Saturday, November 3, 2018

Putri Kerajaan Eropa Yang Meninggal Di Usia Muda


  1. Alberta, Putri Leinengen : 37 Tahun. Lahir pada 24 Desember 1863 sebagai anak sulung dari 2 bersaudara. Ayahnya adalah Ernest Leopold, pangeran Leinengen Ke-4 dan ibunya adalah Marie, putri Baden. 
  2. Alexandra, Putri Bavaria : 49 Tahun. Ia lahir pada 26 Agustus 1826. Alexandra tidak menikah. Ia meninggal di hari yang sama persis dengan adik bungsunya, Adalbert yaitu pada 21  September 1875.
  3. Alexandra Nikolaevna : 19 Tahun. Lahir pada 24 Juni 1825 di St Petersburg, Russia. Alexandra dinikahi oleh pangeran Frederick William, Adipati Hesse-Kassel di usia 18 tahun. Alexandra melahirkan putranya secara prematur dan bayi itu tak bernyawa. Alexandra meninggal tak lama kemudian.
  4. Alexandra Pavlovna, Adipatni Agung Russia : 17 Tahun.  Lahir pada 9 Agustus 1793, Alexandra menikah muda dengan Joseph, Adipati Austria. Setahun setelah menikah, Alexandra melahirkan seorang putri yang diberi nama Alexandrine. Baik Alexandra maupun Alexandrine tidak bertahan hidup lama. Sepeninggal Alexandra, Joseph menduda selama 16 tahun. Joseph kemudian menikah sebanyak dua kali.
  5. Alexandrine Louise, Putri Denmark : 47 Tahun. Lahir pada 12 Desember 1914 sebagai anak ketiga dari lima bersaudara. Semasa gadis, Alexandrine digadang-gadang menjadi istri Edward, Pangeran Inggris (raja Edward VIII). Edward sudah menentukan pilihan pada Wallis Simpson. Pada 22 Januari 1937, Alexandrine menikah dengan Luitpold. Mereka dikaruniai tiga orang anak.
  6. Alice, Putri Inggris : 35 Tahun. Alice lahir pada 25 April 1843 sebagai anak ketiga dari sembilan bersaudara. Alice wafat pada 14 Desember 1878 akibat wabah difteria yang telah menyerang seluruh keluarga intinya kecuali sang putri, Elisabeth. 
  7. Anna, Putri Hesse dan Rhine : 21 Tahun. Lahir pada 25 Mei 1843, Anna merupakan adik ipar dari Alice, putri Inggris yang menikah yang kakak sulung Anna. Anna dinikahi oleh Friedrich Franz II dan dikaruniai seorang putri. Sayang ia meninggal akibat komplikasi melahirkan seminggu kemudian. Franz kemudian menikah terakhir kali dengan Marie, putri Schwazburg-Rudolstadt dan dikaruniai empat orang anak.
  8. Anna, Putri Saksoni : 23 Tahun. Lahir pada 4 Januari 1836. Ia menikah dengan Ferdinand, pewaris adipati agung Tuscany dan dikaruniai dua orang anak. Saat melahirkan anak kedua, Anna wafat.
  9. Anna Henriette, Putri Perancis : 24 Tahun. Ia adalah anak kedua pasangan raja Perancis Louis XV dan Maria Leszczynska yang lahir pada 14 Agustus 1727. Anna memiliki kakak kembar bernama Louise Elisabeth. Hampir semua saudara kandung Anna tidak berusia panjang akibat penyakit termasuk sang kakak kembar. 
  10. Anna Petrovna, Adipatni Agung Russia : 20 Tahun. Lahir pada 27 Januari 1708, Anna kemudian menikah dengan Charles Frederick I, Adipati Holstein-Gottorp dan dikaruniai anak semata wayang yang kelak menjadi kaisar Peter III. Melalui Peter III, lahir keturunan kaisar Russia yang terakhir Nicholas II.
  11. Astrid dari Swedia : 29 Tahun. Lahir pada 17 November 1905, Astrid memiliki pernikahan yang bahagia bersama Raja Belgia Leopold III. Keduanya dikaruniai 3 orang anak. Namun sayang kebahagiaan itu berakhir setelah keduanya mengalami kecelakaan. Mobil yang dikemudikan Leopold lepas kendali dan Astrid terlempar keluar hingga menabrak sebuah pohon. Astrid tewas di tempat akibat terluka parah di kepala. Leopold sendiri mengalami luka ringan di bagian tangan. 
  12. Augusta Reuss, Putri Kostritz : 39 Tahun. Lahir pada 26 Mei 1822, Augusta dinikahi oleh Frederick Francis I, adipati agung Mecklenburg-Schwerin dan dikaruniai enam anak. Augusta wafat pada tahun 1862 akibat gangguan pernafasan yang memicu terjadinya serangan jantung.  Frederick kemudian menikah lagi dengan Anna. Anna juga wafat di usia muda akibat komplikasi setelah melahirkan anak semata wayang. Frederick menikah terakhir kalinya dengan Marie, putri Schwazburg-Rudolstadt dan dikaruniai empat orang anak.
  13. Caroline, Putri Oranye-Nassau : 44 Tahun. Ia adalah cucu dari raja Inggris, George II yang lahir pada 28 Februari 1743. Ibunya adalah anak perempuan sulung dari George II. Ia menikah dengan Charles Christian, pangeran Nassau-Weilburg dan dikaruniai lima belas orang anak. Dari semua anak itu, hanya tujuh yang hidup hingga dewasa.
