Monday, November 5, 2018

Pangeran Kerajaan Eropa Yang Meninggal Dunia Di Usia Muda


  1. Adalbert, Pangeran Bavaria : 47 Tahun. Lahir pada 19 Juli 1928 sebagai anak bungsu dari sembilan bersaudara. Salah satu kakak laki-laki Adalbert adalah raja Yunani Otto 1 yang digulingkan pada tahun 1862. Adalbert menikah dengan Amalia, Putri Spanyol dan dikaruniai lima orang anak. Adalbert meninggal di hari yang sama dengan kakak perempuanya yaitu Alexandra, Putri Bavaria di usia 49 tahun.
  2. Adolphus Frederick VI, Adipati Agung Mecklenburg-Strelitz : 35 Tahun. Adolphus lahir pada 17 Juni 1882 sebagai anak ketiga dari empat bersaudara. Adik bungsu Adolphus yang bernama Karl Borwin tewas dalam duel melawan bekas kakak ipar mereka, George Jametel. Kemudian Adolphus tewas akibat bunuh diri pada 23 Februari 1918. 
  3. Albert, Adipati Saxe Coburg Gotha dan Pangeran Pendamping Inggris : 42 Tahun. Lahir pada 26 Agustus 1819 di Jerman. Ia dinikahi oleh ratu Inggris, Victoria pada 10 Februari 1840 dan dikaruniai sembilan orang anak. Albert wafat pada 14 Desember 1861 akibat demam tifoid. 
  4. Albert, Pangeran Saxony : 25 Tahun. Lahir pada 25 Februari 1875, nyawa Albert nyaris terenggut oleh penyakit keras. Beruntung sang ibu merawatnya hingga ia sembuh. Namun sebagai ganti, sang ibu wafat akibat kelelahan di usia 40 tahun. Sayang seribu sayang, usia Albert tampaknya memang tidak ditakdirkan panjang. Ia dapat selamat dari sakit keras, namun tidak dapat selamat ketika ia ditabrak sebuah kereta kuda yang dikemudikan oleh Miguel, pangeran Braganza.
  5. Albert Radziwill : 18 Tahun. Albert lahir pada 10 Mei 1914. Radziwill adalah keluarga bangsawan Polandia. Albert merupakan anak keempat dari enam bersaudara pasangan pangeran Jerome dengan Renata, Adipatni Austria. Ibunda Albert wafat di usia 47 tahun. 
  6. Albert William, Pangeran Saxe-Weimar Eisenach : 31 TahunLahir pada 23 Desember 1886, Albert tewas dalam pertempuran Perang Dunia I di Perancis. Sebelum tewas, Albert sudah bertempur selama empat tahun, yaitu sejak dimulainya Perang Dunia I pada 1914.
  7. Albrecht, pangeran Hohenlohe-Langenburg : 48 Tahun. Lahir pada 7 April 1944, Albrecht terlahir sebagai anak bungsu. Ia memiliki kakak kembar bernama Rupprecht. Albrecht menikah dan memiliki anak. Albrecht dan Rupprecht merupakan cicit dari ratu Victoria melalui pangeran Alfred. 
  8. Albrecht Salvator, Adipati Austria : 24 Tahun. Lahir pada 22 November 1871 sebagai anak kelima dari sepuluh bersaudara. Beberapa adik Albrecht juga meninggal saat masih anak-anak. Albrecht tidak sempat menikah dan memiliki anak.
  9. Alexander, Pangeran Belanda : 29 Tahun. Lahir pada 2 Agustus 1818, Alexander terlahir sebagai anak yang sehat. Ia adalah paman dari Ratu Belanda, Wilhelmina. Namun suatu hari pada 1836, Alexander dan kakaknya, William berjalan kaki di tengah badai ganas. Tiba-tiba sebuah pohon tumbang jatuh tepat menimpa Alexander. Ketika batang pohon itu berhasil dipindahkan, Alexander dalam kondisi pingsan dan berdarah. Ia segera dibawa ke istana namun ia mengalami demam dan mengigau. Meski pulih, namun setelahnya ia tak pernah benar-benar sembuh. Pada November 1847, Alexander terserang tuberkulosis. Ia wafat pada 1948. 
