Saturday, June 13, 2020

Pangeran Kerajaan Dunia Yang Menikah Dengan Janda


  1. Afonso, Adipati Porto : 54 Tahun. Adipati ini seorang pria yang baik namun hidupnya agak berliku. Kakak semata wayang Afonso tewas dibunuh bersama keponakan sulungnya pada tahun 1908. Keponakan kedua selamat meski tertembak di bagian lengan. Keinginan Afonso untuk menikahi Nevada Stoody Hayes mendapat hambatan. Pertama karena Nevada bukan berdarah kerajaan, kedua tentu karena Nevada adalah janda cerai satu anak dan juga janda mati. Nevada bercerai dari suami pertama dan ketiga. Suami kedua Nevada meninggal saat baru menikah selama setahun. Afonso dan Nevada menikah pada 26 September 1917. Pernikahan ini tidak pernah diakui dan Nevada tidak pernah diterima. Di sisi lain, Portugal bukan lagi berbentuk kerajaan sejak tahun 1910. Keponakan Afonso yaitu raja Manuel II sudah digulingkan dan pindah ke Inggris. Pernikahan Afonso dan Nevada berlangsung tiga tahun. Afonso wafat pada tahun 1920.
  2. Bertil, Adipati Halland : 84 Tahun.  Bertil adalah anak keempat raja Swedia, Gustav VI Adolf. Sama seperti sang kakak, Bertil menikah dengan seorang wanita berstatus janda bernama Lilian Davies. Wanita kelahiran Inggris ini pernah menikah dengan aktor Inggris bernama Walter Ivan Craig pada 1940. Bertil bertemu Lilian pertama kali pada tahun 1943 di pesta ulang tahun Lilian yang ke-28. Keduanya jatuh cinta dan menjadi sepasang kekasih. Saat itu Lilian masih bersuamikan Walter. Seusai Perang Dunia II pada 1945, Walter mengungkap niatnya menikahi wanita lain. Bak gayung bersambut, Lilian pun menerima. Meski hidup bersama, Bertil memutuskan tak menikahi Lilian disebabkan alasan yang dirasa penting. Kakak sulung Bertil tewas akibat kecelakaan pesawat pada tahun 1947, menjadikan keponakan laki-lakinya Carl Gustaf sebagai penerus tahta setelah Gustav VI Adolf. Saat itu Carl Gustaf masih berusia kurang dari 12 bulan sehingga kemungkinan Bertil setiap saat bisa menjadi wali bagi Carl kecil. Kakak Bertil yang bernama Sigvard sudah melepaskan gelar kerajaannya untuk menikahi wanita biasa. Namun Bertil tidak pernah menjadi wali bagi Carl sebab Gustav VI Adolf wafat pada tahun 1973 dalam usia 90 tahun. Pada tahun itu, Carl sudah berusia 26 tahun. Enam bulan setelah menikah pada Juni 1976, Carl mengesahkan pernikahan sang paman tercinta, Bertil dengan Lilian.
  3. Charles, Pangeran Wales. Masyarakat dunia tentu mengetahui kisah hidup sang pangeran. Charles sudah mengenal Camila sejak tahun 70 an. Charles berniat menikahi Camila. Entah mengapa, Camilla justru menikah dengan Andrew Parker Bowles dan dikaruniai dua anak. Andrew bukanlah pria asing bagi Charles sekeluarga. Andrew pernah menjalin kasih dengan adik Charles, putri Anne. Andrew juga menjadi salah satu pengawal berkuda kereta pengantin Charles dan Diana pada tahun 1981. Andrew dan Camilla bercerai pada tahun 1995. Sementara Charles dan Diana bercerai pada tahun 1996. Pada 9 April 2005, Charles menikahi Camilla di kapel St George, kastil Windsor.