  14. Caroline Louise, Putri Saks-Weimar-Eisenach : 29 Tahun. Lahir pada 18 Juli 1786, ia menikah dengan Frederick Louis, Pewaris Adipati Mecklenburg-Schwerin. Status Frederick adalah duda dua anak. Istri pertama Frederick meninggal dunia akibat flu. Caroline dan Frederick dikaruniai tiga orang anak yaitu Albert, Helene, Magnus. Albert meninggal di usia 22, sementara Magnus meninggal saat masih bayi. Hanya Helene yang menikah dan memiliki anak. Setelah melahirkan Magnus, kesehatan Caroline menurun. Saat sekarat, ia meminta sang suami untuk menikahi saudara sepupunya, Auguste Frederika. Auguste dan Frederick menikah pada April 1818.
  15. Caroline Reuss, Putri Greiz : 20 Tahun. Lahir pada 13 Juli 1884. Caroline menikah dengan Wilhelm Ernst, Adipati Agung Saks Weimar-Eisenach pada 30 April 1903. Caroline dan Wilhelm menikah hanya selama 1,5 tahun. Caroline wafat akibat radang paru. Namun ada yang menyebut bahwa Caroline bunuh diri. Wilhelm menikah lagi dengan Feodora, Putri Meinengen dan dikaruniai empat orang anak.
  16. Catherine, Adipatni Oldenburg : 19 Tahun. Lahir pada 21 September 1846 sebagai anak kelima dari delapan bersaudara. Beberapa saudara Catherine juga wafat di usia muda. 
  17. Catherine Pavlovna, Putri Russia : 30 Tahun. Lahir pada 10 Mei 1788. Ayah Catherine adalah kaisar Russia, Paul I. Catherine menikah dua kali. Pertama dengan George, Adipati Oldenburg dan dikaruniai dua orang anak. George wafat akibat demam tifoid. Kemudian Catherine menikah lagi dengan William I, Adipati Wurttemberg dan dikaruniai  dua orang anak. Catherine wafat akibat radang paru.
  18. Cecilia, Putri Swedia : 36 Tahun. Cecilia lahir pada 22 Juni 1807. Ia menikah dengan Augustus, Adipati Agung Oldenburg dan dikaruniai tiga orang putra. Kurang lebih seminggu setelah melahirkan putra ketiga, Cecilia meninggal akibat komplikasi melahirkan. Dua putra pertama Cecilia meninggal saat masih bayi. Putra bungsu Cecilia hidup hingga usia 51 tahun.
  19. Charlotte, Putri Prussia : 23 Tahun. Lahir pada 21 Juni 1831, Charlotte dinikahi oleh George, pangeran pewaris Saxe-Meinengen dan dikaruniai 4 orang anak. Charlotte wafat akibat komplikasi setelah melahirkan anak bungsu yang tak bernyawa. Padahal 3 bulan sebelumnya, anak kedua Charlotte baru wafat akibat sakit. Meskipun sang suami sangat terpukul atas wafatnya Charlotte, namun ia tetap menikah lagi demi mencari ibu sambung bagi kedua anaknya. Namun sekali lagi, istri kedua George juga wafat di usia muda akibat demam skarlatina. George menikah lagi ketiga kali dengan wanita non kerajaan bernama Ellen Franz. Ellen berprofesi sebagai pianis dan artis.
  20. Claudine Rhedey : 29 Tahun. Lahir pada 21 September 1912, ia menikah secara morganatik dengan Alexander, adipati Wurttemberg. Keduanya dikaruniai 3 orang anak. Salah satunya adalah Francis, adipati Teck yang merupakan ayah Mary, ratu pendamping Inggris. Jadi Claudine adalah nenek buyut ratu Elizabeth II Inggris. Claudine tewas di usia muda akibat kecelakaan kereta kuda. 
  21. Diana, Putri Wales : 37 Tahun. Lahir pada 1 Juli 1961, Diana adalah istri pertama pangeran Charles sekaligus ibu dari 2 putra. Setelah resmi berpisah dari Charles, Diana diketahui menjalin kasih dengan Dodi Al Fayed. Bersama Dodi dan sang sopir, Diana tewas dalam kecelakaan tunggal di terowongan alma, Paris, Perancis. Hanya seorang yang selamat, yaitu bodyguard pria yang duduk di penumpang bagian depan. Apabila Dodi dan sang sopir, Henry langsung tewas di tempat maka sang putri meninggal beberapa jam sesudahnya.
  22. Elena Pavlovna, Adipatni Agung Russia : 18 Tahun. Menikah di usia muda dan meninggal di usia muda. Begitu gambaran Elena. Elena lahir pada malam natal 1784. Di usia belum genap 15 tahun, Elena dinikahkan dengan Frederick Louis, Pewaris Adipati Mecklenburg-Schwerin. Pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak. Elena meninggal akibat flu.
  23. Elise, Putri Hohenlohe-Langenburg : 19 Tahun. Lahir pada 8 November 1830, Elise adalah putri dari kakak tiri ratu Victoria yang bernama Feodora. 
