Monday, August 1, 2016

Daftar Aktor Hong Kong dan Taiwan Kelahiran Negeri Tirai Bambu Cina


  1. Alan Tang. Alan merupakan aktor, sutradara dan juga produser film Hong Kong. Semasa hidup, Alan menjadi sahabat karib artis senior Lidya Shum. Ia lahir di kota Guangzhou, Cina pada tahun 1956. Ia meninggal pada April tahun 2011 di rumahnya akibat serangan jantung. 
  2. Bolo Yeung. Awal karir Bolo adalah sebagai binaragawan dan juga aktor laga. Bolo lahir di Guangzhou pada tahun 1946. Salah satu film yang dibintangi Bolo adalah Legacy of Rage. Di film tersebut, ia beradu akting dengan putra Bruce Lee, Brandon Lee.
  3. Leon Lai. Lahir di Beijing, Cina pada tahun 1966. Ayah Leon merupakan warganegara Indonesia Tionghoa. Ketika masih berusia 4 tahun, kedua orang tuanya bercerai. Kemudian sang ayah memboyong Leon hijrah ke Hong Kong. 
  4. Hu Ge. Ia lahir di Shanghai pada 1982 dan berkarir sebagai aktor di Taiwan. Pada 2006 lalu, ia pernah mengalami kecelakaan parah di mana asisten pribadinya tewas. Hu Ge sendiri harus menjalani operasi dan pemulihan selama setahun. 
  5. Donnie Yen. Donnie merupakan aktor laga seumuran Jet Lee. Ia lahir di kota Guangzhou pada tahun 1963. Ibu Donnie adalah seorang master beladiri Taichi sehingga mempengaruhi Donnie untuk mempelajari beladiri juga. 
  6. Gordon Liu. Dibanding Ti Lung, mungkin nama Gordon kurang menggema bagi pecinta film silat. Ia lahir di provinsi Guangdong, Cina pada tahun 1955. Tahun 2011, ia pernah terserang stroke. Setahun kemudian, ia menceraikan istri kedua akibat tekanan finansial yang diperolehnya.
  7. Jet Lee. Siapa yang tak kenal aktor laga kelas dunia ini? Ia lahir di Beijing, Cina pada tahun 1963 sebagai anak bungsu dari 5 bersaudara. Karir Jet Lee di dunia perfilman diawali oleh beberapa kompetisi wushu yang dimenangkan olehnya.
  8. Michael Miu. Dalam beberapa film bergenre silat pada tahun 80an, Michael memiliki akting yang sangat apik dan juga berwajah tampan. Ia lahir di kota Zhoushan, Cina pada tahun 1958. 
  9. Raymond Lam. Raymond adalah penyanyi sekaligus aktor Hong Kong. Ia lahir di Xiamen, Cina pada tahun 1979. Terlahir sebagai anak dari keluarga konglomerat, ayah Raymond bergerak di bisnis properti dan sering dijuluki sebagai "Lee Ka Shing dari Xiamen".
  10. Patrick Tse. Patrick merupakan ayah kandung dari aktor terkenal Nicolas Tse. Ia lahir di Guangzhou, Cina pada tahun 1936. Patrick banyak berkiprah sebagai penulis naskah, sutradara dan juga produser film ketimbang aktor. 
  11. Ti Lung. Paman dari aktor Hong Kong Jerry Lamb ini lahir di kota Xinhui, Cina pada tahun 1946. Ia pernah bermain dalam film sebagai seorang ayah dari anak yang diperankan oleh Jackie Chan dan suami dari wanita yang diperankan oleh Anita Mui. Ia juga berakting dalam film Butterfly Lover produksi tahun 2009. 
  12. Wu Meng Ta. Ia sering bermain dalam film bergenre komedi. Salah satu film yang terkenal dan dibintangi olehnya adalah Shaolin Popeye bersama tokoh Boboho, bocah laki gendut nan lucu. Wu Meng Ta lahir di Xiamen, Cina pada tahun 1953.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.