesi sebagai pramusaji. Jazmin baru bertemu ayahnya saat ia berusia 11 tahun. Anak Albert yang lain adalah Alexandre yang lahir pada tahun 2003.  Ibu Alexandre adalah Nicole, wanita yang dahulu bekerja sebagai pramugari. Dari pernikahan resminya dengan Charlene, Albert dikaruniai sepasang kembar putra dan putri.
  3. Pangeran Amedeo, Adipati Aosta. Melalui ibunda yaitu putri Irene, Amedeo adalah keturunan dari ratu Victoria dan juga raja Christian IX. Pernikahan pertama Amedeo dengan Claude, putri Orleans dikaruniai tiga orang anak. Lima tahun setelah bercerai, Amedeo menikah lagi dengan Silvia. Amedeo dan Silvia tidak dikaruniai anak. Pada 19 Maret 2006, lahir anak perempuan hasil hubungan Amedeo dengan seorang wanita bernama Kyara. Anak yang diberi nama Ginevra itu berkebutuhan khusus. Setelah menjalani tes DNA, pada Agustus 2006 Amedeo secara resmi mengakui Ginevra sebagai anak.
  4. Alfonso XIII, Raja Spanyol : 54 Tahun. Hidup tak lama namun penuh dengan warna perselingkuhan. Alfonso menikah dengan Victoria Eugenia pada 31 Mei 1906 dan dikaruniai tujuh orang anak. Eugenia merupakan cucu ratu Victoria dan anak perempuan satu-satunya putri Beatrice. Setahun sebelum menikah, Alfonso memiliki seorang anak bernama Roger Marie hasil hubungannya dengan bangsawan Perancis bernama Melanie. Setelah menikah, Alfonso diduga memiliki lima anak lain dari lima wanita yang berbeda. Pada 15 Januari 1941, Alfonso mundur dari tahta dan menyerahkan kepada anak lelakinya yaitu Juan. Sebulan lebih kemudian, Alfonso wafat. Eugenia wafat pada tahun 1969. 
  5. Anastasia Mikhailovna : 61 Tahun. Anastasia dilahirkan sebagai anak kedua dari tujuh bersaudara. Cucu dari Nicholas I, Kaisar Russia ini merupakan satu-satunya perempuan. Ia menikah dengan Frederick Francis III, Adipati Agung Mecklenburg-Schwerin. Ia dan Frederick dikaruniai tiga orang anak yaitu dua putri dan seorang putra. Kedua putri Anastasia menikah dengan anggota kerajaan penting di Eropa. Putri pertama yaitu Alexandrine, menjadi ratu Denmark pada 1912 berkat pernikahannya dengan Christian X. Putri bungsu yaitu Cecilie, menikah dengan pangeran tahta Jerman bernama Wilhelm. Anastasia menjadi janda muda di usia 36 tahun setelah Frederick wafat. Kemudian Anastasia berhubungan dengan sekretaris pribadinya, Vladimir, hingga dikaruniai seorang putra bernama Alexis.
  6. Bernhard, Pangeran Lippe-Biesterfeld : 93 Tahun. Bernhard menikah dengan Juliana, putri Belanda (ratu Belanda pada 1948) pada tanggal 7 Januari 1937. Bernhard adalah pilihan ibunda Juliana yaitu ratu Wilhelmina. Juliana merupakan anak semata wayang. Bernhard dan Juliana dikaruniai empat orang putri yaitu Beatrix, Irene, Margriet dan Christina. Pada 1952, lahir anak perempuan Bernhard bernama Alicia. Ibunda Alicia tidak pernah diungkap. Lalu pada 1967, lahir lagi anak hasil hubungan Bernhard dengan Helene yang diberi nama Alexia. Helene merupakan sosialita dan model. Status Alicia dan Alexia disahkan setelah Bernhard meninggal dunia pada Desember 2004.
