Tuesday, November 13, 2018

Putri Kerajaan Eropa Yang Bercerai

Daftar ini tidak termasuk Inggris.
  1. Caroline, Putri Monako. Caroline adalah putri sulung pasangan Rainier, pangeran Monako dengan Grace Kelly. Pernikahan pertama adalah dengan Phillipe Junot pada 1978 dan hanya bertahan 2 tahun tanpa anak. Pada akhir Desember 1983, Caroline dinikahi oleh pembalap kapal air bernama Stefano Casiraghi. Saat menikah, Caroline sudah mengandung sekitar 6 bulan. Keduanya menikah selama 7 tahun dan dikaruniai total 3 orang anak. Stefano tewas akibat kecelakaan balap. Pada Januari 1999, Caroline dinikahi oleh Ernst, pangeran Hanover. Status Ernst kala itu adalah duda dengan 2 orang anak dan Caroline dalam kondisi hamil 3 bulan. Keduanya dikaruniai seorang putri.
  2. Caroline Mathilde, Putri Saxe-Coburg dan Gotha : 71 Tahun. Menikah pertama kali dengan Friedrich pada 1931 dan dikaruniai 3 orang anak. Setelah bercerai, Caroline menikah kedua kali dengan seorang kapten penerbangan bernama Max pada 1938 dan dikaruniai 3 orang anak. Sang mantan suami, Friedrich kemudian tewas di langit Inggris dalam Perang Dunia II. Pernikahan kedua hanya berlangsung 6 tahun sebab Max juga tewas dalam kecelakaan pesawat pada 1944. Caroline menikah ketiga kali dengan Karl Otto Andree pada 46. Pernikahan yang menjadi terakhir ini hanya berlangsung kurang dari 3 tahun. 
  3. Catherine Alexandrovna Yurievskaya : 81 Tahun. Lahir pada 9 September 1978, Catherine merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara kaisar Russia Alexander II dengan istri kedua, Catherine Dolgorukov. Pertama menikah dengan Alexander Baryatinsky dan dikaruniai 2 orang anak. Setelah Alexander wafat akibat sakit pada 1913, Catherine menikah lagi dengan Sergei Obolensky pada 1916 dan bercerai pada 1923.
  4. Christina Margarethe, Putri Hesse : 78 Tahun. Christina merupakan keponakan dari pangeran Philip Inggris. Putri Sophie adalah ibunda Christina sekaligus kakak nomer 4 pangeran Philip. Suami pertama yang dinikahi adalah Andrew, pangeran Yugoslavia. Dengan Andrew, ia dikaruniai 2 orang anak. Suami kedua adalah pria non kerajaan dan dikaruniai 2 orang anak.
  5. Putri Elena, Adipatni Lugo. Lahir pada 20 Desember 1963, Elena merupakan putri pertama mantan raja Spanyol, Juan Carlos dan Sofia. Ia bercerai dari Jaime de Marichalar, pria non kerajaan yang telah memberinya 2 orang anak. 
  6. Elena, Putri Rumania. Elena adalah putri kedua dari 5 bersaudara. Ayahnya adalah raja Rumania yang digulingkan, Michael. Elena menikah pertama kali dengan Robin pada 1983 dan dikaruniai 2 orang anak. Pada 1998, Elena menikah kedua kali dengan Alexander Nixon.
  7. Elisabeth, Putri Rumania : 62 Tahun. Elisabeth adalah cucu pangeran Alfred dan cicit ratu Victoria. Semasa hidup, ia dikenal tertutup dan tidak suka bersosialisasi. Pada 1921, ia dinikahi oleh raja Yunani, George II dan bercerai pada 1935. Pernikahan belasan tahun ini tidak dikaruniai anak. Setelah bercerai, masing-masing tidak menikah kembali. George meninggal di usia 56 tahun akibat serangan jantung. 
  8. Elisabeth Christine, Adipatni Mecklenburg. Menikah dengan Alhard pada 15 November 1974 dan dikaruniai tiga orang anak. Elisabeth dan Alhard bercerai pada akhir 1997.