  24. Elisabeth, Putri Luksemburg : 49 Tahun. Lahir pada 7 Maret 1901. Elisabeth bersuamikan Ludwig Philipp, pangeran Thurn & Taksis dan dikaruniai dua orang anak. Ludwig tewas pada tahun 1933 akibat kecelakaan mobil. Anak sulung Elisabeth dan Ludwig gugur dalam pertempuran Perang Dunia II, di usia 19 tahun. 
  25. Elisabeth, Adipatni Agung Russia : 18 Tahun. Lahir pada 26 Mei 1826 sebagai anak kedua dari lima bersaudara, semuanya perempuan. Elisabeth merupakan adik sepupu dari kaisar Russia, Alexander II. Ia menikah dengan Adolphe I, Adipati Nassau namun hanya berlangsung setahun. Elisabeth wafat saat melahirkan bayi perempuan. Bayi itu juga tidak bertahan hidup.
  26. Elisabeth, Putri Thurn & Taksis : 20 Tahun. Lahir pada 28 Mei 1860. Pada usia 17 tahun, Elisabeth menikah dengan Miguel, Adipati Braganza dan dikaruniai tiga orang anak. Ia wafat akibat komplikasi setelah melahirkan anak bungsu.
  27. Elisabeth Friederieke Sophie, Putri Bradenburg-Bayreuth : 47 Tahun. Ia merupakan anak semata wayang pasangan Wilhelmina, putri Prussia dengan Frederick, Margraf Bradenburg-Bayreuth. Ia menikah dengan Charles Eugene, Adipati Wurttemberg dan tidak dikaruniai anak.
  28. Elizabeth, Putri Yunani dan Denmark : 50 Tahun. Ia lahir pada 24 Mei 1904. Ia merupakan sepupu dari pangeran Philip Inggris dan juga istri dari paman ratu Elizabeth II, George Adipati Kent. Ia meninggal di usia relatif muda akibat kanker.
  29. Feodora, Putri Hohenlohe-Langenburg : 32 Tahun. Lahir pada 7 Juli 1839, ia adalah keponakan ratu Victoria. Ibu kandung Feodora adalah kakak tiri sang ratu. Feodora dinikahi oleh Georg II, adipati Saxe-Meinengen dan dikaruniai 3 anak. Feodora wafat akibat demam skarlatina. 
  30. Francoise, Putri Orleans : 50 Tahun. Lahir pada hari natal 1902. Francoise menikah dengan Christopher, pangeran Yunani & Denmark. Francoise adalah istri kedua Christopher. Istri pertama Christopher adalah Nancy Leeds wafat tak lama setelah mereka menikah. Francoise dikaruniai seorang putra bernama Michael pada tahun 1939. Setahun kemudian, ayah Michael wafat. Ibunya wafat pada tahun 1953.
  31. Giovanna Isabella : 33 Tahun. Lahir pada 8 Juli 1916, Giovanna tewas saat terjadi peristiwa penembakan di Spanyol.
  32. Helena, Adipatni Austria : 20 Tahun. Lahir pada 30 Oktober 1903, Helena menikah muda dengan Philipp Albrecht, adipati pewaris Wurttemberg. Helena wafat seminggu setelah melahirkan putri semata wayang, Maria Christina, Adipati Wurttemberg pada 1924. Diduga ia terserang infeksi pasca melahirkan.
  33. Helena, Putri Waldeck dan Pyrmont : 48 Tahun. Lahir pada 22 Desember 1899, ia dinikahi oleh Nikolaus, pewaris adipati agung Oldenburg pada 26 Oktober 1921. Helena dan Nikolaus dikaruniai 9 orang anak. Dua tahun sepeningggal Helena, Nikolaus menikah lagi. 
  34. Henrietta, Putri Nassau-Weilburg : 32 Tahun. Lahir pada 30 Oktober 1797, Henrietta menikah dengan Charles, Adipati Teschen. Charles adalah keponakan Marie Antoinette, ratu Perancis yang dipenggal pada masa Revolusi. Henrietta wafat akibat tertular demam skarlet saat merawat anak-anaknya yang sakit.
  35. Hildegard, Putri Bavaria : 38 Tahun. Lahir pada 10 Juni 1825. Hildegard menikah dengan Albert, Adipati Teschen dan dikaruniai tiga orang anak. Anak kedua wafat saat masih kecil akibat campak. Anak ketiga wafat di usia 18 tahun akibat terbakar oleh rokok yang ia sembunyikan di balik gaun.
  36. Ines, Putri Bourbon-Parma : 29 Tahun. Lahir pada 9 Mei 1952, Ines memiliki seorang putri yang lahir di luar pernikahan. Putri semata wayang Ines kemudian diadopsi oleh ayah Ines sendiri, pangeran Michel.
  37. Karoline Friederike Marie, Putri Hesse-Kassel : 17 Tahun. Lahir pada 15 Agustus 1811 sebagai anak sulung dari enam bersaudara. Adik perempuan Karoline yang bernama Louise menjadi ratu pendamping Denmark pada tahun 1863. 
  38. Louise, Putri Belanda : 42 Tahun. Lahir pada 5 Agustus 1828 di Haque, Belanda. Louise menikah dengan Charles pada 19 Juni 1850. Louise dan Charles dikaruniai dua anak namun hanya anak sulung hidup hingga usia tua. Louise wafat akibat radang paru. Charles hidup hanya satu setengah tahun sepeninggal Louise. Dari pernikahan Louise dan Charles, lahir keturunan raja Norwegia Harald, ratu Denmark Margarethe dan raja Belgia Philippe.