  7. Pangeran Edward, Adipati Kent dan Strathean : 52 Tahun.Satu lagi putra raja Inggris George III yang memiliki anak di luar pernikahan. Pada 1789 lahir seorang anak perempuan Edward hasil hubungannya dengan Adelaide Dubus. Anak itu diberi nama Adelaide Victoria Augusta Dubus yang hidup hingga tahun 1832. Ibunda Adelaide meninggal setelah melahirkan. Pada tahun yang sama, lahir seorang anak laki-laki dari wanita idaman lain Edward. Wanita bernama Anne More itu melahirkan putra bernama Edward Schenker Scheener. Edward Schenker hidup hingga tahun 1853. Di usia 50 tahun, Edward mendapat perintah dari kakak sulungnya untuk menikah secara resmi. Ia kemudian menikahi seorang janda asal Jerman bernama Victoria. Pada 24 Mei 1819, Edward dan Victoria dikaruniai seorang anak perempuan yang kelak menjadi ratu Victoria. Saat Victoria baru berusia 8 bulan, Edward meninggal dunia akibat radang paru.
  8. Georg Timo Michael, Pangeran Saksoni : 68 Tahun. Georg menikah sebanyak tiga kali. Pada pernikahan pertama, istri Georg wafat di usia muda. Pernikahan kedua berakhir dengan perceraian. Saat masih bujangan, Georg memiliki seorang anak bernama Hubertus, hasil hubungannya dengan Erika Montanus. Hubertus lahir pada 25 Mei 1950. Georg wafat pada tahun 1982.
  9. George I, Raja Inggris : 67 Tahun. Ia menikah dengan sepupunya sendiri yaitu Sophia Dorothea, Putri Celle pada 22 November 1682 dan dikaruniai dua orang anak. Putra sulung menjadi raja George II. George dan Sophia bercerai pada tahun 1694. George kemudian memiliki selir bernama Melusine dan dikaruniai tiga anak di luar pernikahan. Tiga anak George dan Melusine adalah Louise Sophia, Melusina dan Margaret.
  10. Gonzalo, Adipati Aquitaine : 62 Tahun. Ia adalah kakak kandung raja Spanyol Juan. Gonzalo memiliki seorang putri bernama Stephanie Michelle hasil hubungannya dengan Sandra Lee Landry. Anak perempuan yang lahir di Miami, Florida pada tahun 1968 ini diakui oleh Gonzalo. Gonzalo memulai pernikahan sah pada tahun 1983. Dua pernikahan pertama Gonzalo berakhir dengan perceraian. Pernikahan terakhir adalah dengan Emanuela Maria pada tahun 1992 bertahan hingga Gonzalo wafat pada tahun 2000 silam. Dari ketiga pernikahan, Gonzalo tidak dikaruniai anak.
  11. Raja Henry VIII : 55 Tahun. Sejatinya Henry memiliki banyak anak di luar pernikahan. Namun hanya satu anak yang ia akui dan dicatat sejarah. Ia adalah Henry FitzRoy, Adipati Richmond dan Somerset. Adipati Henry lahir pada 15 Juni 1519 dari rahim selir bernama Elizabeth Blount alias Bessie. Saat itu, Henry masih terikat pernikahan dengan Catherine Aragon. Bahkan kelahiran adipati Henry hampir bersamaan dengan kelahiran anak terakhir Catherine. Untuk menghindari skandal, Bessie dipindahkan ke kota Essex. Jika selama hidup tidak dikaruniai anak laki-laki sah, maka raja Henry hendak menyiapkan adipati Henry untuk menjadi penerus tahta. Namun adipati Henry tidak hidup lama. Ia meninggal pada 1536 akibat tuberkulosis.
  12. Ines, Putri Bourbon-Parma : 29 Tahun. Ines adalah buyut dari raja Denmark Christian IX. Melalui sang kakek, Ines juga memiliki pertalian darah dengan Raja Perancis Louis XVI yang dieksekusi pada 1793. Ines memiliki seorang anak perempuan bernama Marie Melodie yang lahir pada 4 Juni 1977. Saat Marie baru berusia empat tahun, Ines meninggal dunia. Pada 20 November 1981, Marie diadopsi secara resmi oleh sang kakek, pangeran Michel. Sang kakek juga memiliki seorang putri yang lahir di luar pernikahan yaitu Amelie. Uniknya Amelie dan Marie memiliki usia yang hampir sama sebab Amelie lahir hanya tiga bulan sebelum Marie.