  9. Elisabeth Maria, Putri Bavaria : 91 Tahun. Elisabeth lahir pada 10 Oktober 1913 sebagai anak bungsu dari dua bersaudara. Elisabeth menikah pertama pada 1939 dengan Franz Joseph dan dikaruniai tiga orang anak. Franz tewas dalam permulaan Perang Dunia II pada tahun 1941. Tiga tahun kemudian, Elisabeth menikah lagi dengan Ernst Kustner dan dikaruniai empat orang anak. Elisabeth dan Kustner bercerai pada 1953. 
  10. Elizabeth, Putri Yugoslavia. Suami pertama adalah Howard Oxenberg dan dikaruniai 2 orang anak. Suami kedua adalah Neil Balfour dan dikaruniai seorang anak. Dua pernikahan ini berakhir cerai. Pernikahan terakhir adalah dengan bekas perdana menteri Peru, Manuel Elias pada 1987. Pernikahan ini berakhir dengan pisah namun tidak bercerai. Pada 1992, Manuel meninggal dunia. 
  11. Guda, Putri Waldeck dan Pyrmont. Pada 1958, Guda menikah dengan Friedrich William, Pangeran Wied. Setelah dikaruniai dua orang anak, Guda bercerai dari Friedrich pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Guda menikah dengan pria non kerajaan dan dikaruniai dua orang anak.
  12. Helen, Putri Yunani dan Denmark : 86 Tahun. Helen adalah salah satu cucu Victoria, putri kerajaan Inggris. Ia dinikahi oleh raja Rumania Carol II dan dikaruniai seorang putra yang menjadi raja Rumania, Michael. Sebelum menikah, Helen sudah mengetahui kelakuan Carol yang doyan main perempuan. Akan tetapi Helen tetap ingin menikah dengan Carol. Benar saja, Carol berselingkuh dengan wanita bernama Magda. Pernikahan Helen dan Carol hanya berlangsung 7 tahun. Keduanya bercerai pada 1928. Helen dan sang putra Michael hadir dalam pernikahan putri (kemudian ratu) Elizabeth II dengan pangeran Philip pada November 1947 silam.
  13. Helena, Putri Yugoslavia. Ia menikah dengan pria non kerajaan bernama Thierry Gaubert pada 12 Januari 1988 dan dikaruniai anak. Helena kemudian menikah lagi dengan pria non kerajaan bernama Stanislaus Fougeron pada 2018.
  14. Helene, putri Yugoslavia. Helene adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. Ia memiliki saudara kembar laki-laki bernama Sergius dan juga memiliki 2 kakak laki-laki kembar bernama Dimitri dan Michael. Helene dinikahi oleh Thierry Alexandre Gaubert dan dikaruniai 3 orang anak. Setelah bercerai, Helene dinikahi oleh Stanislas Fougeron.
  15. Henriette, Putri Schonaich-Carolath : 53 Tahun. Lahir pada 25 November 1918, Henriette sudah menjadi yatim saat berusia 1,5 tahun. Ayahnya, pangeran Johann wafat pada 7 April 1920. Ibu Henriette yaitu Hermine menikah lagi dengan eks kaisar Jerman, Wilhelm II pada 5 November 1922. Henriette menjadi anak tiri kesayangan Wilhelm. Pada 5 Oktober 1940, Henriette menikah dengan salah satu cucu Wilhelm yaitu pangeran Karl Franz dan dikaruniai tiga orang anak. Pernikahan ini berlangsung enam tahun dan berakhir dengan perceraian pada 5 September 1946.
  16. Ileana, Putri Rumania : 82 Tahun. Ayahnya adalah raja Rumania, Ferdinand I dan ibunya adalah Marie, ratu pendamping Rumania. Melalui ratu Marie, Ileana adalah salah satu cicit ratu Inggris Victoria dan cucu pangeran Alfred, adipati Saks Coburg & Gotha. Suami pertama Ileana adalah Anton, adipati Austria. Keduanya dikaruniai 6 orang anak. Setelah bercerai, Ileana menikah lagi dengan dokter Stefan Nikolas pada 1954 dan bercerai pada 1965. Pernikahan kedua ini tanpa anak.
  17. Ilona, Adipatni Austria : 83 Tahun. Lahir pada 20 April 1927. Ilona menikah dengan Georg Alexander, Adipati Mecklenburg dan dikaruniai empat orang anak. Setelah mengarungi bahtera rumah tangga selama 28 tahun, Ilona dan Georg bercerai. Ilona dan Georg tidak menikah lagi.