  4. Christopher, Pangeran Yunani dan Denmark : 51 Tahun. Ayah Christopher adalah George I, raja Yunani dan Denmark. Namun ia dilahirkan di negara kelahiran ibunya di Russia. Christopher merupakan paman termuda Philip, pangeran Edinburgh. Pada tahun baru 1920, Christopher menikah dengan janda kaya warga Amerika Serikat bernama Nonie May Stewart. Status Nonie adalah dua kali menjanda. Pernikahan Nonie dan suami pertama berakhir dengan perceraian pada 1899. Pernikahan kedua Nonie adalah dengan pengusaha konglomerat bernama William Leeds dan dikaruniai seorang putra bernama William Leeds, Jr. Sayang pernikahan kedua ini berlangsung singkat sebab William meninggal pada 1908. Nonie mendapat warisan sangat besar dari William. Saat menikah ketiga kali dengan Christopher, Nonie mendapat gelar putri kerajaan dan menjadi putri Anastasia. Tak lama setelah menikah, putri Anastasia terserang kanker dan meninggal pada Agustus 1923. Christopher menikah lagi pada 1929 dengan Francoise, Putri Orleans. Setelah menikah selama satu dekade, Christopher dan Francoise dikaruniai seorang putra bernama Michael. Namun Christopher hanya menjadi ayah selama setahun sebelum meninggal dunia di usia relatif muda, 51 tahun. William Leeds Jr menikah dengan keponakan Christopher yaitu Xenia Georgievna dan dikaruniai seorang putri.
  5. Edward, Adipati Kent dan Strathean : 52 Tahun. Setelah mendapat perintah dari kakak sulung yang bernama George, Edward meninggalkan wanita idamannya dan menikah dengan Victoria, putri Saks Coburg-Saalfeld pada 29 Mei 1818 di Coburg, Jerman. Kemudian dilanjutkan lagi pada 11 Juli 1818 di Surrey, Inggris. Status Victoria adalah janda dua orang anak. Suami pertama Victoria bernama Emich Carl, Pangeran Leinengen Kedua, telah meninggal pada tahun 1814. Pada 24 Mei 1819, Edward dan Victoria dikaruniai seorang putri. Saat Victoria baru berusia delapan bulan, pangeran Edward meninggal akibat radang paru. Oleh karena kerajaan Inggris tidak menganut hukum Salic, maka Victoria menjadi pewaris tahta kerajaan Inggris namun bukan kerajaan Hanover. Pada tahun 1837, paman Victoria yang juga raja William IV mangkat dan Victoria meneruskan menjadi ratu Victoria. Sementara paman Victoria yang bernama Ernest Augustus menjadi raja Hanover.
  6. Edward, Bekas Raja Inggris Edward VIII : 77 Tahun. Terlahir sebagai anak sulung dari enam bersaudara, tentu pria yang akrab disapa David ini harus meneruskan tahta kerajaan setelah ayahnya mangkat pada Januari 1936. Saat itu Edward sudah beberapa tahun menjalin kasih dengan Wallis Simpson. Kala itu status Wallis adalah janda cerai tanpa anak dari suami pertama, Earl Spencer. Di saat itu juga, Wallis sedang mengurus perceraian dengan suami kedua, Ernest Simpson. Edward tak diperbolehkan menikahi Wallis. Tak mau terperangkap di antara dua pilihan, Edward pun melepaskan tahta sebagai raja setelah bertahta selama 11 bulan. Ia mengungkapkan beratnya menjadi raja tanpa dukungan dari wanita yang ia cintai. Selain Wallis, Edward tidak pernah jatuh cinta pada wanita lain seumur hidupnya. Edward dan Wallis menikah pada tahun 1937 dan mendapat gelar adipati-adipatni Windsor.
  7. Ernest August, Pangeran Hanover. Pernikahan pertama Ernest dengan Chantal terjadi pada 30 Agustus 1981. Chantal berasal dari kalangan non-kerajaan. Ernest dan Chantal dikaruniai dua orang anak. Mereka bercerai pada Oktober 1997. Pada 23 Januari 1999, Ernest menikah secara sipil dengan Caroline, putri Monako. Pernikahan Ernest dan Caroline menghasilkan seorang putri. Status Caroline saat dinikahi adalah janda tiga orang anak. Caroline menjanda sebanyak dua kali. Pernikahan pertama Caroline dengan Philippe Junot hanya berlangsung dua tahun tanpa dikaruniai anak. Pernikahan kedua Caroline dengan Stefano Casiraghi pada 1983 dikaruniai tiga orang anak. Pada tahun 1990, Stefano tewas saat balapan perahu motor. 
