Thursday, October 18, 2018

Anggota Kerajaan Eropa Yang Terlahir Kembar


  1. Carl Friedrich dan Louis Ferdinand, pangeran Prussia. Keduanya lahir pada 20 Januari 2013 sebagai anak kembar sulung pasangan Georg Friedrich dan Donata. Keduanya memiliki 2 adik kandung laki-laki dan perempuan. Nama Louis Ferdinand diberikan sebagai bentuk penghormatan terhadap kakek si kembar yang tewas setelah kecelakaan pada 1977 silam.
  2. Christoph, Adipati Wurttemberg dan Isabelle, Adipatni Wurttemberg. Lahir pada 30 November 1960. Christoph dan Isabelle memiliki seorang adik perempuan. Kedua orang tua mereka bercerai dan sang ayah menikah lagi. Dari pernikahan kedua sang ayah, Christoph dan Isabelle memiliki seorang adik tiri perempuan.
  3. Dimitri dan Michael, Pangeran Yugoslavia. Lahir pada 18 Juni 1958 dari mantan pasangan Alexander, pangeran Yugoslavia dengan Maria Pia, putri Savoy. Uniknya, Dimitri dan Michael memiliki sepasang adik kembar laki-laki bernama Sergius dan perempuan bernama Helene. Dua pasang saudara kembar ini memiliki seorang adik tiri laki-laki dari pernikahan kedua sang ayah dengan Barbara, putri Liechtenstein.
  4. Elsa dan Olga, Adipati Wurttemberg. Lahir pada 1 Maret 1876 dari pasangan Eugen, adipati Wurttemberg dengan Vera Constantinovna, adipati agung Russia. 
  5. Frederick Augustus, Adipati Oldeburg dan Alexandrine, Adipatni Oldenburg. Lahir pada 25 Maret 1900 namun hanya hidup satu hari.
  6. Gabriella, putri Monako dan Jacques, pangeran pewaris Monako. Keduanya lahir pada 10 Desember 2014 dari pasangan Albert II, pangeran Monako dan Charlene. 
  7. Henriette dan Josephine Marie, Putri Belgia. Lahir pada 30 November 1870, kembar kerajaan Belgia ini memiliki nasib yang berbeda. Jika Henriette hidup hingga usia 77 tahun, maka Josephine hanya 1 bulan. Ibu keduanya kembali memiliki seorang anak perempuan dan diberi nama Josephine untuk mengenang.
  8. Josias dan Johannes, Pangeran Waldeck & Pyrmont. Lahir pada tahun 1993. Josias dan Johannes memiliki seorang kakak laki-laki bernama Carl-Anton yang lahir pada tahun1991.
  9. Leopold, Pangeran Luksemburg dan Charlotte, Putri Luksemburg. Kembar laki-laki dan perempuan ini lahir pada 2 Mei 2000. Leopold dan Charlotte memiliki seorang kakak laki-laki dan seorang adik laki-laki. Orang tua mereka adalah Guillaume, pangeran Luksemburg dan Sibilla Sandra Weller. Melalui sang ayah, Leopold dan Charlotte adalah cucu dari Jean, Adipati Agung Luksemburg dan Josephine, Adipatni Agung Luksemburg.
  10. Pangeran Louis, Adipati Burgundy dan Alphonse, Adipati Berry. Lahir pada 28 Mei 2010 di kota New York, Amerika Serikat. Orang tua mereka adalah Louis Alphonse, adipati Anjou dan Maria Margarita Vargas Santaella. Keduanya memiliki seorang kakak perempuan bernama putri Eugenie. 
  11. Louise Elisabeth, Putri Perancis dan Anna Henrietta, Putri Perancis. Keduanya lahir pada 14 Agustus 1727 dari pasangan raja Perancis Louis XV dan Maria Lesczcynska. Baik Louise maupun Anna tidak berusia panjang. Louise wafat di usia 32 tahun sementara Anna di usia 24 tahun. Louise sempat menikah dengan Philip, Adipati Parma dan dikaruniai tiga orang anak. 