  10. Alexander, Pangeran Belanda : 32 Tahun. Lahir pada 25 Agustus 1851, Alexander diberi nama persis dengan nama pamannya yang meninggal pada 1948. Namun sungguh disayang, Alexander yang ini juga hidup tak lama, ia wafat akibat tifus. Semasa hidup, Alexander dikenang sebagai orang yang disiplin dan cerdas. Kedua kakak Alexander juga sama seperti dirinya, tidak berusia panjang. Kakak sulung yang bernama William hanya hidup hingga usia 38, sementara kakak kedua, Maurice hanya hidup hingga usia 6 tahun.
  11. Alexander, Pangeran Schaumburg-Lippe : 22 Tahun. Lahir pada 20 Januari 1901 sebagai anak ketiga dari empat bersaudara. Alexander merupakan keturunan dari Nicholas I, Kaisar Russia.
  12. Alexander I, Raja Serbia : 26 Tahun. Lahir pada 14 Agustus 1876, ia meneruskan tahta di usia 13 tahun setelah sang ayah mendadak meletakkan tahta. Di usia 23 tahun, ia menikahi seorang janda yang berusia 12 tahun di atasnya, Draga Masin. Draga adalah bekas wanita pendamping sang ibunda. Raja Alex dan sang istri ditembak mati pada pagi hari. Menurut saksi mata, tubuh keduanya dimutilasi dan organ tubuh mereka dikeluarkan dan dibuang ke taman di lantai 1 melalui jendela. Pernikahan keduanya tidak dikaruniai anak.
  13. Alexander I, Raja Yugoslavia : 45 Tahun. Lahir pada 16 Desember 1888. Ia menikah dengan Maria, Putri Rumania pada 1922 dan dikaruniai 3 orang pangeran. Pada November 1932, raja Alex mengatakan bahwa jika hendak melakukan kekacauan di Yugoslavia atau menginginkan rezim berubah, harus membunuh dirinya terlebih dahulu. Sang raja bahkan meminta dirinya ditembak dan dipastikan bahwa dia tewas. Hanya jalan itulah keinginan mereka untuk mengubah Yugoslavia bisa terlaksana. Pada 9 Oktober 1934, Alexander ditembak di atas mobil dan tewas kurang dari 1 jam kemudian akibat kehabisan darah. Peristiwa ini terekam kamera, namun tidak merekam persis ketika sang raja ditembak. 
  14. Alexander, Raja Yunani : 27 Tahun. Alex adalah cicit ratu Victoria melalui putri kerajaan Victoria dan sang ibu putri Sophia, putri Prussia. Ia lahir pada 1 Agustus 1893. Suatu hari Alexander berupaya melerai perkelahian antara anjing istana dengan seekor monyet. Tak dinyana seekor monyet lain muncul dan menggigit paha serta tangan Alexander hingga terluka. Meski sempat dibersihkan dan diplester, namun luka itu mengalami infeksi. Alexander mulai demam tinggi dan mengigau. Ia meminta ibunya datang namun pemerintah Yunani melarang sebab sang ibu sudah mengungsi keluar dari Yunani karena politik. Semula dokter hendak melakukan amputasi namun tak ada yang bertanggung jawab atas tindakan tersebut sehingga tidak dilakukan. Nenek Alexander yaitu ratu Olga datang mendampingi Alexander pada saat terakhirnya.
