Thursday, December 14, 2017

Anggota Kerajaan Eropa Yang Meninggal Di Usia Kanak-Kanak

Sebelum memulai membaca, penulis akan mengingatkan terlebih dahulu bahwa daftar ini dibuat berdasarkan pertimbangan penulis jika usia dewasa adalah 21 tahun ke atas. 
  1. Afonso, Pangeran Kerajaan Brasil : 2 Tahun. Lahir pada 23 Februari 1845, Afonso baru diketahui menderita epilepsi setelah meninggal dunia. Penyakit ini juga diderita oleh ayah kandung Afonso, Pedro II Brasil.
  2. Albert, Pangeran Thurn & Taksis : 5 Tahun. Lahir pada 23 Januari 1930 sebagai anak bungsu dari empat bersaudara. Ketiga kakak Albert hidup hingga usia tua.
  3. Alexander, Adipati Austria : 12 Tahun. Lahir pada 6 Juni 1825 sebagai anak kedua dari lima bersaudara. Ia memiliki tiga kakak tiri dari pernikahan ayahnya terdahulu, ditambah satu kakak tiri dari hubungan ayahnya dengan seorang wanita.
  4. Alexander, Pangeran Hesse dan Oleh Rhine : 4 Tahun. Lahir pada 14 April 1933, ia merupakan adik kandung Ludwig.
  5. Alexander Friedrich Gustav : 11 Bulan. Lahir pada 16 Juni 1834 dan meninggal hanya 10 hari sebelum ia berulang tahun yang pertama. Adik kandung kedua Alexander juga meninggal di usia 1 tahun. Hanya adik bungsunya yang bertahan hingga usia dewasa. Sementara ibunda Alexander juga meninggal muda setelah melahirkan adik ketiganya.
  6. Alexander John, Pangeran Inggris : 1 Hari. Lahir pada 6 April 1871 sebagai anak bungsu dari 6 bersaudara. Ayahnya adalah raja Edward VII dan ratu pendamping Alexandra. Kakak sulung Alex juga wafat di usia relatif muda, yaitu 28 tahun akibat wabah influenza. Kakak kedua Alex menjadi raja George V Inggris dan menjadi kakek ratu Elizabeth II Inggris.
  7. Alexander Alexandrovich, Adipati Agung Russia : 10 Bulan.  Ia lahir pada  7 Juni 1869 dari pasangan Kaisar Russia Alexander III dengan Dagmar, Putri Denmark. Ia merupakan cucu Kaisar Russia Alexander II dan sepupu dari Alexander Vladimir yang juga meninggal saat masih bayi.  Penyebab ia meninggal adalah radang otak. 
  8. Alexander Vladimir Alexandrovich, Adipati Agung Russia : 1 Tahun. Lahir pada 31 Agustus 1875, Alexander adalah anak sulung dari 5 bersaudara dan juga cucu kaisar Russia, Alexander II. Ia satu-satunya anak yang meninggal di usia muda. 
  9. Alexandra Alexandrovna, Adipatni Agung Russia : 6 Tahun. Lahir pada 30 Agustus 1842, Alexandra merupakan anak sulung dari kaisar Russia, Alexander II. Ia meninggal akibat radang otak.  Ayah Alexandra tewas setelah terluka parah terkena bom. 
  10. Alexandra Mikhailovna : 1 Tahun. Lahir pada 28 Januari 1831, Alexandra merupakan adik sepupu kaisar Russia, Alexander II. 
  11. Alexandra Romanovskaja : 3 Tahun. Lahir pada 9 April 1840 dari pasangan Maria Nikolaievna, Adipatni Agung Russia dengan suami pertama, pangeran Maximilian, adipati Leuchtenberg Ke-3. Ia keponakan dari kaisar Russia, Alexander II. 