  8. Ernest Augustus, Raja Hanover : 80 Tahun. Seandainya saja hukum Salic berlaku di Inggris, maka Ernest Augustus lah yang akan menjadi raja menggantikan sang kakak, raja William IV. Ernest menjadi anak lelaki tertua yang masih hidup. Dari semua kakak lelaki Ernest, hanya pangeran Edward yang memiliki anak yaitu Victoria. Anak semata wayang Ernest lahir hanya tiga hari setelah kelahiran ratu Victoria. Ernest menjadi raja Hanover pada 20 Juni 1837. Hanover mengikuti hukum semi-Salic. Pada 29 Mei 1815, Ernest menikah dengan sepupunya Frederica Putri Mecklenburg-Strelitz. Ibu Ernest adalah adik kandung dari ayah Frederica. Namun ibunda Ernest (ratu Charlotte) tak menyetujui pernikahan ini sehingga ia menolak bertemu dengan Frederica. Meski demikian, pernikahan Ernest dan Frederica berlangsung bahagia. Bagi Ernest, itu adalah pernikahan pertama sekaligus terakhir. Bagi Frederica, pernikahan dengan Ernest adalah yang ketiga.
  9. Eugen, Pangeran Bavaria : 71 Tahun. Pada 16 November 1970, Eugen menikah dengan Helene, janda dengan satu anak. Helene sebelumnya menikah dengan Konstantin, Pangeran Bavaria. Konstantin tewas akibat kecelakaan pesawat di Jerman pada pertengahan 1969. Konstantin dan Helene dikaruniai seorang anak perempuan bernama Ysabel. Sementara pernikahan Eugen dengan Helene tidak dikaruniai anak.
  10. Felipe IV, Raja Spanyol. Pada 22 Mei 2004 di Madrid, Spanyol, Felipe mempersunting Letizia. Letizia merupakan seorang jurnalis televisi yang berstatus janda cerai tanpa anak. Letizia pernah menikah dengan Alonzo Guerrero Perez pada 1998 namun hanya bertahan selama setahun. Pernikahan pertama Letizia hanya dicatatkan secara sipil dan bukan secara agama. Maka itu, gereja Katolik tidak perlu membatalkan pernikahan pertama Letizia demi menikah dengan Felipe. Felipe dan Letizia dikaruniai dua orang putri.
  11. Ferdinand II, Raja Portugal : 69 Tahun. Semasa hidupnya, Ferdinand menikah dua kali. Pertama adalah dengan Maria II, ratu Portugal yang berstatus janda tanpa anak. Maria pernah menikah dengan Auguste pada 26 Januari 1835 namun hanya berlangsung dua bulan. Auguste jatuh sakit dan wafat. Setahun kemudian, Maria dinikahi oleh Ferdinand dan dikaruniai sebelas anak. Tepat di hari kelahiran anak sulung bernama Pedro pada 16 September 1837, Ferdinand mendapat tahta sebagai raja. Sayang Maria hidup sangat singkat sebab ia wafat di usia 34 tahun saat melahirkan anak terakhir pada 15 November 1853. Pada 1869, Ferdinand menikah lagi dengan Elise tanpa dikaruniai anak.
  12. Friedrich Christian, Pangeran Schaumburg-Lippe : 77 Tahun. Semasa hidup, si pangeran menikah sebanyak tiga kali. Pertama ia menikah dengan Alexandra pada 27 September 1927 dan dikaruniai tiga orang anak. Alexandra meninggal dunia pada 1961. Setahun kemudian, Friedrich menikah dengan seorang putri berstatus janda beranak, yaitu Marie Louise, putri Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glucksburg. Setelah menikah selama tujuh tahun, Marie meninggal dunia. Friedrich menikah terakhir kali dengan Helene pada 1971 dan berlangsung hingga Friedrich wafat pada tahun 1983.
  13. George William, Pangeran Hanover : 90 Tahun. Meski istri pilihan George adalah seorang janda lima orang anak, namun pernikahan itu menjadi yang pertama dan terakhir baginya. Pada 23 April 1946, George menikah dengan Sophie, Putri Yunani dan Denmark. Sophie adalah kakak termuda pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Suami pertama Sophie yaitu Christoph, pangeran Hesse tewas akibat kecelakaan pesawat pada 1943. Pernikahan George dengan Sophie dikaruniai tiga orang anak dan bertahan hingga 54 tahun. Sophie meninggal pada tahun 2001 dan George meninggal pada tahun 2006.