  15. Alexander Joseph, Pangeran Battenberg : 36 Tahun. Lahir pada 5 April 1857, pria yang akrab disapa Sandro ini memiliki kepribadian yang mempesona. Saat dewasa, Alexander memiliki wajah yang cukup tampan dan tubuh yang tinggi. Alexander kemudian dijodohkan dengan Viktoria, putri Prussia. Nenek Viktoria yaitu ratu Inggris Victoria dan sang ibunda mendukung. Viktoria terpesona dengan Alexander namun sayang perjodohan ini ditentang oleh sang kakak sulung, Wilhelm. Mereka tidak jadi menikah. Sandro kemudian menikah dengan Johanna dan dikaruniai 2 orang anak. Alexander wafat setelah menjalani operasi punggung. 
  16. Alexei Mikhailovich : 19 Tahun. Lahir pada 28 Desember 1875, Alexei merupakan anak bungsu dari 6 bersaudara. Ia merupakan keponakan dari Kaisar Russia, Alexander II. Alexei memiliki paras yang tampan, bertubuh tinggi dan selalu mengenakan seragam. Ia juga cerdas dan ceria. Sayang dari semua kelebihan itu tak bisa mengalahkan penyakit tuberkulosis Alexei. Dua orang kakak lelaki Alexei tewas dibunuh dalam masa revolusi Russia 1918-1919.
  17. Alexis, Pangeran Schaumburg-Lippe : 21 Tahun. Alexis merupakan cicit dari Frederick VIII, raja Denmark yang lahir pada 30 Juli 1922. Alexis tewas dalam Perang Dunia II saat bertempur di Timur Tengah. Ibunda Alexis bernama Stephanie, meninggal di usia 24 tahun setelah melahirkan adik kembar yang berjenis kelamin laki-laki. Kedua adik kembar Alexis ikut meninggal beberapa saat setelah dilahirkan.
  18. Alexis Rainier, Pangeran Bentheim dan Steinfurt : 31 Tahun. Lahir pada 16 Desember 1891, Alexis terlahir sebagai anak ke-7 dari 8 bersaudara.
  19. Anton Ulrich, Pangeran Saxe-Meinengen : 20 Tahun. Lahir pada 23 Desember 1919 sebagai anak sulung dari empat bersaudara. Anton tewas dalam pertempuran awal Perang Dunia II. Kakek dan paman Anton juga tewas dalam pertempuran Perang Dunia I di tahun 1914.
  20. Antonio Gastao, Pangeran Orleans-Braganza : 37 Tahun. Lahir pada 9 Agustus 1881, Antonio tewas akibat kecelakaan pesawat di London, Inggris. Semasa hidup, ia tak sempat menikah dan memiliki keturunan.
  21. August, Adipati Dalarna : 41 Tahun. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara, anak dari raja Swedia, Oscar I. Ia menikah dengan Therese, putri Saks Altenburg namun tidak dikaruniai anak. Ia wafat akibat radang paru.
  22. Augusto, Adipati Coimbra : 41 Tahun. Lahir pada 4 November 1847 sebagai anak kedelapan dari sebelas bersaudara. Ayahnya adalah raja Portugal, Ferdinand II dan ibunya adalah ratu Portugal, Maria II. Sang ibunda wafat di usia muda saat melahirkan adik bungsu Augusto. Tiga kakak laki-laki Augusto wafat di usia muda dalam waktu yang hampir bersamaan.
  23. Augustus, Adipati Saks Gotha Altenburg : 49 Tahun. Augustus menikah dua kali. Pertama adalah dengan Louise Charlotte dan dikaruniai seorang putri yang juga bernama Louise. Augustus dan Louise adalah moyang dari ratu Inggris Elizabeth II dan suami, pangeran Philip serta beberapa kepala kerajaan lain. Setelah Louise wafat akibat komplikasi melahirkan, Augustus menikah lagi dengan Karoline Amalie dan tidak dikaruniai anak.