  12. Alfonso, Pangeran Spanyol : 14 Tahun. Lahir pada 3 Oktober 1891 di Roma, Italia. Alfonso disebutkan sedang membersihkan sebuah pistol bersama sang kakak lelakinya. Tanpa disengaja, pistol tersebut memuntahkan peluru dan menembus dahi Alfonso. Alfonso tewas seketika. Hal yang nyaris sama terjadi pada 2 saudara lelaki kerajaan Thailand beberapa tahun sebelumnya. Alfonso adalah buyut dari ratu Victoria melalui neneknya putri Beatrice dan sang ibu, ratu pendamping Spanyol Victoria Eugenia.
  13. Anna Sophia, Putri Belanda : 8 Tahun. Lahir pada 29 Maret 1851, Anna adalah keponakan dari raja Belanda William III. 
  14. Bernhard, pangeran Schaumburg-Lippe : 6 Bulan. Bernhard adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. Ia lahir pada 8 Desember 1902. Tragisnya, hanya 10 bulan kemudian, ayah Bernhard meninggal di usia 33 tahun.
  15. Carl Oscar, Pangeran Swedia, Adipati Sodermanland : 1 Tahun. Lahir pada 14 Desember 1852 di Stockholm sebagai anak bungsu dari 2 bersaudara. Semula Carl menderita campak dan oleh dokter dianjurkan untuk mandi air dingin. Hal ini justru membuat Carl yang masih bayi terserang radang paru. Ia pun meninggal dunia. Kedua orang tua Carl juga meninggal di usia muda. Sang ibunda meninggal karena penyebab yang sama di tahun yang berbeda pada usia 42 tahun. Sang ayah meninggal di usia 46 tahun. Kakak kandung Carl adalah nenek buyut dari raja Norwegia dan pewaris tahta Norwegia sekarang.
  16. Carlo, Adipati Bourbon-Parma : 7 Tahun. Lahir pada 22 September 1905 sebagai anak kedua dari delapan bersaudara.
  17. Carlo Luigi : 7 Tahun. Lahir pada 22 September 1905 sebagai anak ke-2 dari 8 bersaudara, Carlo menderita polio. Penyakit ini pula yang merenggut nyawanya. Ia wafat hanya 4 hari setelah berulang tahun yang ke-7.
  18. Caroline Ludovika, Adipatni Austria : 1 Tahun. Lahir pada 22 Desember 1795, ibunda Caroline merupakan istri kedua ayah Caroline. Ayah Caroline adalah kaisar Romawi Suci, Francis II. Caroline adalah cicit dari permaisuri Austria, Maria Theresa.
  19. Christian, Pangeran Hanover : 16 Tahun. Lahir pada 4 Juli 1885, ia merupakan cucu raja Denmark Christian IX melalui putri Thyra. Ia meninggal karena penyakit usus buntu yang lama dibiarkan sehingga terjadi infeksi parah.
  20. Edward VI, Raja Inggris : 15 Tahun. Lahir pada 12 Oktober 1537 sebagai anak lelaki sah satu-satunya raja Henry VIII dan istri ketiga, Jane Seymour. Kelahiran Edward sangat didambakan oleh sang ayah. Ia menggantikan sang ayah menjadi raja ketika masih berusia 9 tahun. Edward wafat akibat tuberkulosis.
  21. Elisabeth, Putri Hesse & Rhine : 8 Tahun. Lahir pada 11 Maret 1895. Ayah dan ibunya merupakan sepupu. Keduanya cucu ratu Victoria. Hubungan ayah ibunya tidak harmonis namun ratu Victoria melarang untuk bercerai. Elisabeth meninggal akibat demam tifoid.
  22. Elisabeth Klementina, Adipatni Austria : 10 Bulan. Lahir pada 18 Maret 1865 sebagai anak sulung dari tujuh bersaudara. Seluruh adik Elisabeth hidup hingga dewasa.
  23. Emma, Putri Bentheim dan Steinfurt : 16 Tahun. Lahir pada 19 Februari 1889, Emma merupakan anak ke-6 dari 8 bersaudara. Dari seluruh saudara Emma, hanya adik Emma yang bernama Alexis Rainier yang berusia pendek, yaitu 31 tahun.