  39. Louise, Putri Denmark : 31 Tahun. Penyebab putri kelahiran 17 Februari 1875 wafat diduga adalah radang otak. Rumor menyebut bahwa radang otak itu muncul setelah Louise berusaha menenggelamkan diri sendiri di danau kastil milik suami Louise. Louise wafat hanya beberapa hari setelah ayahnya bertahta menjadi raja Denmark, Frederick VIII. Suami Louise yaitu Frederick, pangeran Schaumburg-Lippe menikah lagi dengan Antoine, Putri Anhalt dan dikaruniai dua orang anak.
  40. Louise, putri Saxe-Gotha-Altenburg : 30 Tahun. Lahir pada 21 Desember 1800. Ia menikah pertama kali dengan Ernest 1, adipati Saxe-Coburg-Gotha dan memiliki 2 putra. Putra bungsu Louise menikah dengan ratu Victoria. Setelah diusir dari rumah dan bercerai dari Ernest 1, Louise menikah lagi dengan Alexander Von Hanstein, Count Polzig dan Beiersdorf. Meski pernikahan ini tidak dikaruniai anak, namun keduanya cukup bahagia. Sayang kebahagiaan itu tak lama sebab Louis wafat akibat kanker serviks pada 30 Agustus 1831. Dari pernikahan Louise dan Ernest, lahir keturunan ratu Inggris Elizabeth II, raja Swedia Carl XVI Gustav, ratu Denmark Margarethe dan raja Spanyol Felipe.
  41. Louise Charlotte, Adipatni Mecklenburg Schwerin : 21 Tahun. Ia adalah ibu dari Louise, putri Saks Gotha Altenburg. Semula Louise bertunangan dengan Gustav IV Adolf, raja Swedia. Namun setelah mendapat kabar bahwa sang calon istri tidak cantik, ia pun membatalkan pertunangan. Louise dijodohkan dengan Augustus, adipati Saks Gotha Altenburg. Louise wafat akibat komplikasi setelah melahirkan. Dari pernikahan Louise dan Augustus, lahir keturunan ratu Inggris Elizabeth II, raja Swedia Carl XVI Gustav, ratu Denmark Margarethe dan raja Spanyol Felipe.
  42. Louise Elisabeth, Putri Perancis : 32 Tahun. Ia adalah anak sulung raja Perancis Louis XV dan Maria Lesczynska. Louise memiliki adik kembar bernama Anna Henrietta. Louise dinikahi oleh Philip, Adipati Parma dan dikaruniai tiga orang anak. Putri bungsu Maria Luisa menjadi ratu Spanyol. Louise meninggal akibat cacar air. Adik kembar Louise meninggal terlebih dahulu di usia 24 tahun tanpa menikah, juga akibat cacar air.
  43. Luisa Carlotta, Putri Dua Sisilia : 39 Tahun. Luisa lahir sebagai anak sulung dari dua belas bersaudara. Ayah Luisa adalah Francis I, raja Dua Sisilia. Ibunya adalah Maria Isabella, putri Spanyol. Pernikahan kedua orang tua Luisa berlangsung sangat bahagia. Luisa menikah dengan Fransisco de Paola, pangeran Spanyol. Fransisco merupakan adik kandung dari sang ibunda. Luisa dan Fransisco dikaruniai sebelas orang anak.
  44. Luise, Adipati Mecklenburg : 24 Tahun. Lahir pada tahun 1818 sebagai anak sulung dari 4 bersaudara. 
  45. Margarete Sophie, Adipatni Austria : 32 Tahun. Margarete lahir pada 13 Mei 1870 sebagai anak keempat dari enam bersaudara. Kakak sulung Margarete bersama istrinya tewas dibunuh di Sarajevo, Bosnia pada 28 Juni 1914. Pembunuhan ini memicu Perang Dunia I. Margarete menikah dengan Albrecht, Adipati Wurttemberg pada 1893 dan dikaruniai tujuh orang anak. Empat anak termuda Margarete dan Albrecht meninggal di usia muda. 
  46. Margaretha, Putri Saksoni : 18 Tahun. Lahir pada 24 Mei 1840. Margaretha menikah dengan Karl Ludwig, Adipati Austria pada 1856. Dalam perjalanan ke Italia pada tahun 1858, Margaretha terserang demam tifoid dan wafat.
  47. Margarita, Putri Hohenlohe-Oehringen : 29 Tahun. Margarita lahir pada 1960. Ia dinikahi oleh Karl Emich, pangeran Leiningen pada 8 Juni 1984 dan dikaruniai seorang putri bernama Cecilia. Margarita tewas akibat kecelakaan pada 1989. Karl kemudian menikah lagi dan dikaruniai seorang putri bernama Theresa. Setelah bercerai, Karl menikah terakhir kalinya dengan Isabelle dan dikaruniai seorang putra.
  48. Margarita Amalia, Adipatni Wurttemberg : 43 Tahun. Margarita lahir pada 4 Januari 1902 sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara. Ibunda dan ketiga kakak perempuan Margarita meninggal di usia muda. Margarita tidak pernah menikah.