  24. Baudouin, Pangeran Belgia : 21 Tahun. Lahir sebagai anak sulung pada 3 Juni 1869, Baudouin adalah kakak kandung Albert I, raja Belgia dan juga paman dari Leopold III, raja Belgia. Meski sedang menderita influenza, Baudouin bersikeras untuk mengunjungi dan tinggal bersama adik perempuannya yang sedang sakit juga. Ia wafat di sana. Saat itu Baudouin sedang dipersiapkan tunangan dengan sepupunya, Clementine.
  25. Bernhard, Pangeran Saxe-Weimar Eisenach : 22 Tahun. Lahir pada 18 April 1978 sebagai anak kedua dari 2 bersaudara. Ayah dan kakak kandung Bernhard tidak berusia panjang. Hingga kini penyebab meninggalnya Bernhard masih menjadi kontroversi. Ada yang menyebut ia meninggal akibat bunuh diri setelah cintanya terhadap Wilhelmina, Pewaris kerajaan Belanda ditolak. Namun ada pula yang menyebut bahwa Bernhard menderita tuberkulosis.
  26. Carl Friedrich, Pangeran Pewaris Lowenstein-Wertheim-Rosenberg : 43 Tahun. Lahir pada 30 September 1966, Carl tewas akibat menghirup asap beracun setelah mengalami kecelakaan balap mobil. Pada putaran ketiga, mobil Carl terbalik dan menabrak pembatas. Meski ia langsung mendapat pertolongan di tempat, namun nyawanya tetap tak dapat diselamatkan. Carl merupakan cicit mantan kaisar Jerman, Wilhelm II. 
  27. Carlos, Pangeran Montemolin : 42 Tahun. Carlos lahir pada 31 Januari 1818 sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. Ia memiliki dua adik laki-laki. Pada Januari 1861 menjadi waktu menyedihkan bagi keluarga Carlos. Semula adik bungsu Carlos yang bernama Fernando meninggal pada 2 Januari. Hampir dua minggu kemudian, dua anggota keluarga ikut menyusul. Carlos meninggal pada 13 Januari 1861 dan disusul oleh istri Carlos bernama Maria Caroline meninggal pada 14 Januari 1861. Diduga ketiganya terserang tifus.
  28. Carlos I, Raja Portugal : 44 Tahun. Carlos tewas dibunuh bersama anak sulungnya, Luis Filipe pada 1 Februari 1908. Anak bungsu Carlos yaitu Manuel tertembak di lengan. Istri Carlos selamat. Manuel bertahta hanya sekitar dua tahun sebelum digulingkan pada 5 Oktober 1910. Manuel dan ibunya mengungsi ke Inggris.
  29. Charles III, Adipati Parma : 31 Tahun. Ia lahir pada 14 Januari 1823. Kemudian menikah dengan Louise Marie Therese dari Perancis dan menghasilkan 4 orang anak. Pada hari Minggu 26 Maret 1854 jam 4 sore, Charles berjalan-jalan di luar istana dengan ditemani seorang ajudan. Di luar ia sempat menyapa sang istri yang sedang mendengarkan konser. Saat hendak kembali, ia diikuti oleh 2 orang pria yang salah satunya kemudian menusuk Charles di bagian perut. Kedua pria tersebut kabur saling berlawanan arah dan menyatu dengan kerumunan. Charles dibawa ke istana dalam kondisi sadar meski ia terluka parah. Mata tombak masih tertancap di perutnya. Saat dirawat oleh dokter, ia pingsan dan kemudian tersadar kembali. Saat sadar, ia mengetahui bahwa kondisinya serius. Ia menerima komuni terakhir dan beruntung dikelilingi oleh istri dan seluruh anak mereka. 
  30. Charles XV, Raja Swedia dan Norwegia : 46 Tahun. Lahir pada 3 Mei 1826 sebagai anak sulung dari lima bersaudara. Charles menikah dengan Louise, Putri Belanda pada 19 Juni 1850. Charles dan Louise dikaruniai dua orang anak namun hanya anak sulung yang bertahan hidup.  Charles bertahta menjadi raja sejak 8 Juli 1859 namun ia tidak berusia panjang. Charles wafat hanya satu tahun lebih setelah Louise wafat. Tahta Charles diteruskan oleh adiknya sebagai Oscar II. Anak sulung yang bernama Louise kelak menjadi ratu pendamping Frederick VIII Denmark pada tahun 1906. 