  24. Ernest Casimir, Pangeran Belanda : 5 Bulan. Lahir pada 21 Mei 1822. Ia wafat akibat pembesaran kepala/hidrosefalus.
  25. Ferdinand Salvator, Adipati Austria : 3 Tahun. Lahir pada 2 Juni 1888 sebagai anak bungsu dari sepuluh bersaudara. Ayahnya adalah Karl Salvator, Adipati Austria. Beberapa kakak Ferdinand juga meninggal saat masih anak-anak dan ada juga yang meninggal di usia muda.
  26. Fernando, Pangeran Portugal : 15 Tahun. Lahir pada 23 Juli 1846, ia wafat setelah terserang demam tifoid. Kedua kakak lelakinya wafat di waktu yang hampir bersamaan akibat penyakit yang sama. Kedua saudara lelaki yang lain selamat dari penyakit tersebut, namun keduanya tidak memiliki usia yang panjang. Adik bungsu Fernando wafat di usia 41 tahun. Kakak lelaki Fernando satu-satunya yang tertinggal, wafat di usia 50 tahun. Dari 2 kakak perempuan Fernando, hanya satu yang hidup hingga usia lanjut, yaitu Antonia, putri Portugal (68 tahun). 
  27. Fransisco Alfonso : 11 Tahun. Ia adalah anak sulung dari 2 bersaudara mantan pasangan Alfonso dan Carmen yang lahir pada 22 November 1972. Pada 7 Februari 1984, Alfonso bersama kedua putranya pulang ke kediaman mereka selepas bermain ski. Nahasnya, mobil yang dikendarai Alfonso bertabrakan dengan truk. Putra sulung Fransisco tewas di tempat kejadian. Adik Alfonso bernama Louis Alfonso harus dirawat di rumah sakit selama sebulan sementara Alfonso sendiri harus menjalani operasi sebanyak 6 kali.
  28. Franz Joseph Wilhelm, Pangeran Nassau : 16 Tahun. Lahir pada 30 Januari 1859 sebagai anak keempat dari lima bersaudara. Hanya kakak sulung dan adik bungsu Franz yang hidup hingga usia tua.
  29. Franz Maximillian Ludwig : 22 Hari. Lahir pada 12 Desember 1792 sebagai anak bungsu dari 10 bersaudara. Kakak kandung Franz adalah raja Belgia Leopold, Victoria, adipatni Kent dan Strathearn dan juga Ernest I, adipati Saxe-Coburg Gotha. 
  30. Franziska Marie Elisabeth, Adipatni Austria : 23 Hari. Lahir pada 31 Juli 1820 sebagai anak sulung dari lima bersaudara. Orang tua Franziska adalah Joseph dan Maria Dorothea.
  31. Frederica, Putri Prussia : 3 Bulan. Lahir pada 14 Oktober 1799 sebagai anak kelima dari 10 bersaudara. Adik lelaki Frederica juga meninggal di usia muda.
  32. Frederick Charles, Pangeran Nassau-Usingen : 3 bulan. Bayi Frederick lahir pada 17 Juni 1787 sebagai anak bungsu dari 7 bersaudara. Tragisnya seluruh kakak laki-laki Frederick juga tidak berusia panjang. Hanya seluruh kakak perempuan Frederick yang mampu bertahan hingga dewasa.
  33. Friedrich, Pangeran Hesse dan Rhine : 2 Tahun. Lahir pada 7 Oktober1870, Friedrich merupakan putra kedua anak ke-5 putri Alice Inggris. Ia meninggal akibat gabungan terjatuh sekaligus menderita hemofilia, penyakit yang diturunkan sang nenek ratu Victoria melalui sang ibu.
  34. Friedrich Christian, Pangeran Prussia : 23 Hari. Lahir pada 3 September 1943. Ibunda Friedrich adalah Henriette, putri Schonaich-Carolath yang merupakan putri tiri kesayangan bekas kaisar Jerman, Wilhelm II. Nenek Friedrich adalah istri kedua Wilhelm II yang dinikahi setelah menjadi duda. Istri pertama Wilhelm II meninggal ketika mereka sudah mengungsi ke Belanda.