  49. Maria II, Ratu Portugal : 34 Tahun. Ia lahir pada 4 April 1819 sebagai Maria, putri Beira.
  50. Maria Amalia, Putri Spanyol : 19 Tahun. Amalia lahir pada 9 Januari 1779 di Madrid. Saat ia lahir, ayahnya yang bernama Charles belum bertahta menjadi raja Spanyol. Amalia yang disebut memiliki wajah kurang cantik, dijodohkan dengan pamannya yaitu Antoino Pascual, Pangeran Spanyol. Antonio berusia 39 tahun lebih tua dari Amalia. Mereka menikah pada 25 Agustus 1795. Hari pernikahan ini bersamaan dengan pernikahan adik Amalia yaitu Maria Luisa dengan Luis, Pangeran Parma. Nyaris tiga tahun setelah pernikahan, Amalia melahirkan anak. Proses kelahiran sangat sulit. Bayi yang berjenis kelamin laki-laki itu hanya keluar sampai kepala dan berlangsung selama dua hari sebelum akhirnya dokter mengoperasi. Bayi itu sudah meninggal. Amalia meninggal beberapa jam kemudian. Antonio tidak pernah menikah lagi.
  51. Maria Amalia, Adipatni Wurttemberg : 25 Tahun. Adipatni Maria Amalia sempat bertunangan dengan Georg, pangeran tahta Saksoni. Pertunangan ini tidak berlanjut ke pernikahan sebab Georg berniat menjadi seorang pendeta. Kelak Georg juga wafat di usia muda pada tahun 1943. Maria wafat pada tanggal 13 Agustus 1926, hanya dua hari sebelum ia berulang tahun yang ke-26.
  52. Maria Anna : 40 Tahun. Lahir pada 21 Agustus 1843 sebagai anak kelima dari sebelas bersaudara. Ia menikah dengan George, pangeran pewaris Saksoni dan dikaruniai delapan anak. Pada akhir 1884, anak bungsu Maria sakit parah. Maria merawat sang anak hingga sembuh. Namun Maria kelelahan hingga sakit dan wafat pada 5 Februari 1884. George tidak pernah menikah lagi. Pada 1902, George bertahta menjadi raja Saksoni dan wafat pada tahun 1904.
  53. Maria Annunciata, Putri Bourbon-Dua Sisilia : 28 Tahun. Annunciata lahir pada 24 Maret 1843. Pada 21 Oktober 1862 di Venice, Italia, Maria menikah dengan Karl Ludwig, Adipati Austria. Itu adalah pernikahan pertama dan terakhir buat Annunciata. Sementara buat Karl, itu adalah pernikahan kedua. Mereka dikaruniai empat orang anak. Annunciata meninggal akibat penyakit tuberkulosis.
  54. Maria Antonia, Adipatni Tuscany : 25 Tahun. Ia terlahir sebagai anak semata wayang pasangan Ferdinand, Adipati pewaris Tuscany dengan Anna, putri Saksoni. Saat baru berusia satu tahun, ibunda Antonia wafat. Ayahnya menikah lagi dan Antonia mendapat sepuluh adik tiri. Tiga adik tiri yang paling muda lahir setelah Antonia wafat pada tahun 1883. Antonia tidak memiliki kesehatan yang prima. Lima bulan sebelum wafat, ia pindah ke Cannes, Perancis dengan harapan kesehatannya membaik.
  55. Maria Caroline, Putri Bourbon-Dua Sisilia : 40 Tahun. Caroline lahir pada 20 November 1820. Pada Januari 1861, Caroline meninggal hampir bersamaan dengan suami dan adik ipar. Diduga ketiganya terserang tifus. Caroline dan sang suami, Carlos adalah saudara sepupu. Pernikahan Caroline dan Carlos tidak dikaruniai anak.
  56. Maria de las Mercedes, Putri Asturias : 24 Tahun. Lahir pada 11 September 1880 sebagai anak sulung dari tiga bersaudara. Ayah Maria merupakan raja Spanyol, Alfonso XII. Adik bungsu Maria menjadi raja Spanyol, Alfonso XIII. Pada hari valentine 1901, Maria menikah dengan Carlos, Pangeran Bourbon-Dua Sisilia. Maria hanya menikmati kehidupan pernikahan selama tiga tahun. Pada 1904, ia wafat setelah melahirkan anak ketiga.
  57. Maria Isabella, Adipatni Wurttemberg : 32 Tahun. Ia lahir pada 30 Agustus 1871. Ia menikah dengan Johann Georg, Pangeran Saksoni pada 5 April 1894 namun tidak dikaruniai anak. Kakak Isabella yang bernama Marie Amelie juga meninggal di usia muda, yaitu 17 tahun. 
  58. Maria Karoline, Putri Saks Coburg dan Gotha : 42 Tahun. Karoline lahir pada 10 Januari 1899 sebagai anak ketiga dari delapan bersaudara. Karoline terlahir sebagai tuna grahita namun sayang ia diperlakukan tidak manusiawi. Pada 6 Juni 1941, Maria bersama pasien lain dieksekusi mati dengan cara menghirup gas.
  59. Maria Kirillovna, Adipati Agung Russia : 44 Tahun. Lahir pada 2 Februari 1907, Maria merupakan putri dari pasangan Kirill Vladimirovich, Adipati Agung Russia dan Victoria Melita, putri Saxe Coburg-Gotha. Ia menikah dengan Karl, Pangeran Leinengen Ke-6 pada 1925 dan dikaruniai 7 anak. Sayang sang suami meninggal kelaparan di tahanan Russia pada akhir Perang Dunia II. Lima tahun kemudian, Maria wafat akibat serangan jantung. 