  18. Ines, Putri Bourbon-Dua Sisilia. Semula Ines dilarang menikah dengan Luis de Morales y Aguado disebabkan Luis bukan dari kalangan kerajaan. Namun setelah ayah Ines wafat pada tahun 1964, Ines tetap ingin menikah dengan Luis. Maka pernikahan pun dihelat pada 30 Januari 1965. Ines dan Luis dikaruniai lima orang anak. Pernikahan berakhir pada tahun 1978.
  19. Irina Nikolaievna Orlova, Putri Russia : 71 Tahun. Irina menikah dengan Hans di Roma, Italia pada 27 Maret 1940 dan dikaruniai seorang putri. Setelah bercerai pada 1946, Irina melahirkan seorang putra. Ia kemudian menikah dengan Anthony Adama di Haque, Belanda pada 1960. 
  20. Irina Pavlovna Paley : 86 Tahun. Irina merupakan putri dari adipati agung Paul Alexandrovich. Berarti ia adalah sepupu dari kaisar Russia, Nicholas II. Ia menikah pertama kali dengan pangeran Feodor Alexandrovich. Feodor adalah putra dari Xenia, adipati agung dan juga keponakan Nicholas II. Pernikahan ini dikaruniai seorang putra. Saat masih terikat pernikahan, Irina berselingkuh dengan Hubert dan dikaruniai seorang putri. Irina dan Feodor bercerai pada 1936. Feodor tidak menikah lagi.
  21. Isabella, Putri Bourbon-Parma : 93 Tahun. Ayah Isabella adalah pangeran Sixtus dan ibunya adalah Hedwige. Oleh karena ibunda Isabella bukan dari kalangan kerajaan, maka pernikahan ayah dan ibu Isabella dianggap tidak ada oleh paman Isabella yang bernama Elias. Namun pada tahun 1959 saat kakak sepupu Isabella bernama Robert Hugo menggantikan sang ayah (Elias). Robert Hugo mengakui pernikahan kedua orang tua Isabella. Pada 23 Juni 1946, Isabella menikah dengan sepupu jauh bernama Roger dan dikaruniai lima orang anak. Isabella dan Roger bercerai pada tahun 1966.
  22. Johanna, Putri Hesse-Philippsthal-Barchfeld. Ayah Johanna bernama Wilhelm tewas pada 1942 saat pertempuran Perang Dunia II. Johanna menjadi yatim di usia 4 tahun. Johanna menikah dua kali dengan pria non-kerajaan. Pernikahan pertama terjadi pada 1957 dan tidak dikaruniai anak. Pernikahan kedua terjadi pada 1963 dan dikaruniai anak.
  23. Katarina, Putri Yugoslavia. Lahir pada 28 November 1959, Katarina menikah dengan Desmond Lorenz Da Silva pada 1987 dan dikaruniai seorang anak. Pada 2010, keduanya bercerai.
  24. Kira, Putri Prussia : 60 Tahun. Kira merupakan salah satu cicit bekas kaisar Jerman, Wilhelm II. Ayahnya adalah Wilhelm, pangeran tahta Jerman. Kira menikah dengan Thomas Frank Liepsner pada 10 September 1973. Kira dan Thomas dikaruniai seorang putri bernama Kira Marina Liepsner. Kira bercerai dari Thomas pada 1984.
  25. Leonida Bagration, Putri Mukhrani dan Adipatni Agung Russia : 95 Tahun. Lahir pada 6 Oktober 1914, suami pertama Leonida adalah Sumner Moore Kirby yang dinikahi pada 1934 dan dikaruniai seorang putri. Pernikahan keduanya berakhir pada 1937. Kemudian Leonida menikah lagi dengan Vladimir Kirilovich dan dikaruniai seorang putri. Vladimir adalah putra dari pasangan Cyrill Vladimirovich dan Victoria Melita, putri Saxe-Coburg dan Gotha. 
  26. Louise, Adipatni Austria : 76 Tahun. Louise menikah sebanyak dua kali. Kedua pernikahan itu berakhir dengan perceraian. Pertama adalah dengan Frederick Augustus, pangeran pewaris Saksoni pada tahun 1891. Louise dan Frederick dikaruniai tujuh orang anak. Empat tahun setelah bercerai, Louise menikah lagi dengan pria biasa pada tahun 1907. Mereka dikaruniai seorang anak dan bercerai pada tahun 1912.
