Wednesday, October 24, 2018

Pembunuhan WNI Wanita Di Luar Negara Indonesia


  1. Enen Cahyati. Jasad Enen ditemukan di dalam kamar hotel Hometown Suite di Pnom Penh, Kamboja pada 25 Maret 2018. Diduga Enen sudah tewas sejak 3 hari sebelumnya. Di leher Enen ditemukan bekas cekikan. Pelaku diduga adalah kekasih Enen yang bernama Bilal Abdul Fateen (66), seorang pria warga negara Amerika Serikat asal Illinois, Chicago. Bilal diduga kabur setelah melakukan pembunuhan. 
  2. Jamilah Mat Shaari : 33 Tahun. Tubuh Jamilah ditemukan tewas tak berbusana oleh teman serumah di Taman Universiti, Seri Kembangan, Selangor Malaysia pada 18 Januari 2019. Diduga ia tewas dibunuh sebab pada lehernya ditemukan bekas pencekikan.Handphone Jamilah juga disebutkan hilang, diduga diambil oleh pelaku. Empat orang teman serumah Jamilah dimintai keterangan oleh polisi.
  3. Gina Sutan Aswar : 28 Tahun. Gina adalah mahasiswi Amerika Serikat asal Indonesia yang lahir pada 9 Juli 1964. Gina dibunuh di Los Angeles pada 3 November 1992 oleh mahasiswa dari Indonesia bernama Harnoko Dewantoro alias Oki. Oki tak hanya membunuh Gina, ia juga membunuh adik kandungnya sendiri yang bernama Eri Triharto Darmawan dan juga rekan bisnisnya, Suresh Michandini. Ayah Gina adalah salah satu pendiri AURI, Angkatan Udara Republik Indonesia. 
  4. Miming Listiyani : 27 Tahun. Nasib Miming sungguh malang. Ia diketahui baru tiba di Sydney, Australia pada 5 April 2016 dan kemudian diduga dibunuh pada 7 April 2016. Jasad wanita keturunan Tionghoa ini ditemukan tanpa busana. Pria yang diduga pelaku adalah Khanh Thanh Ly yang ternyata tidak asing bagi polisi. Pada 2007, Ly pernah ditahan 7 tahun atas tuduhan penyelundupan narkoba. Tak hanya itu, Ly juga diduga terkait dengan Bali Nine, di mana 2 anggotanya telah dihukum mati di Bali. 
  5. Novy Chardon : 34 Tahun. Novy adalah ibu 2 anak yang menetap di Australia. Ia terakhir terlihat pada 6 Februari 2013 di rumahnya di Upper Coomera. Dua hari setelah menghilang, suami Novy yang bernama John (68) pergi ke Indonesia bersama kedua anak mereka untuk perjalanan bisnis. Tiga hari kemudian, mobil milik Novy ditemukan di dekat stasiun. Polisi menduga Novy dibunuh dan jasadnya sengaja dihilangkan. Pada 17 Juni 2016, John ditahan atas dugaan tersebut. Melalui pengacaranya, John membantah telah membunuh sang istri. 
  6. Nuraini Supandi Sanrawi: 37 Tahun. Nuraini merupakan TKW asal Pangandaran Jawa Barat yang menjadi korban pembunuhan di Dubai, Uni Emirat Arab pada 10 Juli 2020. Kondisi wanita kelahiran 12 Desember 1983 ini tengah hamil. Diduga kehamilan ini memicu sang kekasih menghabisi nyawa Nuraini. Jasad Nuraini dipulangkan ke Indonesia dengan biaya Rp 120 juta.
  7. Sumarti Ningsih dan Seneng Mujiasih. Kedua wanita ini adalah TKW di Hong Kong yang kemudian beralih profesi sebagai pekerja seks komersial. Keduanya dibunuh oleh seorang pria bule asal Inggris bernama Rurik Jutting pada 1 November 2014 di distrik Wanchai, Hong Kong. Pria yang bekerja sebagai bankir ini beralasan bahwa saat itu ia berada di bawah pengaruh narkoba dan alkohol. Jenazah Sumarti dimakamkan di Cilacap, dan jenazah Seneng dimakamkan di Sulawesi Tenggara. 
  8. Wiji Astutik : 37 Tahun. Jasadnya ditemukan terbungkus di atas trotoar di kawasan Mongkok, Hong Kong oleh pejalan kaki  pada 8 Juni 2015. TKW asal Malang ini diduga dihabisi oleh pria asal Pakistan bernama Wahaj Fyas (30). Setelah beraksi, Wahaj sempat berusaha kabur dengan dibantu seorang rekan pria asal India bernama Shahbaz Khan (22). Tak ayal, Shahbaz juga ikut diciduk polisi. Keduanya ditangkap di Tuen Mun New Territories saat hendak menyeberang ke Cina menggunakan kapal feri. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.