  60. Maria Mikhailovna, Adipatni Agung Russia : 21 Tahun. Lahir pada tahun 1825 dan wafat pada tahun 1846. Ia adalah cucu kaisar Russia, Paul I dan juga adik sepupu dari kaisar Russia, Alexander II. Sejak lahir, kesehatan Maria memang rapuh. Ia wafat di dekapan ayahnya. Adik perempuan Maria meninggal di usia 18 tahun saat melahirkan.
  61. Maria Petrovna Galitzine : 31 Tahun. Lahir pada 11 Mei 1988 di Luksemburg. Maria merupakan cicit dari kaisar Austria terakhir, Carl I dengan permaisuri Zita. Maria menikah dengan pria keturunan India bernama Rishi Roop Singh pada 2017. Ia dan suami dikaruniai seorang putra bernama Maxim. Maria wafat hanya seminggu sebelum berulang tahun yang ke-32 tahun di Houston, Texas. Diduga ia menderita kelainan jantung.
  62. Maria Theresa, Adipatni Wurttemberg : 29 Tahun. Lahir pada 16 Agustus 1898, Maria juga bernasib sama seperti kakak perempuan dan adik perempuannya. Mereka tidak pernah menikah dan meninggal di usia muda. Salah satu adik Maria Theresa meninggal saat masih berusia tujuh bulan.
  63. Marie, Putri Orleans : 44 Tahun. Lahir pada 13 Januari 1865, Marie dinikahi oleh Valdemar, pangeran Denmark. Valdemar adalah putra bungsu raja Denmark, Christian IX dan juga adik kandung dari ratu pendamping Inggris Alexandra. Marie dinikahi Valdemar pada 20 Oktober 1885 dan dikaruniai 5 orang anak, yaitu 4 putra dan yang bungsu adalah putri. Kelak putri mereka, Margaret akan menjadi ibunda dari Anne, ratu pendamping Rumania.
  64. Marie, Putri Prussia : 32 Tahun. Lahir pada 14 September 1855. Marie menikah dua kali. Pertama adalah dengan Henry, pangeran Belanda pada 23 Agustus 1878. Baru setahun berumah tangga, Henry wafat akibat campak. Pada 6 Mei 1885, Marie menikah dengan Albert, pangeran Saks Altenburg. Marie dan Albert dikaruniai dua orang anak. Marie wafat akibat komplikasi setelah melahirkan.
  65. Marie, Putri Saks-Altenburg : 44 Tahun. Lahir pada 2 Agustus 1854, Marie menikah dengan Albert, pangeran Prussia pada 9 April 1873 di Berlin, Jerman. Marie berusia 17 tahun lebih muda daripada Albert. Alasan Albert menikah terlambat (pada jamannya, usia 36 terbilang terlambat) dikarenakan pernikahan kedua orang tuanya yang tidak bahagia dan kemudian berakhir perceraian. Marie dan Albert dikaruniai tiga orang putra. 
  66. Marie, Putri Waldeck dan Pyrmont : 24 Tahun. Lahir pada 23 Mei 1857, Marie dinikahi oleh William, pangeran Wurttemberg dan dikaruniai 2 orang anak. Marie meninggal dunia seminggu setelah melahirkan anak ketiga yang berjenis kelamin perempuan pada 1882.
  67. Marie Adelaide, Adipatni Agung Luksemburg : 29 Tahun. Lahir pada 14 Juni 1894 sebagai anak sulung dari enam bersaudara. Kelima adik Marie adalah perempuan. Meski kerajaan Luksemburg menggunakan hukum Salic, namun pada 10 Juli 1907 ayah Marie mengumumkan bahwa Marie Adelaide adalah pewaris tahta. Ini karena Marie tidak memiliki saudara laki-laki. Marie masuk biara di Modena, Italia pada tahun 1920. Namun kemudian ia meninggalkan biara sebab kesehatannya menurun. Marie meninggal akibat influensa di Bavaria, Jerman. Tahta Marie diteruskan oleh adiknya, Charlotte.
  68. Marie Alexandra, Putri Baden : 41 Tahun. Lahir pada 1 Agustus 1902, Marie dinikahi oleh Wolfgang, pangeran Hesse pada 1924. Pernikahan ini tanpa anak. Pada Januari 1944 terjadi perang dunia II. Marie bersama 7 pekerja wanita lain tewas setelah bangunan tempat mereka berlindung ambruk akibat digempur oleh tentara Amerika Serikat. Tubuh Marie hancur hingga sulit dikenali. Melalui sang ibunda, Marie merupakan cucu dari Thyra, Putri Denmark dan Ernest Augustus, Pangeran Pewaris Hanover. 
  69. Marie Amalie, Adipatni Wurttemberg :17 Tahun. Marie lahir pada malam natal tahun 1865. Adik perempuan Marie bernama Maria Isabella juga wafat di usia muda yaitu 32 tahun. 
  70. Marie Christine, Putri Orleans : 25 Tahun. Ia lahir pada 12 April 1813 di Italia. Marie menikah dengan Alexander, Adipati Wurttemberg dan dikaruniai seorang putra bernama Philipp. Semasa hidup, Marie dikenal bertalenta seni. Ia mahir memahat patung dan melukis. Marie wafat akibat tuberkulosis. Sepeninggal Marie, Alexander tidak menikah lagi. Alexander adalah adik ipar dari Ernest I, Adipati Saks Coburg & Gotha.