  27. Louise, Putri Prussia : 72 Tahun. Louise menikah dengan Alexis, Landgraf Hesse-Philippsthal-Barchfeld pada 27 Juni 1854. Pernikahan ini tidak dikaruniai anak. Mereka bercerai pada 6 Maret 1861. Louis dan Alexis masing-masing tidak menikah lagi.
  28. Louise, Putri Saxe Coburg Altenburg : 30 Tahun. Louise merupakan istri pertama Ernest I, adipati Saxe Coburg Gotha dan juga ibu dari pangeran Albert serta ibu mertua dari ratu Victoria. Louise dan Ernest tidak memiliki pernikahan yang bahagia. Ernest bukan tipe suami yang setia, sementara Louise meniru perbuatan Ernest dengan berselingkuh. Setelah bercerai pada 1826, Louise dinikahi oleh pria selingkuhannya. Pernikahan kedua Louise cukup bahagia namun beberapa tahun kemudian ia wafat akibat kanker serviks.
  29. Louise Charlotte, Putri Saks Altenburg : 79 Tahun. Louise menikah dengan Eduard, pangeran Anhalt dan dikaruniai enam orang anak. Louise bercerai dari Eduard pada tahun 1918. Beberapa bulan kemudian di tahun yang sama, Eduard wafat.
  30. Mafalda Margarethe, Putri Hesse. Putri Jerman ini diberi nama seperti nama sang nenek yang tewas di usia 41 tahun saat perang dunia II. Mafalda menikah tiga kali. Pertama adalah dengan Enrico pada tahun 1989 namun hanya berlangsung singkat tanpa anak. Pernikahan kedua adalah dengan Carlo Galdo pada tahun 1991 dan dikaruniai dua orang anak. Mafalda bercerai dari Galdo pada tahun 1999. Pada tahun 2000, Mafalda menikah ketiga kali dengan Ferdinando dan dikaruniai tiga orang anak. Mafalda bercerai dari Ferdinando pada tahun 2014.
  31. Margarethe, Putri Waldeck & Pyrmont : 80 Tahun. Pada 27 Maret 1952, Margarethe menikah dengan Franz August. Mereka dikaruniai dua orang anak. Margarethe kemudian bercerai dari Franz pada tahun 1979.
  32. Margarita Maria Beatriz, Putri Bourbon-Parma. Margarita merupakan adik sepupu dari raja Belanda Willem Alexander. Margarita lahir bersama adik kembarnya, pangeran Jaime pada 13 Oktober 1972. Salah satu ibu baptis Margarita adalah Beatrix, bekas ratu Belanda. Orang tua Margarita bercerai saat ia dan Jaime berusia 9 tahun. Pada 22 September 2001, Margarita menikah dengan Edwin dan bercerai pada tahun 2006. Pada 2 Mei 2008, Margarita menikah dengan Tjalling dan dikaruniai dua orang anak. 
  33. Maria Pavlovna, Adipatni Agung Russia. Adipatni ini lahir pada 18 April 1890. Suami pertama adalah pangeran Wilhelm, adipati Sodermanland yang dinikahi selama sekitar 6 tahun. Keduanya dikaruniai seorang putra. Suami kedua adalah pangeran Sergei Mikhailovich Putyatin.  Dari pernikan kedua ini, Maria juga dikaruniai seorang putra. Sayang pernikahan ini juga berakhir dengan perceraian. 
  34. Maria Pia, Putri Bourbon-Parma. Maria dinikahi oleh Alexander, pangeran Yugoslavia pada 1955 dan dikaruniai 2 pasang anak kembar. Kembar pertama adalah laki-laki. Berikutnya adalah kembar laki-laki dan perempuan. Maria dan Alexander bercerai pada 1967. Maria kemudian menikah lagi dengan Michel, pangeran Bourbon-Parma dan bertahan hingga wafatnya Michel di usia 92 tahun.
  35. Maria Vladimirovna, Adipatni Agung Russia. Ia adalah buyut dari kaisar Russia Alexander II melalui ayahnya, adipati agung Kiril. Maria menikah dengan Franz Wilhelm, pangeran Prussia pada tahun 1976 dan dikaruniai seorang putra bernama adipati agung George Mikhailovich. Maria bercerai dari Franz pada 1985 dan tidak menikah lagi.