  35. Friedrich Paul Wilhelm, Pangeran Nassau : 13 Bulan. Lahir pada 23 September 1854 sebagai anak kedua dari lima bersaudara.
  36. Friedrich Wilhelm III, Adipati Saxe Alteburg : 14 Tahun. Ia lahir pada 12 Juli 1657 sebagai anak bungsu dari 3 bersaudara. Kakak sulung Friedrich merupakan penerus tahta sang ayah namun ia wafat di usia 9 tahun. Tahta itu kemudian turun ke Friedrich namun ia sendiri juga hidup tak lama.
  37. Friedrich Wilhelm Ferdinand, Adipati Wurttemberg : 4 Tahun. Lahir pada 29 April 1810, Friedrich meninggal hanya empat hari sebelum ia berulang tahun yang kelima.
  38. Georg, Adipati Saks Altenburg : 28 Hari. Lahir pada 1 Februari 1856 sebagai anak kedua dari dua bersaudara. Ia adalah keturunan kaisar Russia, Paul I.
  39. Gisela Auguste, Adipatni Austria : 3 Tahun. Lahir pada 5 Juli 1897 sebagai anak kedua dari enam bersaudara. Gisela merupakan cicit kaisar Austria, Franz Joseph.
  40. Guntram, Adipati Austria : 6 Tahun. Lahir pada 19 Agustus 1937 sebagai anak sulung dari sembilan bersaudara.
  41. Harald, Pangeran Schleswig-Holstein : 8 Hari. Harald lahir pada 12 Mei 1876 sebagai anak ke-5 dari 6 bersaudara. Ia merupakan cucu ratu Victoria melalui sang ibu, putri Helena. Ayah Harald adalah Christian, pangeran Schleswig-Holstein.
  42. Henriette, Adipatni Austria : 2 Tahun. Lahir pada 20 Februari 1884 sebagai anak ke-9 dari sepuluh bersaudara. Adik dan beberapa kakak Henriette juga meninggal di usia muda.
  43. Henriette Leopoldine Wilhelmine, Putri Hohenzollern-Sigmaringen : 4 Hari. Lahir pada 29 Oktober 1907 sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. 
  44. Henry, Pangeran Prussia : 4 Tahun. Ia lahir pada 9 Januari 1900 sebagai anak bungsu dari 3 bersaudara pasangan pangeran Henry dan putri Irene dari Hesse dan oleh Rhine. Ia meninggal akibat terjatuh dari kursi dan hemofilia. Kepala si kecil terbentur lantai dan mengalami pendarahan.
  45. Johanna, Putri Hesse dan Rhine : 2 Tahun. Johanna adalah adik dari Ludwig dan Alexander. Sebelumnya Johanna menjadi satu-satunya yang selamat karena seluruh keluarganya tewas kecelakaan. Ia diadopsi oleh adik kandung ayahnya beserta istri. Namun ia meninggal akibat radang otak.
  46. John, Pangeran Inggris : 13 Tahun. Lahir pada 12 Juli 1905 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara. Ia merupakan adik kandung raja George VI yang juga paman ratu Elizabeth II. John terlahir sebagai penderita epilepsi. Ia tinggal di rumah pengasingan bersama seorang pengasuh.
  47. Joao, Adipati Beja : 19 Tahun. Lahir pada 16 Maret 1842, Joao wafat akibat demam tifoid, penyakit sama yang merenggut kedua saudara lelaki Joao. Kakak sulung Joao yaitu Pedro V, raja Portugal wafat pada 11 November 1861. Sementara adik Joao yaitu pangeran Fernando wafat pada 6 November 1861. Joao sendiri wafat pada 27 Desember 1861. Ketiganya adalah sepupu dari Albert, pangeran pendamping Inggris yang juga wafat akibat demam tifoid pada 14 Desember 1861.
  48. Johanna Reuss, Putri Kostritz : 1 Tahun. Lahir pada 1882 dan wafat pada 1883. Ia adalah cicit raja Belanda, William II dan cucu keponakan raja Belanda, William III.