  14. Haakon, Pangeran Tahta Norwegia. Kisah Cinderella dipercaya hanya dongeng indah belaka. Namun kisah istri Haakon bernama Mette-Marit ini bisa dibilang sedikit mirip. Kedua orang tua Mette-Marit sudah lama bercerai. Ayah dan ibu Matte-Marit masing-masing telah menikah kembali. Mette-Marit menyelesaikan SMA dua kali lipat lebih lama daripada murid normal lain. Ia kemudian bekerja sebagai pramusaji di Oslo, ibukota Norwegia. Mette-Marit menjalin hubungan dengan seorang kriminal. Hubungan ini menghasilkan seorang putra yang lahir pada tahun 1997. Seolah takdir menentukan, terjadi pertemuan ia dengan Haakon di pesta kebun festival Quart pada tahun 1999. Saat pertunangan diumumkan, publik dan media bereaksi negatif. Mereka mempermasalahkan masa lalu Mette-Marit yang dianggap kelam. Namun Haakon merasa mantap dengan wanita pilihannya. Mereka menikah di katedral Oslo pada 25 Agustus 2001. Setelah menikah Mette-Marit diberi gelar Yang Mulia, Putri Tahta Norwegia. Pernikahan keduanya dikaruniai dua orang anak. Hidup adalah misteri. Hari ini berada di tempat terpuruk, siapa sangka esok berada di tempat nan indah.
  15. Pangeran Harry. Putra bungsu putri Diana ini menikah dengan Meghan Markle pada 19 Mei 2018 di kapel St George, kastil Windsor. Meghan lahir di Amerika Serikat pada tahun 1981. Profesi Meghan saat menikah adalah artis. Meghan berusia tiga tahun di atas Harry. Ia pernah menikah dengan produser film Trevor Engelson pada 2011 dan bercerai pada 2013 tanpa dikaruniai anak. Pada 6 Mei 2019, pernikahan Harry dan Meghan dikaruniai seorang putra bernama Archie Mountbatten-Windsor. Meskipun Archie kelahiran Inggris, namun ia memegang dwi kenegaraan yaitu Inggris dan Amerika Serikat. Pada awal 2020, Harry dan Meghan memutuskan mundur dari kerajaan. Nenek Harry yaitu ratu Elizabeth memutuskan untuk mengabulkan keinginan Harry tetapi tetap menaruh Harry sebagai pewaris tahta (tahun 2020 : ke-6) sehingga Harry juga tetap memegang gelar sebagai pangeran dan adipati Sussex.
  16. Henry XXXIII Reuss, Pangeran Kostrich : 63 Tahun. Menikah pertama kali dengan Victoria, Putri Prussia dan dikaruniai dua orang anak. Mereka bercerai pada tahun 1922. Victoria wafat setahun kemudian akibat influenza. Henry menikah lagi dengan janda kaya asal Amerika Serikat bernama Alene Tew pada tahun 1929. Pernikahan ini berakhir cerai pada tahun 1935. Alene menjadi ibu asuh anak kedua Henry yang berusia 23 tahun dan membawanya ke Amerika Serikat untuk hidup bersama suaminya dari pernikahan terakhir. 
  17. Karl, Adipati Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glucksburg : 65 Tahun.  Pada 19 Mei 1838 di Copenhagen, Denmark, Karl menikah dengan Vilhelmine Marie, Putri Denmark. Vilhelmine adalah janda cerai dari Frederick VII, pangeran pewaris Denmark. Vilhelmine dipercaya mandul sebab dari kedua pernikahannya, ia tak pernah sekalipun hamil atau keguguran.
  18. Kirill Vladimirovich, Adipati Agung Russia : 62 Tahun. Kirill bukanlah pria asing bagi Victoria Melita dan suami pertamanya yaitu Ernest, Adipati Agung Hesse. Kakak sepupu Kirill (Kaisar Russia Nicholas II) menikah dengan adik kandung Ernest (Alexandra). Victoria Melita merupakan adik sepupu Ernest dan Alexandra. Pernikahan antar sepupu tidak diperbolehkan oleh gereja ortodoks Russia. Tentu saja pernikahan Kirill dengan Victoria Melita pada 1905 membuat kerajaan Russia gempar. Di bawah pengaruh Alexandra yang membenci Victoria Melita, kaisar Nicholas II mencabut semua gelar kerajaan Kirill. Namun pada tahun 1908, Nicholas II mengembalikan semua kepada Kirill.