  36. Marie, Adipatni Mecklenburg-Strelitz : 70 Tahun. Pada 1898, Marie melahirkan seorang putri hasil hubungannya dengan Hecht, pegawai istana yang sudah beristri. Putri Marie kemudian diasuh oleh neneknya, Augusta,Pernikahan pertama Marie pada 22 Juni 1899 adalah dengan George Jametel. Marie dan George dikaruniai dua orang anak. Marie bercerai dari George pada tahun 1908 disebabkan George yang doyan berselingkuh. Pernikahan kedua Marie adalah dengan Julius Ernst, Pangeran Lippe dan dikaruniai dua orang anak. 
  37. Marie, Putri Rumania. Marie adalah putri bungsu dari 5 bersaudara. Ayahnya adalah Michael, raja Rumania yang digulingkan. Ia dinikahi oleh Kazimierz pada 1995 dan tidak dikaruniai anak. Pernikahan ini hanya bertahan 8 tahun. Dari keempat kakak Marie, hanya pernikahan kakak sulungnya yang satu-satunya bertahan. Kakak sulung Marie yang bernama Margareta dinikahi oleh Radu Duda namun sayang tidak dikaruniai anak.
  38. Marie Adelheid, Putri Lippe : 98 Tahun. Usia putri yang panjang ini diwarnai dengan kehidupan pernikahan yang unik. Ia pertama kali menikah dengan Heinrich XXXII. Namun Marie hamil bukan dari hubungan dengan sang suami, melainkan dengan adik sang suami. Sebelum ia melahirkan, Marie menceraikan sang kakak demi menikahi sang adik, Heinrich XXXV. Pernikahan dengan sang adik ini hanya berlangsung dua tahun. Pada tahun 1927, Marie menikah lagi dengan pria biasa bernama Hanno dan bercerai pada tahun 1936.
  39. Marie Cecile, Putri Prussia. Marie merupakan salah satu cicit bekas kaisar Jerman, Wilhelm II. Ayah Marie adalah pangeran tahta Wilhelm. Marie menikah dengan Friedrich August, Adipati Oldenburg pada 1965 dan dikaruniai tiga orang anak. Meski pernikahan telah berjalan 24 tahun, keduanya memilih untuk bercerai. Empat pernikahan saudara kandung Marie juga berakhir dengan perceraian. Satu saudara kandung Marie tewas di usia muda akibat kecelakaan.
  40. Marie, Putri Saks Altenburg : 59 Tahun. Marie menikah dengan Heinrich XXXV dari tahun 1911 hingga 1921. Pada tahun yang sama, Heinrich menikah lagi dengan Marie Adelheid, Putri Lippe. Namun pernikahan Heinrich dan Marie Adelheid hanya berjalan dua tahun dan bercerai.
  41. Marie Luise Reuss, Putri Kostriz : 70 Tahun. Menikah pertama dengan Erich Theisen pada 7 Juni 1941 dan dikaruniai seorang putri. Setelah bercerai pada 1946, Marie menikah lagi dengan dr Alexander Bodey pada tahun 1954. Pernikahan kedua ini hanya bertahan dua tahun tanpa anak.
  42. Marie Therese, Adipatni Wurttemberg. Marie Therese hanya sekali menikah, yaitu dengan pangeran Henri pada 5 Juli 1957. Ia dikaruniai lima orang anak. Marie bercerai dari Henri pada tahun 1984. Pada tahun yang sama, Henri menikah lagi dengan Micaela dan tidak dikaruniai anak. Henri meninggal pada Januari 2019.
  43. Marina Romanov, Putri Russia. Ia adalah anak dari Vasili Alexandrovich dan juga cucu Xenia, Adipati Agung Russia. Suami pertama Marina adalah William Beadleston dan dikaruniai 4 orang anak. Setelah bercerai, Marina dinikahi oleh Daniel Stanberry dan dikaruniai seorang putri. 
