Monday, August 8, 2016

Kegunaan Garam Inggris Untuk Sehari-Hari

Mungkin sebagian kecil masih belum pernah mendengar garam inggris (atau Epsom Salt). Sebagian lagi sudah pernah mendengar atau melihat, namun bisa jadi belum mengetahui kegunaannya. 
Saya pribadi sering melihat produk ini di bagian farmasi. Pikiran saya, tentu berhubungan dengan kesehatan. Sekali waktu saya baca apa kegunaannya, ternyata untuk pencahar/laxative.
Di lain waktu, saya pernah baca bahwa garam inggris ini bisa dicampur air kungkum pas mandi. Katanya bisa merelaksasi otot yang lelah. Apa iya? 
Meskipun namanya memakai kata garam, bukan berarti bisa dipakai untuk menggantikan garam dapur atau garam meja lho. Komposisi garam inggris jauh berbeda, yaitu mineral yang terbentuk alami dari magnesium dan sulfat. Nama Epsom dirujuk dari garam semi pahit di Epsom, Surrey, Inggris. 
Nah mari kita membahas kegunaan garam inggris :

  1. Pembersih rambut. Tambahkan sedikit garam inggris pada shampoo, lalu bilas bersih. Garam inggris bisa membasuh minyak di kulit kepala.
  2. Menambah volume rambut. Tambahkan bagian yang sama antara pelembut rambut/kondisioner dengan garam inggris (misal 1 sm garam dan 1 sm kondisioner), panaskan di wajan yang tidak dipakai, cukup sampai hangat saja. Oleskan campuran ini di kulit kepala hingga merata. Diamkan 20 menit, lalu bilas hingga bersih
  3. Pembersih wajah. Campurkan garam inggris dengan sabun pembersih muka. Gosok perlahan di wajah, bilas hingga bersih.
  4. Melembutkan bibir. Campurkan garam inggris dengan krim oles bibir dan oleskan.
  5. Pereda sakit kepala. Campurkan garam inggris pada air hangat untuk mandi. Garam inggris akan meredakan ketegangan pada otot syaraf dan khasiatnya hebat.
  6. Pencahar. Kegunaan inti dari garam inggris memanglah sebagai pencahar. Minumlah 1 sendok teh garam inggris yang dicampur segelas air hangat. Semoga bisa buang air besar lagi.
  7. Membantu tidur nyenyak. Campurkan garam inggris pada air hangat untuk mandi sebelum tidur.
  8. Menyamarkan memar. Campurkan 2 sendok makan garam inggris dengan air (sampai berbentuk pasta), oleskan pada luka memar. 
  9. Penyubur tanaman. Tambahkan 1 sendok makan ke tanah. Selain menyuburkan, garam inggris membuat rasa buah menjadi lebih manis.
  10. Pembersih mesin cuci. Isi mesin dengan air panas, larutkan garam inggris. Operasikan mesin cuci seperti biasa anda mencuci pakaian. Lalu pakai seperti sedia kala.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.