  31. Charles, Pangeran Luksemburg : 49 Tahun. Lahir pada 7 Agustus 1927 sebagai anak kelima putra kedua dari 6 bersaudara. Orang tua Charles adalah Charlotte, Adipatni Agung Luksemburg dan Felix, pangeran Bourbon-Parma. Charles menikah dengan wanita Amerika Serikat bernama Jean Douglas Dillon dan dikaruniai dua orang anak. Meskipun istri Charles bukan dari kalangan kerajaan, namun pernikahan mereka diakui setara oleh kakak sulung Charles yaitu Jean, Adipati Agung Luksemburg. Oleh karenanya, kedua anak Charles mendapat gelar kerajaan. Kedua anak Charles diberi nama sesuai orang tua Charles yaitu putri Charlotte dan pangeran Robert.
  32. Charles Augustus, Pewaris Adipati Agung Saxe-Weimar-Eisenach : 50 Tahun. Lahir pada 31 Juli 1844, Charles/Karl menikah dengan putri Pauline dan dikaruniai 2 orang anak. Charles tak pernah mewarisi gelarnya sebagai adipati agung sebab ia meninggal 6 tahun sebelum sang ayah. Kelak istri dan kedua putra Charles juga tidak memiliki hidup yang panjang. Putra sulung yang bernama William Ernest juga wafat di usia muda, yaitu 46 tahun. Putra bungsu yang bernama Bernhard wafat di usia 22 tahun. Pauline sendiri wafat di usia 51 tahun. 
  33. Charles Louis Frederick, Adipati Mecklenburg-Strelitz : 44 Tahun. Ia adalah ayah dari ratu pendamping Inggris, Charlotte dan ayah mertua dari raja Inggris, George III. Charles lahir pada 23 Februari 1708. 
  34. Enrique, Adipati Seville : 46 Tahun. Lahir pada 17 April 1823. Enrique menikah dengan Elena Maria pada 6 Mei 1847 dan dikaruniai lima orang anak. Antara tahun 1869 hingga 1870, Enrique mengedarkan beberapa brosur yang berisi kebencian kepada sepupunya, Antoine, Adipati Montpensier. Antoine mengajak Enrique untuk duel yang berujung kekalahan pada Enrique. Ia tewas tertembak.
  35. Ernest, Pangeran Hohenberg : 49 Tahun. Ia lahir pada 27 Mei 1904 sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara. Ernest memiliki dua kakak perempuan. Sebulan setelah berulang tahun ke-10, kedua orang tua Ernest (Franz dan Sophie) tewas dibunuh di Sarajevo, Bosnia. Pembunuhan ini memicu terjadinya Perang Dunia I. Pada 25 Mei 1936, Ernest menikah dengan Marie Therese Wood dan dikaruniai dua orang putra. Putra sulung Ernest wafat di usia 41 tahun. 
  36. Ernest, Pangeran Saks-Meinengen : 18 Tahun. Lahir pada 23 September 1895 sebagai anak keempat dari enam bersaudara. Ernest dan ayahnya, Friedrich tewas di waktu yang hampir bersamaan. Ernest tewas pada 17 Agustus 1914, hanya lima hari sebelum sang ayah. Keponakan Ernest yang bernama Anton Ulrich juga tewas dalam pertempuran Perang Dunia II dalam usia 20 tahun.