  71. Marie Christine, Putri Prussia : 19 Tahun. Malang nasib putri Jerman ini. Ayah Marie wafat ketika ia masih berusia 3 tahun akibat radang usus buntu. Marie lahir pada 18 Juli 1947. Pada 1966, Marie tewas setelah terluka parah akibat kecelakaan mobil. 
  72. Marie Gabrielle, Adipatni Bavaria : 34 Tahun. Lahir pada 9 Oktober 1878, banyak anggota keluarga Marie yang meninggal di usia muda. Berawal dari anak kedua Marie yang bernama putri Irmingard meninggal pada 1903 di usia 7 bulan akibat difteria. Tahun 1912 menjadi tahun yang menyedihkan. Kakak tiri Marie yang bernama Amalie meninggal pada akhir Mei 1912 setelah melahirkan anak ke-9. Lalu anak bungsu Marie yang bernama Rudolf meninggal pada Juni 1912 di usia 3 tahun akibat diabetes. Disusul lagi oleh adik bungsu Marie yang bernama Franz Joseph meninggal pada September 1912 akibat polio. Marie sendiri kemudian meninggal pada Oktober 1912 akibat gagal ginjal. Tak berhenti sampai di situ. Pada 1914, anak sulung Marie yang bernama Luitpold meninggal akibat polio, penyakit sama yang merenggut nyawa sang paman. 
  73. Marie Louise, Putri Schaumburg-Lippe : 43 Tahun. Ia adalah anak sulung dari 3 bersaudara yang lahir pada 10 Februari 1897. Ibunya bernama Louise juga wafat di usia muda akibat radang otak. Adiknya bernama Stephanie Alexandra juga wafat di usia muda setelah melahirkan bayi kembar yang berjenis kelamin laki-laki.
  74. Marie Luise Dagmar, Putri Schaumburg-Lippe : 41 Tahun. Lahir pada 10 Februari 1897 sebagai anak sulung dari tiga bersaudara. Ayah Marie adalah Frederick dan ibu Marie adalah Louise, putri Denmark. Marie dan kedua adik kandungnya merupakan cucu dari raja Denmark Frederick VIII. Marie menikah dengan Frederick Sigismund, pangeran Prussia dan dikaruniai dua orang anak. Suami Marie tewas setelah terjatuh dari kuda dalam pertandingan internasional di Lucerne, Swiss.
  75. Martha, Putri Swedia : 53 Tahun. Lahir pada 28 Maret 1901 sebagai anak kedua dari empat bersaudara. Ayah Martha adalah Carl, pangeran Swedia dan ibu Martha adalah Ingeborg, putri Denmark. Jadi Martha adalah cucu dari raja Swedia Oscar II sekaligus juga cucu dari raja Denmark, Frederick VIII. Pada 1929, ia menikah dengan Olav, pangeran pewaris Norwegia dan dikaruniai tiga orang anak. Martha wafat sebelum ia menjadi ratu Norwegia. Suami Martha bertahta menjadi raja Norwegia pada tahun 1957.
  76. Mathilda, Adipatni Austria : 18 Tahun. Lahir pada 25 Januari 1849. Suatu hari Mathilda pergi ke teater mengenakan gaun yang berbahan mudah terbakar. Kemudian ia merokok, hal yang dilarang oleh ayahnya. Saat ayahnya datang, Mathilda buru-buru menyembunyikan di balik gaunnya dan langsung membakar. Mathilda tewas setelah mengalami luka bakar parah.
  77. Mercedes dari Orleans, Ratu Pendamping Spanyol : 18 Tahun. Lahir pada 24 Juni 1860, Mercedes menikah di usia yang sangat muda dengan Alfonso XII, Raja Spanyol. Tak lama setelah bulan madu, Mercedes menderita demam tifoid dan meninggal 2 hari setelah berulang tahun yang terakhir. Alfonso bersiap untuk menikahi kakak kandung Mercedes yaitu putri Maria Cristina. Namun tak terwujud sebab Maria kemudian wafat akibat tuberkulosis pada usia 26 tahun, hanya berselang 10 bulan selepas kepergian Mercedes. 
  78. Mathilde, Putri Lippe : 31 Tahun. Lahir pada 27 Maret 1875 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara. Mathilde merupakan tante dari pangeran pendamping Belanda, Bernhard. Namun Mathilde wafat sebelum Bernhard menikah dan bertahta di Belanda.
  79. Mathilde Caroline, Putri Bavaria : 48 Tahun. Lahir pada 30 Agustus 1813. Ia menikah dengan Louis III, Adipati Agung Hesse. Pernikahan ini tidak dikaruniai anak.
  80. Renata, Adipatni Austria : 47 Tahun. Lahir pada 2 Januari 1888. Renata menikah dengan pangeran Jerome Radziwill pada 15 Januari 1909 dan dikaruniai enam orang anak. Renata dan Jerome menjadi besan dengan George, Pangeran Yunani dan Denmark dan Marie Bonaparte. Salah satu anak mereka yaitu pangeran Dominic Rainer Radziwill menikah dengan putri Eugenie. Setelah Renata wafat pada tahun 1935, Jerome menikah lagi. Jerome hidup hingga tahun 1945.