  49. Joseph Albert, Pangeran Thurn dan Taksis : 1 Bulan. Lahir pada 4 November 1895 sebagai anak kedua dari delapan bersaudara.
  50. Joseph Ferdinand, Pangeran Saxe-Coburg dan Gotha : 19 Tahun. Lahir pada 21 Mei 1869, Joseph wafat akibat radang paru. Ia memiliki 2 orang kakak dan seorang adik. Ibunda Joseph bernama Leopoldina, putri Brasil juga wafat di usia muda yaitu 23 tahun. Sang ibu menderita demam tifoid.
  51. Joseph Franz, Adipati Austria : 8 Tahun. Joseph lahir pada 9 April 1799 dan merupakan cicit dari permaisuri Austria, Maria Theresa.
  52. Josephine Marie, Putri Belgia : 1 Bulan. Lahir pada 30 November 1870 sebagai anak ketiga dari 5 bersaudara. Kakak sulung Josephine juga wafat di usia muda akibat flu. Ibunda Josephine kemudian melahirkan anak perempuan yang dinamakan seperti namanya untuk mengenang.
  53. Leopold, Adipati Brabant : 9 Tahun. Lahir pada 12 Juni 1859 sebagai anak laki satu-satunya dari 4 bersaudara, Leopold wafat akibat radang paru setelah ia terjatuh di kolam. Sang ayah menangis tersedu di depan peti jenazah sang putra tercinta. 
  54. Ludwig, Pangeran Hesse dan Rhine : 6 Tahun. Lahir pada 25 Oktober 1931. Ia tewas dalam kecelakaan pesawat bersama adik kandung lelaki, nenek, ayah dan ibunya yang sedang mengandung 8 bulan.
  55. Luitpold Maximilian Ludwig Karl, Adipati Bavaria : 13 Tahun. Lahir pada 8 Mei 1901, Luitpold meninggal di usia remaja akibat polio. Adik perempuan Luitpold bernama putri Irmingard meninggal di usia 7 bulan persis akibat difteria. Sementara adik bungsu yang bernama Rudolf meninggal di usia 3 tahun akibat diabetes. Ibu kandung Luitpold meninggal di usia 34 tahun, hanya empat bulan setelah kepergian Rudolf.
  56. Margaret, Adipatni Oldenburg : 4 bulan. Ia adalah putri kedua dari pasangan Frederick Augustus II, adipati agung Oldenburg yang lahir pada 13 Oktober 1881.
  57. Margaretha, Putri Saxony : 18 Tahun. Lahir pada 24 Mei 1840 dan kemudian menikah dengan Charles Louis, Adipati Austria. Ia wafat setelah terserang demam tifoid. Charles kemudian menikah lagi dengan Maria Annunciata, putri Bourbon-Dua Sisilia. Keduanya dikaruniai 4 orang anak. Namun sekali lagi, istri kedua wafat di usia muda yaitu 28 tahun akibat tuberkulosis. Charles menikah terakhir kali dengan Maria Theresa, Putri Portugal dan dikaruniai 2 orang anak. Beruntung bahwa Charles tidak perlu menikah lagi sebab Maria Theresa memiliki usia panjang. 
  58. Maria Anastasia : 2 Minggu. Lahir pada 25 Agustus 1881 sebagai anak ke-11 dari 12 bersaudara. Ibunda Maria meninggal hampir setahun kemudian ketika melahirkan sang adik. Sayangnya sang adik yang diberi nama pangeran Augusto tak bernyawa ketika dilahirkan. Sang ayah, Robert I, adipati Parma kemudian menikah lagi dan memiliki 12 anak lagi. 
  59. Maria Anna, Adipatni Austria : 4 Tahun. Lahir pada 27 Oktober 1835, Maria kecil menderita epilepsi. Kakak sulung Anna menjadi Franz Joseph, Kaisar Austria. Kakak kedua Anna menjadi kaisar Meksiko yang digulingkan dan dieksekusi mati. 