  37. Eugen, pangeran Schaumburg-Lippe : 30 Tahun. Lahir pada 8 Agustus 1899 di Hannover, Jerman. Melalui sang ibunda, Eugen adalah keturunan dari Nicholas I, Kaisar Russia. Pada 1929, pesawat yang ia tumpangi mengalami kecelakaan dan terbakar. Seluruh penumpang dan kru kecuali Eugen tewas terbakar. Eugen lolos dari kecelakaan namun kondisinya kritis. Ia sempat dirawat di rumah sakit namun meninggal sehari setelah kecelakaan.  
  38. Ferdinand, Adipati Montpensier : 39 Tahun. Pangeran Perancis Ferdinand lahir pada 9 September 1884. Ia menikah dengan Dona Maria Isabel pada 20 Agustus 1921. Baru menikah selama tiga tahun dan belum dikaruniai anak, Ferdinand meninggal dunia.
  39. Ferdinand Karl, Adipati Austria : 46 Tahun. Ferdinand lahir pada 27 Desember 1868 sebagai anak ketiga dari enam bersaudara. Kakak sulung Ferdinand yang bernama Franz Ferdinand dan istrinya Sophie tewas dibunuh di Sarajevo, Bosnia pada 28 Juni 1914. Ferdinand menikah dengan Bertha pada tahun 1909 dan tidak dikaruniai anak. Pernikahan mereka bahagia namun hanya berlangsung enam tahun. Pada 1915, Ferdinand meninggal akibat tuberkulosis.
  40. Ferdinand Philippe, Adipati Orleans : 31 Tahun. Lahir pada 3 September 1810 di Sisilia, Italia. Ia menikah dengan Helene, adipatni Mecklenburg-Schwerin dan dikaruniai dua orang putra. Pada 13 Juli 1842, saat kuda yang menarik kereta yang ditumpangi Ferdinand berlari di luar kendali, Ferdinand berusaha menjatuhkan diri ke tanah untuk menghindari celaka. Sayangnya kepala Ferdinand terbentur tanah hingga retak. Meskipun dokter sudah berusaha, Ferdinand menghembuskan nafas terakhir. Helene mengungsi dan wafat di Inggris karena influenza pada usia 44 tahun. Semula Helene dimakamkan di Inggris, namun kemudian ia dipindahkan ke Perancis untuk dimakamkan berdampingan dengan suami tercinta. Namun terjadi masalah sebab selama hidupnya, Helene beragama Lutheran. Sementara Ferdinand dimakamkan di gereja Katolik. Untuk mengatasi masalah ini, dibangunlah sebuah gedung kecil persis di sebelah makam Ferdinand dan makam Helene diletakkan di sana. Kedua makam mereka terpisah oleh tembok namun terhubung oleh jendela terbuka. Patung Helene dibuat menggambarkan betapa ia mencintai Ferdinand. Tangan kanan Helene berusaha menggapai sang suami yang terbaring damai.
  41. Ferdinando, Adipati Genoa : 32 Tahun. Lahir pada 15 November 1822. Ia menikah dengan Elisabeth, putri Saksoni dan dikaruniai dua orang anak. Ferdinando wafat akibat sakit. Elisabeth menjadi janda pertama kali di usia 25 tahun. Dua tahun menjanda, Elisabeth menikah lagi dengan pengawalnya, Niccolo. 
  42. Fernando, Pangeran Bourbon-Braganza : 36 Tahun. Pada Januari 1861, Fernando meninggal. Tak lama kemudian tepatnya pada 13 dan 14 Januari 1818, kakak sulung Fernando dan istrinya meninggal. Ketiganya diduga terkena tifus. Fernando tidak menikah.
  43. Francis Joseph, Pangeran Braganza : 39 Tahun. Lahir pada 7 September 1879. Saat bertempur di Perang Dunia I, Francis tertangkap. Ia dipenjara di pulau Ischia dekat kota Naples, Italia. Di sana, Francis menghembuskan nafas terakhir akibat gagal jantung. Ia tidak sempat menikah dan memiliki anak.
