Tuesday, November 27, 2018

Artis Indonesia Yang Tetap Menjanda Sepeninggal Suami Tercinta

Dunia keartisan tentu tak jauh dari godaan. Perselingkuhan dan perceraian selalu menjadi sumber berita tanah air sehari-hari. Baru menikah seumur jagung dan anak masih kecil, tak mampu meredam ego seorang selebriti untuk bercerai. Akan tetapi di antara mereka, ada yang berbeda. Mereka yang mampu mengintepretasikan kata setia dalam kehidupan mereka meskipun penuh dengan jalan berliku.
  1. Ade Irawan, almh. Bernama asli Arzia Dahar, Ade dinikahi oleh Bambang Irawan pada 1959 silam. Bambang adalah seorang aktor dan juga sutradara. Dari pernikahan ini, Ade dikaruniai 5 orang anak. Dua di antaranya menjadi artis, yaitu Ria dan Dewi. Seperti keluarga pada umumnya, hidup mereka juga naik dan turun. Rumah mereka pernah disita akibat tidak bisa membayar pinjaman sehingga harus pindah ke kontrakan. Pinjaman yang diambil Bambang itu digunakan untuk memproduksi film. Sekitar tahun 1976, Ade mulai menjadi seorang artis. Hal itu dilakukan demi membiayai pengobatan sang suami sekaligus pendidikan kelima anak mereka. Tiga tahun kemudian, Bambang meninggal dalam usia 47 tahun. Meski Ade menjadi ibu tunggal bagi kelima orang anaknya, namun Ade tetap tegar dan tidak pernah menikah lagi.                                                                                                                                                          Jenazah Ade Irawan Akan Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Suami -  kumparan.com
  2. Laila Sari, Almh. Kehidupan manusia memang seperti berlayar di atas lautan. Kadang tenang, kadang berombak. Begitu pula dengan artis kelahiran Sumatra pada 4 November 1935 ini. Suami pertama Laila adalah Benny Sutanto. Pernikahan yang disahkan pada 1952 ini disebut pernikahan gantung sebab keduanya tidak tinggal serumah dan tidur seranjang. Selama terikat pernikahan, Benny menikahi wanita lain. Setelah berpisah baik-baik, Laila dinikahi oleh Murdadi Iskandar alias Bertje pada 1960. Laila hamil 2 kali namun semua berakhir keguguran. Laila dan Bertje memutuskan mengangkat seorang putri, yang merupakan anak dari adik Bertje. Laila sangat berbahagia memiliki suami seperti Bertje.  Pernikahan Laila dan Bertje dipisahkan oleh maut pada tahun 2000 silam, tepatnya seminggu sepeninggal ibunda Laila. 
  3. Mieke Wijaya. Mieke merupakan istri dari aktor Dicky Zulkarnaen dan juga ibu dari artis Nia Zulkarnaen. Selain Nia, Mieke dan Dicky dikaruniai empat orang anak lagi. Dicky meninggal dunia pada 10 Maret 1995 di usia yang relatif muda yaitu 55 tahun. Oleh karenanya, pernikahan pertama Nia dengan Ahmad Zukarnaen pada 1998 tak dihadiri oleh ayahandanya. Mieke merayakan ulang tahunnya yang ke-80 pada Maret 2020 dihadiri oleh beberapa kerabat termasuk Nia, Ari dan kedua anak mereka.
  4. Titiek Puspa. Artis senior serba bisa Titiek ditinggal wafat sang suami, Mus Mualim pada tahun baru 1991 silam. Kepergian pria yang lahir pada 1935 itu tentu dirasa terlalu dini sebab usianya baru 55 tahun. Sementara usia Titiek juga "baru" 53 tahun. Mus menjadi suami terakhir Titiek. Sekedar informasi, Mus merupakan suami ketiga Titiek. Pernikahan pertama Titiek dengan Soekasno dipisahkan oleh maut sekitar tahun 1957. Setelah menjanda pertama kali, Titiek hijrah ke Jakarta. Kemudian ia menikah dengan Zainal Ardi dan dikaruniai 2 orang putri. Sayang pernikahan dengan pria yang berprofesi sebagai penyiar TVRI ini berakhir cerai. 
  5. Widyawati. Dunia perfilman menyatukan sejoli yang dimabuk asmara. Widya dinikahi oleh Sophan Sophiaan pada 9 Juli 1972 dan dikaruniai 2 orang putra. Pada bulan Mei 2008, sang suami tercinta tewas setelah terjatuh dari motor gede miliknya saat melakukan pawai motor di Ngawi, Jawa Timur. Widya yang berada di lokasi kejadian dan menemani ke rumah sakit tentu mengingat persis detik-detik sang suami tercinta menghembuskan nafas terakhir. Kepergian Sophan yang sangat mendadak tentu sangat memukul Widyawati. Namun Widya tetap tegar melanjutkan hidupnya dan tidak pernah lagi menikah. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.