  60. Maria Del Pilar, Putri Spanyol : 5 Tahun. Lahir pada 15 September 1912 sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Kakeknya adalah raja Spanyol Alfonso XII. Secara kebetulan, kakak perempuan satu-satunya meninggal di usia muda yaitu 41 tahun sementara sang ibu meninggal di usia 29 tahun.
  61. Maria Zephirine, Putri Perancis : 5 Tahun. Maria merupakan putri pertama pasangan Louis, Dauphin Perancis dengan Maria Josepha, Putri Saxony. Ia adalah kakak sulung raja Perancis Louis XVI. Maria dan Louis memiliki seorang kakak tiri perempuan dari pernikahan pertama sang ayah dengan Maria Theresa Rafaela, Putri Spanyol. Hanya dua tahun setelah istri pertama sang ayah meninggal, kakak tiri juga meninggal.
  62. Marie, Putri Hesse dan Rhine : 4 Tahun. Lahir pada 24 Mei 1874, Marie merupakan anak bungsu putri Alice Inggris. Ia meninggal 3,5 minggu sebelum disusul sang ibu akibat penyakit difteri. 
  63. Marie Antoinette, Putri Austria : 16 Tahun. Marie Antoinette yang ini berbeda dari Marie Antoinette yang dieksekusi saat terjadi Revolusi Perancis. Persamaannya adalah kelahiran Austria. Lahir pada 18 April 1874 sebagai anak ke-6 dari sepuluh bersaudara. 
  64. Marie Bathildis, Putri Nassau : 1 Bulan. Lahir pada 14 November 1857 sebagai anak ketiga dari lima bersaudara. Hanya kakak sulung dan adik bungsu Marie yang hidup hingga usia tua.
  65. Marie Christine, Adipatni Austria : 8 Bulan. Lahir pada 8 April 1941 sebagai anak ketiga dari sembilan bersaudara.
  66. Marie Gabrielle, Putri Urach : 15 Tahun. Lahir pada 1893 sebagai anak sulung dari 9 bersaudara. Ibu Marie meninggal di usia 46 tahun setelah melahirkan adik bungsunya pada 1912.
  67. Maria del Pilar, Putri Spanyol : 5 Tahun. Lahir pada 15 September 1912 sebagai anak bungsu dari empat bersaudara. Ia merupakan cucu dari raja Spanyol, Alfonso XII dan juga saudara sepupu dari raja Spanyol, Alfonso XIII. 
  68. Marie Elisabeth, Putri Saxe-Meinengen : 3 Bulan. Lahir pada 18 Desember 1922 sebagai anak ketiga dari 4 bersaudara. Ayah Marie adalah Georg, Pangeran Saxe-Meinengen. Ibunya adalah Klara Maria. Kakak sulung Marie bernama Pangeran Anton Ulrich gugur dalam perang dunia II di usia 20 tahun. 
  69. Marie Louise, Putri Perancis : 4 Tahun. Ia adalah anak ketiga dari sepuluh bersaudara pasangan raja Perancis Louis XV dan Maria Lesczcynska. Usia Maria hanya berjarak sebelas bulan dari kedua kakak kembarnya.  Ia meninggal setelah dipaksa muntah dan mengalami pendarahan. Hampir seluruh saudara kandung Marie tidak berusia panjang.
  70. Marie Polyxene, Putri Hesse : 10 Tahun. Lahir pada 1872 sebagai anak kelima dari enam bersaudara. Kakak sulung Marie wafat di usia muda di atas kapal dalam perjalanan dari Batavia/Jakarta menuju ke Singapura. Adik bungsu Marie juga meninggal di usia muda. Marie meninggal akibat infeksi tulang.
  71. Matthias Joseph, Adipati Austria : 1 Tahun. Lahir pada 26 Juni 1904 sebagai anak kelima dari enam bersaudara. 
  72. Maurice, Pangeran Belanda : 6 Tahun. Lahir pada 15 September 1843, Maurice adalah salah satu kakak kandung ratu Belanda Wilhelmina. Ia menderita radang otak. 