  44. Martha Louise, Putri Norwegia. Martha adalah anak sulung dari Harald V, Raja Norwegia. Martha menikah dengan pria non kerajaan yang berprofesi sebagai penulis, Ari Behn. Pernikahan ini menghasilkan 3 orang anak. Sayang keduanya bercerai pada 2017 setelah 15 tahun menjalani biduk rumah tangga. Pada hari natal 2019, Ari Behn bunuh diri. Meski sudah bukan anggota kerajaan, seluruh anggota kerajaan Norwegia hadir dalam upacara pemakaman. 
  45. Mathilde, Putri Saksoni : 82 Tahun. Mathilde menikah dengan Johannes Heinrich, Pangeran Saks Coburg & Gotha pada 15 Oktober 1968. Mereka dikaruniai seorang putra bernama Johannes Albert. Johannes tewas di usia 17 tahun saat mendaki gunung. Mathilde bercerai dari Johannes lima tahun sepeninggal putra semata wayang mereka.
  46. Nadejda Petrovna, Putri Russia : 90 Tahun. Lahir pada 3 Maret 1898, cicit Kaisar Russia Nicholas I ini menikah dengan Nicholas Orlov pada 1917 dan dikaruniai 2 orang putri. Keduanya bercerai pada 1940. Nadejda adalah ibu dari Irina dan Xenia. Pernikahan Nadejda, Irina dan Xenia berakhir dengan perceraian. 
  47. Sophie, Putri Rumania. Sophie terlahir sebagai putri keempat dari 5 bersaudara. Ayahnya adalah raja Rumania yang digulingkan, Michael. Kakak ke-3 Sophie yang bernama Irina harus kehilangan gelarnya sebagai seorang putri akibat melakukan sabung ayam liar di Oregon, Amerika Serikat. Sophie menikah dengan Alain pada 1998 dan dikaruniai seorang putri. Pernikahannya hanya berlangsung 4 tahun. 
  48. Sophie, Putri Saks Weimar-Eisenach : 77 Tahun. Lahir pada 20 Maret 1911. Sophie menikah dengan Friedrich Gunther, Pangeran Schwazburg pada 7 Maret 1938. Pernikahan ini hanya bertahan selama tujuh bulan sebelum berakhir dengan perceraian. Setelah bercerai, baik Sophie maupun Friedrich tidak pernah menikah lagi.
  49. Stephanie Viktoria Luise, Putri Prussia. Stephanie menikah dengan Amadi Mbaraka Bao pada 19 April 1991 dan dikaruniai empat orang anak. Mereka bercerai pada 20 Juli 1999.
  50. Sybille Marguerite, Putri Hesse : 48 Tahun. Ia menikah dengan pria non kerajaan bernama Friedrich von Vincke namun bercerai pada 1923. Sybille wafat pada tahun 1925.
  51. Victoria Margaret, Putri Prussia : 33 Tahun. Ia menikah dengan Henry XXXIII Reuss, Pangeran Kostriz dan dikaruniai dua orang anak. Victoria bercerai dari Henry pada tahun 1922. Setahun sesudah itu, Victoria wafat akibat influenza. 
  52. Victoria Melita, Putri Saxe Coburg dan Gotha : 59 Tahun. Victoria adalah cucu ratu Victoria melalui ayahnya yaitu pangeran Alfred. Ia juga cucu kaisar Russia, Alexander II melalui sang ibu yaitu Maria Alexandrovna, adipati agung Russia. Ia menikah pertama kali dengan sepupunya, yaitu Ernest, adipati agung Hesse dan oleh Rhine. Keduanya dikaruniai seorang putri bernama Elisabeth. Setelah bercerai, masing-masing menikah lagi dan dikaruniai anak. Putri semata wayang mereka meninggal dunia pada 1903 akibat demam tifoid.
  53. Xenia Andreevna, Putri Russia : 81 Tahun. Xenia adalah cucu dari adipati agung Xenia melalui putranya, Andrei. Xenia menikah pertama kali dengan Calhoun di London, Inggris pada pertengahan 1945. Setelah bercerai, Xenia menikah lagi dengan Geoffrey Tooth pada 1958. Dari dua pernikahan ini, Xenia tidak dikaruniai anak. 
  54. Xenia Nikolaievna, Putri Russia : 42 Tahun. Menikah pertama kali dengan Paul-Marcel pada 27 Maret 1940. Kemudian Xenia menikah lagi dengan Chevalier Jean Albert pada 1951. Xenia meninggal pada 1963. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.