  12. Putri Margarita, Countess Colorno dan Pangeran Jaime, Count Bardi. Kembar perempuan dan laki-laki ini lahir pada 13 Oktober 1972 dari mantan pasangan Irene, putri Belanda dengan Carlos Hugo, adipati Parma. Keduanya merupakan keponakan dari mantan ratu Belanda, Beatrix dan sekaligus cucu mantan ratu Belanda Juliana. Margarita menikah 2 kali di mana pernikahan pertama berakhir cerai. Dari pernikahan kedua, Margarita dikaruniai 2 anak. Pangeran Jaime menikah dengan wanita non kerajaan pada 2013 dan dikaruniai 2 orang anak.
  13. Monika dan Michaela putri Habsburg. Kembar perempuan Monika dan Michaela lahir di Jerman pada 13 September 1954 dari pasangan Otto, pangeran tahta Austria dengan Regina, putri Saxe-Meinengen. Monika menikah dengan pria bangsawan Spanyol pada 1980 dan dikaruniai 4 anak. Sementara Michaela menikah 2 kali dan keduanya berakhir cerai. Dengan suami pertama, Michaela dikaruniai 3 orang anak. 
  14. Nicholas dan Aymeric, Pangeran Belgia. Lahir pada 13 Desember 2005, Nicholas dan saudara kembarnya dilahirkan secara prematur. Keduanya memiliki seorang kakak perempuan bernama Louise.
  15. Philip dan Alexander, pangeran Yugoslavia. Keduanya lahir pada 15 Januari 1982 dari mantan pasangan Alexander, pangeran tahta Yugoslavia dengan Maria da Gloria, putri Orleans-Braganza. Si kembar memiliki seorang kakak kandung laki-laki bernama Peter.
  16. Philipp dan Wolfgang, Pangeran Hesse-Kassel. Keduanya lahir pada 6 November 1896 dari pasangan Margaret, putri Prussia dengan Frederick Charles dari Hesse. Philipp dan Wolfgang memiliki 2 kakak dan 2 adik laki-laki. Uniknya kedua adik laki-laki mereka juga kembar. Kedua kakak mereka tewas dalam pertempuran perang dunia 1. Sementara adik bungsu mereka tewas dalam pertempuran perang dunia 2. Philipp menikah dengan Mafalda, putri Savoy yang lahir pada 2 November 1902 dan dikaruniai empat orang anak. Sementara Wolfgang menikah dengan Marie Alexandra, putri Baden yang lahir pada 1 Agustus 1902 dan tidak dikaruniai anak. Selain memiliki usia yang hampir sama, kedua istri para pangeran ini juga memiliki persamaan tragis yang lain. Mafalda dan Marie tewas akibat dari perang dunia II, di waktu yang hampir bersamaan serta di usia yang sama pula. Marie tewas pada 29 Januari 1944 saat ia bertugas sebagai tenaga medis untuk korban perang dunia II. Gedung tempat perawatan diserang bom hingga ambruk. Marie dan beberapa perawat lain terkubur hidup-hidup. Tujuh bulan kemudian, tangan Mafalda terbakar parah setelah penjara tempat ia ditahan terkena serangan bom. Luka bakar itu dengan cepat mengalami infeksi sehingga dokter mengamputasi tangan Mafalda. Namun Mafalda kehilangan darah banyak sehingga ia jatuh koma dan tewas pada 27 Agustus 1944.
  17. Rupprecht and Albrecht, pangeran Hohenlohe-Langenburg. Mereka lahir pada 7 April 1944 sebagai 2 anak terakhir. Keduanya memiliki 4 kakak kandung. Rupprecht wafat sehari setelah berulang tahun yang ke-34 dan tidak menikah. Albrecht menikah dan memiliki seorang anak. Albrecht wafat 16 hari setelah berulang tahun yang ke-48. 
  18. Umberto, pangeran Bulgaria dan Sofia, putri Bulgaria. Kembar laki dan perempuan ini lahir pada 20 November 1999. Orang tua mereka adalah Konstantin-Assen, pangeran Vidin dan Maria Gracia de la Rasilla y Gortazar.
  19. Vincent, pangeran Denmark dan Josephine, putri Denmark. Si kembar laki perempuan ini lahir pada 8 Januari 2011 dari pasangan Frederik, pangeran tahta Denmark dengan putri Mary. Cucu kembar ini memiliki 2 orang kakak yaitu Christian dan Isabella.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.