  73. Maurice, pangeran Teck : 5 Bulan. Maurice adalah anak terakhir dari 3 bersaudara pasangan Alice, putri Athlone dengan Alexander Cambridge. Ia merupakan cicit ratu Victoria. Kakak kedua Maurice adalah pangeran Rupert. Rupert tewas di usia 20 tahun akibat kecelakaan mobil.
  74. Maximilian, Pangeran Thurn & Taksis : 15 Tahun. Lahir pada tahun 1913 sebagai anak semata wayang pasangan Karl Ludwig dan Maria Theresa, Putri Braganza. Dua paman Maximilian wafat di usia muda.
  75. Milena, Putri Serbia : 1 Tahun. Milena lahir pada 28 April 1886 sebagai anak ke-2 dari 5 bersaudara. Ibu Milena adalah Zorka, putri Montenegro yang wafat di usia 25 tahun setelah melahirkan adik bungsu Milena. Adik bungsu Milena tak bernyawa ketika dilahirkan dan diberi nama Andrew, Pangeran Serbia.
  76. Mircea, Pangeran Rumania : 3 Tahun. Lahir pada 3 Januari 1913, Mircea wafat akibat demam tifoid. Mircea merupakan cicit dari ratu Victoria melalui sang ibu, Marie Adipati Edinburgh dan sang kakek pangeran Alfred, Adipati Edinburgh.
  77. Natalia Petrovna, Adipatni Agung Russia : 6 Tahun. Natalia lahir pada 31 Agustus 1718 sebagai anak bungsu dari empat bersaudara. Dua kakak Natalia hidup hingga dewasa namun wafat di usia muda.
  78. Natalie, Adipatni Austria-Teschen : 14 Tahun. Natalie lahir pada 1884 sebagai anak keempat dari sembilan bersaudara.
  79. Nikolaus, Adipati Mecklenburg-Schwerin : 4 bulan. Lahir pada 18 Agustus 1855 sebagai anak keempat dari enam bersaudara.
  80. Nikolaus Friedrich August, adipati Oldenburg : 1 Tahun. Ia lahir pada 15 Februari 1836 dan wafat pada April 1837. 
  81. Olga, Putri Mecklenburg-Schwerin : 1 Tahun. Lahir pada tahun 1916 sebagai anak ketiga dari lima bersaudara. Olga merupakan cucu dari Thyra, Putri Denmark dan Ernest Augustus, Pangeran Pewaris Hanover. 
  82. Olga Pavlovna, Adipatni Agung Russia : 2 Tahun. Lahir pada 22 Juli 1792. Ia adalah putri dari kaisar Russia, Paul 1 dan Sophia, putri Wurttemberg.
  83. Pauline, Putri Oranye-Nassau : 6 Tahun. Lahir pada 1 Maret 1800 di Berlin, Jerman. 
  84. Peter Victor, Pangeran Leinengen : 3 Minggu. Lahir pada 23 Desember 1942 dan wafat pada 12 Januari 1943. Peter merupakan anak bungsu dari 7 bersaudara. Seluruh kakak Peter bertahan hidup hingga usia dewasa. Peter adalah cicit ratu Victoria melalui sang kakek pangeran Alfred dan ibunya, putri Victoria Melita.
  85. Philippe, Adipati Anjou : 2 Tahun. Ia lahir sebagai putra kedua dari sepuluh bersaudara, pasangan raja Perancis Louis XV dan Maria Lesczcynska. Philippe memiliki seorang kakak lelaki yang hidup hingga usia 44 tahun. Semasa hidup, Philippe memiliki kesehatan yang rapuh. Seluruh adik Philippe adalah perempuan dan tidak pernah menikah.
  86. Rainier Salvator, Adipati Austria : 9 Tahun. Lahir pada 27 Februari 1880 sebagai anak ke-8 dari sepuluh bersaudara. Kedua adik Rainier juga meninggal saat masih anak-anak.
  87. Rixa, Adipati Oldenburg : 15 Tahun. Lahir pada 28 Maret 1924, Rixa merupakan anak kedua dari 9 bersaudara. Rixa tewas setelah terjatuh dari kuda.