  13. Irina Paley, Putri Russia : 86 Tahun. Irina pertama kali menikah dengan Feodor Alexandrovich, pangeran Russia pada Maret 1923 di Paris. Setahun kemudian, Irina dan Feodor dikaruniai seorang putra. Meski masih terikat pernikahan, namun Feodor dan Irina mulai hidup terpisah sejak tahun 1930. Irina kemudian menjalin hubungan dengan Hubert sehingga dikaruniai anak perempuan bernama Irene Romanov pada 1934. Dua tahun kemudian, Irina bercerai dari Feodor. Seiring bertambah usia, Feodor sakit-sakitan dan tidak bisa kerja. Biaya pengobatan Feodor ditanggung oleh kakak perempuan dan juga mantan istrinya, Irina.
  14. Joseph, Adipati Austria : 70 Tahun. Joseph yang malang. Istri pertama yaitu Alexandra wafat tak lama setelah melahirkan bayi perempuan yang hanya hidup sebentar. Ia kemudian menduda selama 16 tahun. Selama masa menduda ini, Joseph berhubungan dengan seorang wanita dan dikaruniai seorang putra bernama Gavio Clutos yang lahir pada 2 Maret 1810. Pada 1815, Joseph menikah lagi dengan Hermine. Lagi-lagi sang istri wafat di usia muda setelah melahirkan anak kembar. Pada tahun 1819, Joseph menikah terakhir kali dengan Maria Dorothea dan dikaruniai lima orang anak. Joseph wafat pada tahun 1847.
  15. Konstantin Nikolayevich : 64 Tahun. Konstantin merupakan kakek buyut pangeran Charles, adipati Cornwall. Ia menikah dengan Alexandra, putri Saks Altenburg pada 1848 dan dikaruniai enam orang anak. Kemudian Konstantin memiliki wanita idaman lain bernama Anna. Dari Anna, Konstantin dikaruniai lima orang anak yaitu Sergey, Marina, Anna, Izmail dan Lev. Sergey, Izmail dan Lev meninggal saat masih anak-anak. 
  16. Marie, Adipatni Mecklenburg-Strelitz : 70 Tahun. Pada 1898, Marie melahirkan seorang putri hasil hubungannya dengan Hecht, pegawai istana yang sudah beristri. Saudara jauh Marie seperti George (raja George V) dan Wilhelm (kaisar Jerman) menduga Hecht menghipnotis Marie. Sementara ratu Inggris Victoria yakin Marie diberi obat tidur. Putri Marie kemudian diasuh oleh neneknya, Augusta, Adipatni Agung Mecklenburg-Strelitz. Pernikahan pertama Marie pada 22 Juni 1899 adalah dengan George Jametel. Marie dan George dikaruniai dua orang anak. Marie bercerai dari George pada tahun 1908 disebabkan George yang doyan berselingkuh. Marie juga yakin bahwa George menikahi dirinya hanya demi uang. Adik bungsu Marie bernama Karl Borwin mengajak George duel demi membela kehormatan sang kakak. Sayang sekali, Karl tewas dalam duel. Pernikahan kedua Marie adalah dengan Julius Ernst, Pangeran Lippe dan dikaruniai dua orang anak. 
  17. Michel, Pangeran Bourbon-Parma : 92 Tahun. Saat Michel berpisah resmi dari istrinya, putri Yolande, Michel berhubungan dengan seorang wanita bernama Laure. Hubungan ini menghasilkan seorang putri bernama Amelie yang lahir pada 13 Maret 1977. Namun pada tahun 1983, Michel kembali rujuk dengan Yolande. Amelie diadopsi resmi oleh Michel pada tahun 1997. Dua tahun kemudian, Michel resmi bercerai dari Yolande. Pada tahun 2003, Michel menikah terakhir kali dengan janda empat anak yaitu putri Maria Pia.