  81. Sophie, Putri Luksemburg : 39 Tahun. Lahir pada 14 Februari 1902. Ia menikah dengan Ernst Heinrich, pangeran Saksoni dan dikaruniai tiga orang anak yang semuanya laki-laki. Sophie wafat akibat radang paru di Munich, Jerman.
  82. Sophie, Putri Perancis : 47 Tahun. Ia adalah anak kedelapan dari sepuluh bersaudara pasangan raja Perancis Louis XV dan Maria Leszczysnka. Keponakan Sophie yaitu raja Louis XVI mengenang sang putri dengan memberi nama anak bungsunya. Namun sayang putri Sophie yang lahir pada 1786 wafat di usia 1 tahun.
  83. Sophie, Putri Saks-Weimar Eisenach : 25 Tahun. Lahir pada 25 Juli 1888 sebagai anak bungsu dari 3 bersaudara. Kakak kedua Sophie yang bernama Albert William tewas dalam pertempuran perang dunia I tahun 1918. Sophie sendiri tewas akibat bunuh diri setelah keinginannya menikah dengan putra bankir ditolak oleh keluarganya. 
  84. Sophie, Putri Saksoni : 21 Tahun. Lahir pada 18 Maret 1845, Sophie meninggal akibat influenza. Ia menikah dengan Karl Theodor, Adipati Bavaria dan dikaruniai seorang putri bernama Amalie. Sophie wafat akibat influenza. Kelak Amalie juga tidak berusia panjang, ia meninggal di usia 46 tahun setelah melahirkan anak ke-9.
  85. Sophie, Adipatni Vendome : 29 Tahun. Lahir pada 19 Oktober 1898 sebagai anak kedua dari 4 bersaudara. Seluruh saudara Sophie hidup hingga usia tua. 
  86. Sophie Charlotte, Adipatni Bavaria : 50 Tahun. Lahir pada 23 Februari 1847, Sophie menikah dengan pangeran Ferdinand dan dikaruniai 2 orang anak. Sophie tewas akibat kebakaran di bazaar di Paris, Perancis. Awalnya Sophie bisa saja selamat sebab ia diselamatkan terlebih dahulu. Namun ia bersikeras agar para perempuan yang membantunya di bazaar untuk diselamatkan terlebih dahulu. Tubuh Sophie yang terbakar hebat tak dapat lagi dikenali oleh asisten pribadinya. Dokter gigi Sophie yang berjasa menemukan jasad Sophie.
  87. Stephanie, Putri Hohenzollern Sigmaringen : 22 Tahun. Lahir pada 15 Juli 1837, Stephanie dinikahi oleh Pedro V, Raja Portugal pada 1858. Namun setahun kemudian, Stephanie wafat akibat difteria. Sang suami menyusul setahun kemudian akibat kolera. 
  88. Stephanie Alexandra, Putri Schaumburg-Lippe : 25 Tahun. Lahir pada 19 Desember 1899, Stephanie merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara. Ibu, kakak sulung, kakak ipar dan putra Stephanie juga tidak memiliki usia panjang. Stephanie wafat setelah melahirkan bayi kembar laki-laki. Satu bayi sudah tak bernyawa, dan yang satu lagi hanya hidup beberapa jam. Stephanie dan kedua kakaknya merupakan cucu dari raja Denmark, Frederick VIII. 
  89. Sybille Marguerite, Putri Hesse : 48 Tahun. Sybille lahir pada tahun 1877 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara. Kakak sulung Sybille wafat di usia 33 tahun di atas kapal yang berlayar dari Batavia/Jakarta menuju ke Singapura. Kakak Sybille yang lain wafat di usia 10 tahun akibat infeksi tulang. Sybille menikah dengan Baron Friedrich von Vincke namun bercerai hanya dua tahun sebelum Sybille wafat.
  90. Therese Petrovna, Adipatni Oldenburg : 31 Tahun. Lahir pada 30 Maret 1852, Therese dinikahi oleh George, Adipati Oldenburg dan dikaruniai seorang putra. 
  91. Victoria Margaret, Putri Prussia : 33 Tahun. Lahir pada 17 April 1890, ia menikah dengan Heinrich XXXIII Reuss, pangeran Kostritz. Setahun setelah bercerai, Victoria meninggal akibat influenza. 
  92. Victorie, Putri Bourbon-Parma : 44 Tahun. Lahir pada 8 November 1957, Victorie merupakan adik kandung Ines yang juga wafat di usia muda. 
  93. Wilhelmina, Putri Prussia : 49 Tahun. Lahir pada 3 Juli 1709, Wilhelmina merupakan cucu raja Inggris, George I. Ia menikah dengan Frederick, Margraf Bradenburg-Bayreuth dan dikaruniai seorang putri bernama Elisabeth Friederieke. Elisabeth menikah namun tidak dikaruniai anak dan juga berusia tidak panjang seperti ibunya.
  94. Xenia Nikolaievna, Putri Russia : 42 Tahun. Lahir pada 27 Maret 1921. Menikah pertama kali dengan Paul-Marcel pada 27 Maret 1940, tepat di hari ulang tahun Xenia yang ke-19 tahun. Kemudian Xenia menikah lagi dengan Chevalier Jean Albert pada 1951. Xenia meninggal pada 1963. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.