  88. Rudolf Friedrich Rupprecht : 3 Tahun. Lahir pada 30 Mei 1909 sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Rudolf meninggal akibat diabetes. Dari ketiga kakak Rudolf, hanya Albrecht Luitpold Ferdinand Michael yang hidup hingga usia 91 tahun.  Ibu Rudolf meninggal empat bulan kemudian di usia 34 tahun. 
  89. Sigismund, Pangeran Prussia : 1 Tahun. Lahir pada 15 September 1864, Sigismund merupakan putra ketiga anak keempat putri kerajaan Inggris Victoria. Ia meninggal akibat radang otak. Ia adalah cucu pertama ratu Victoria yang meninggal dunia.
  90. Sophie, Adipatni Austria : 2 Tahun. Lahir pada 5 Maret 1855, ia meninggal di tangan ibunya akibat diare dan demam.  
  91. Sophie, Putri Waldeck dan Pyrmont : 15 Tahun. Sophie dilahirkan pada 27 Juli 1854 sebagai anak sulung dari 7 bersaudara. Salah satu adiknya yang bernama Emma kemudian menjadi nenek buyut anggota kerajaan Belanda sekarang ini. Sementara adik yang lain yang bernama Helena dinikahi oleh salah satu anak ratu Victoria yaitu pangeran Leopold.
  92. Sophie Wilhelmine, Putri Hesse-Kassel : 11 Bulan. Sophie dilahirkan pada 18 Januari 1827 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara. Kakak perempuan Sophie yang bernama Louise menjadi ratu pendamping Denmark pada 1863.
  93. Stephanie, Adipatni Austria-Teschen : 4 Tahun. Lahir pada 1886 sebagai anak kelima dari sembilan bersaudara.
  94. Therese, Putri Perancis : 8 Tahun. Therese adalah anak kesembilan dari sepuluh bersaudara pasangan Raja Perancis Louis XV dan Maria Lesczcynska. Therese meninggal akibat cacar air. 
  95. Verena, Adipatni Austria : 6 Bulan. Lahir pada 21 Juni 1944 sebagai anak kelima dari sembilan bersaudara.
  96. Viktor, Pangeran Saxe-Meinengen : 1 Hari. Lahir pada 14 Mei 1865 sebagai anak bungsu dari 3 bersaudara. Ibunda Viktor juga meninggal muda di usia 32 tahun akibat demam skarlatina. 
  97. Vyacheslav Konstantin, Adipati Agung Russia : 16 Tahun. Lahir pada 13 Juli 1862, ia adalah keponakan dari kaisar Russia, Alexander II. Bocah yang akrab disapa Slava ini meninggal akibat pendarahan otak. 
  98. Waldemar, Pangeran Prussia : 11 Tahun. Lahir pada 10 Februari 1868 sebagai putra bungsu anak ke-6 putri kerajaan Inggris Victoria. Ia merupakan putra kesayangan sang ibu. Sayang hidupnya harus berakhir singkat akibat difteri. 
  99. Willem Frederick Nicolaas Karel, Pangeran Belanda : 15 Bulan. Lahir pada 6 Juli 1833 di Haque sebagai anak kedua dari empat bersaudara. Tiga tahun setelah Willem wafat, lahir adik laki-laki yang diberi nama persis. Namun Willem yang satu ini juga tidak hidup hingga dewasa. Ia wafat di usia 9 tahun.
  100. Willem Frederick Nicolaas Karel, Pangeran Belanda : 9 Tahun. Lahir pada 22 Agustus 1836, Willem menjadi anak ketiga dari empat bersaudara. Setelah ia wafat pada tahun 1846, kedua orang tuanya hanya memiliki dua anak perempuan. Kakak laki-laki Willem meninggal di usia 15 bulan.
  101. Wilhelm Alfred Ferdinand, Pangeran Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glücksburg : 5 Tahun. Wilhelm merupakan keturunan dari ratu Victoria melalui sang kakek buyut pangeran Alfred, sang nenek putri Alexandra dan sang ibu Marie Melita, putri Hohenlohe-Langenburg.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.