  18. Nicholas Constantinovich : 67 Tahun. Cucu kaisar Russia Nicholas I ini menikah dengan Nadezhda pada tahun 1882 dan dikaruniai dua orang anak. Sebelum menikah resmi, Nicholas menjalin hubungan dengan Alexandra Abasa dan dikaruniai dua orang anak yang diberi nama Nicholas dan Olga.
  19. Nicholas Nikolaevich, Adipati Agung Russia : 59 Tahun. Ada dua nama Nicholas Nikolaevich dan kebetulan mereka adalah ayah dan anak. Nicholas yang dibahas di sini adalah sang ayah. Adik kandung Alexander II, Kaisar Russia ini menikah dengan Alexandra Petrovna, Adipatni Agung Russia dan dikaruniai dua orang anak. Selama terikat pernikahan, Nicholas menjalin hubungan dengan penari bernama Catherine Crislova. Hubungan ini cukup terbuka dan berlangsung hingga Nicholas wafat. Nicholas dan Catherine dikaruniai lima orang anak yaitu Olga, Vladimir, Catherine, Nicholas dan Galina.
  20. Otto, Adipati Austria : 41 Tahun. Otto lahir pada 21 April 1865. Di bawah tekanan kerajaan Austria, Otto menikah dengan Maria Josepha, Putri Saksoni pada 1886. Pernikahan sah Otto menghasilkan dua orang putra yaitu Carl dan Maximilian. Anak sulung Otto menjadi kaisar Austria terakhir yang digulingkan. Selama pernikahan, Otto  berselingkuh dengan Marie Schleinzer hingga menghasilkan dua anak yaitu Alfred dan Hildegard. Dari Alfred, Otto memiliki seorang cucu perempuan bernama Isabel del Puerto yang meniti karir sebagai seorang artis.
  21. Philippe, Adipati Orleans : 57 Tahun. Philippe dan Dorothea menikah pada 5 November 1896 di Vienna, Austria. Tujuh tahun sebelum menikah, Philippe menjalin hubungan dengan Nina. Nina adalah seorang artis yang bekerja di kasino di Lausanne, Swiss. Hubungan ini dikaruniai seorang putra yang diberi nama Philippe Dabien.
  22. Thyra, Putri Denmark : 79 Tahun. Thyra adalah putri ketiga anak kelima Christian (raja Denmark Christian IX) dan Louise. Thyra jatuh cinta pada seorang perwira bernama Vilhelm. Hubungan Thyra menghasilkan seorang putri yang lahir pada tahun 1871. Anak perempuan yang diberi nama Maria itu diadopsi oleh keluarga Denmark. Nama Maria diganti menjadi Kate. Vilhelm tidak pernah lagi bisa menemui Thyra maupun Maria dan kemudian bunuh diri. Kate menikah dan hidup hingga tahun 1964. Pada 21 Desember 1878, Thyra menikah dengan Ernest Augustus, Pangeran Tahta Hanover. Keduanya dikaruniai enam orang anak. Thyra dan Ernest memiliki kehidupan pernikahan yang cukup hangat dan bahagia. 
  23. William IV, Raja Inggris : 71 Tahun. Jauh sebelum William menjadi raja dan menikah secara sah dengan Adelaide, Putri Saks Meiningen, William sudah berhubungan dengan artis bernama Dorothea Jordan. Hubungan yang dimulai sejak 1791 ini menghasilkan sepuluh anak. Hampir seluruh anak William diberi nama seperti nama saudara kandung William dan ditambah nama belakang FitzClarence. Pada 1811, hubungan William dan Dorothea berakhir. William kemudian diperintah oleh kakak sulungnya, George, untuk menikah. Pilihan jatuh ke putri Jerman. William dan Adelaide dikaruniai dua orang putri namun keduanya meninggal saat masih bayi. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.