  19. Michael, Adipati Agung Russia : 39 Tahun. Ia adalah adik kandung kaisar Russia yang terakhir, Nicholas II. Pernikahan Michael dengan Natalia semula tak diterima oleh Nicholas II. Selain seorang wanita biasa, Natalia juga janda yang pernah bercerai dua kali dan memiliki seorang anak dari pernikahan pertama. Sejak menikah pada tahun 1907 hingga September 1913, keduanya selalu berpindah dari hotel satu ke hotel lain di Eropa. Setelahnya, mereka menetap di Inggris sebelum kembali ke Russia atas ijin Nicholas II. Michael dan Natalia dikaruniai seorang putra bernama George. Saat pecah Revolusi Russia, Michael menjadi anggota kerajaan pertama yang dibunuh pada 13 Juni 1918. Natalia dan George mengungsi ke Paris. George tewas akibat kecelakaan pada 1931, Natalia wafat pada 1952 akibat kanker. 
  20. Michel, Pangeran Bourbon-Parma : 92 Tahun. Michel memilih tanggal pernikahan untuk dirinya tepat pada hari ulang tahun pernikahan kedua orang tuanya yang ke-30 tahun. Ia menikahi putri Yolande pada 23 Mei 1951 dan dikaruniai lima orang anak. Meski Michel dan Yolande sempat rujuk setelah berpisah, namun mereka akhirnya bercerai pada tahun 1999. Pada tahun 2003, Michel menikahi putri berstatus janda cerai empat orang anak yaitu Maria Pia, Putri Savoy. Dari pernikahan sebelumnya dengan Alexander, pangeran Yugoslavia, Maria Pia dikaruniai dua pasang anak kembar. Pangeran Michel wafat pada tahun 2018.
  21. Nicholas Nikolaevich, Adipati Agung Russia : 72 Tahun. Jika melihat betapa banyak anggota kerajaan Russia yang tewas dibunuh saat revolusi, maka Nicholas termasuk salah satu yang beruntung bisa hidup hingga sepuh. Ia adalah cucu Nicholas I, Kaisar Russia. Pada 1907, Nicholas menikah dengan Anastasia, Putri Montenegro. Pernikahan ini tidak dikaruniai anak. Status Anastasia adalah janda cerai dengan dua orang anak. Pada April 1919, Nicholas bersama Anastasia berhasil keluar dari Russia dengan kapal perang Inggris HMS Marlborough. Kapal itu dikirim oleh Alexandra, ibu ratu Inggris. Setelah menetap sementara di Genoa, Italia, Nicholas dan Anastasia menetap di Perancis hingga akhir hayat. Nicholas wafat pada tahun 1929. 
  22. Raimundo, Adipati Castel Duino Kedua : 79 Tahun. Raimundo menikah dengan Eugenie, putri Yunani dan Denmark pada 28 November 1949. Status Eugenie adalah janda cerai dengan dua orang anak. Sedangkan status Raimundo adalah lajang. Eugenie merupakan kakak sepupu dari pangeran Philip. Raimundo dan Eugenie dikaruniai seorang putra bernama Carlo Alessandro pada 1952. Setelah Raimundo wafat, Carlo menjadi adipati Castel Duino Ketiga. Pernikahan Raimundo dan Eugenie berakhir cerai pada tahun 1965. 
  23. Sigvard Bernadotte : 94 Tahun. Terlahir sebagai seorang pangeran Swedia, Sigvard harus kehilangan semua gelar kerajaannya saat menikah dengan wanita non-kerajaan bernama Erika. Pernikahan dengan Erika berlangsung sembilan tahun tanpa anak. Kemudian Sigvard menikah lagi dengan Sonja, wanita yang juga bukan dari kalangan kerajaan. Dari pernikahan kedua ini, Sigvard dikaruniai seorang putra. Beberapa bulan setelah bercerai, Sigvard menikah lagi dengan Marianne pada 1961. Marianne berstatus janda cerai tiga anak. Pernikahan Sigvard dan Marianne bertahan selama empat dekade.
  24. Wilhelm II, Eks Kaisar Jerman : 82 Tahun. Kisah cinta dua manusia ini bermula dari ucapan ulang tahun putra Hermine kepada Wilhelm di pengungsian di Doorn, Belanda pada Januari 1922. Cucu kesayangan ratu Victoria ini sudah menjadi eks kaisar Jerman. Wilhelm mengundang putra Hermine serta ibunya (Hermine) untuk datang. Meski berbeda usia jauh, Wilhelm dan Hermine memiliki persamaan yaitu sama-sama baru ditinggal wafat pasangan hidup mereka. Keduanya juga memiliki beberapa anak dari pernikahan pertama. Wilhelm memutuskan untuk menikah pada 5 November 1922. Ia tak peduli anak-anaknya yang keberatan atau omongan orang di luar. Kebahagiaan milik mereka hanya ia dan Hermine yang merasakan.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.