  44. Fransesco Alfonso, Pangeran Parma : 25 Tahun. Lahir pada 14 Juni 1913. 
  45. Franz, Adipati Hohenberg : 49 Tahun. Lahir pada 13 September 1927, Franz menikah dengan Elisabeth putri Luksemburg dan dikaruniai 2 orang putri. 
  46. Franz Ferdinand, Adipati Austria : 50 Tahun. Franz lahir pada 18 Desember 1863 sebagai anak sulung dari empat bersaudara. Ibunda Franz merupakan istri kedua. Istri pertama ayah Franz wafat sebelum memberi anak. Sepeninggal ibunda Franz, ayah Franz menikah lagi untuk ketiga kali dan terakhir kali. Dari pernikahan ketiga ini, Franz memiliki dua adik tiri perempuan. Franz menikah dengan Sophie dan dikaruniai tiga orang anak. Pada 28 Juni 1914, Franz dan Sophie dibunuh. Pembunuhan ini memicu terjadinya Perang Dunia I.
  47. Franz Ferdinand, Adipati Hohenberg : 49 Tahun. Tampaknya anggota laki-laki di keluarga Franz Ferdinand mayoritas tidak memiliki usia panjang. Sang kakek, paman dan saudara sepupu Franz wafat di usia muda. Franz lahir pada 13 September 1927 sebagai anak sulung dari enam bersaudara. Semua adik Franz adalah laki-laki. Pada 9 Mei 1956, Franz menikah dengan putri Elisabeth, Adipatni Luksemburg dan dikaruniai tiga orang anak. 
  48. Franz Ferdinand Maximilian : 41 Tahun. Kakek Franz memiliki nama yang hampir sama dan juga wafat di usia muda akibat dibunuh. Franz lahir pada 14 Maret 1937 sebagai anak sulung dari dua bersaudara. Franz menikah dengan Heide pada tahun 1964 dan dikaruniai satu orang anak. Franz wafat pada 8 Agustus 1978.
  49. Franz Karl Salvator, Adipati Austria : 25 Tahun. Lahir pada 17 Februari 1893, ia menjadi salah satu korban pandemi Flu Spanyol pada tahun 1918. 
  50. Franz Joseph, Adipati Bavaria : 24 Tahun. Lahir pada 23 Maret 1888, Franz menderita polio. Salah satu kakak perempuan Franz yang bernama Marie Gabrielle juga meninggal pada tahun yang sama dengan Franz, yaitu 1912 dan di usia muda yaitu 34 tahun. 
  51. Frederick, Pangeran Teck : 32 Tahun. Pada Perang Dunia 1, gelar Frederick berubah menjadi Frederick, Tuan Cambridge. Hal itu diperintahkan oleh George V, raja Inggris sebagai ungkapan anti Jerman. Lahir pada 24 September 1907,  Frederick bertugas sebagai seorang kapten pada Perang Dunia II. Sayang ia tewas dalam pertempuran dan dimakamkan di Heverlee, Belgia.  
  52. Frederick Francis III, Adipati Agung Mecklenburg-Schwerin : 46 Tahun. Lahir pada 19 Maret 1851 sebagai anak sulung. Ia menikah dengan Anastasia Mikhailovna, Adipatni Agung Russia dan dikaruniai empat orang anak. Dari pernikahan ini, lahir keturunan ratu Denmark, Margarethe. Kematian Frederick menimbulkan teka-teki. Ada yang menyebut bahwa Frederick bunuh diri dengan melompat dari jembatan. Namun di laporan disebutkan bahwa ia mengalami sesak nafas dan kemudian terjatuh.
  53. Frederick William, Pangeran Hesse-Kassel : 33 Tahun. Lahir pada 15 Oktober 1854 sebagai anak sulung dari enam bersaudara. Salah satu adik ipar adalah Margaret, Putri Prussia. Margaret adalah adik bungsu kaisar Jerman Wilhelm II. Frederick meninggal dunia di atas kapal yang membawanya dari Batavia (sekarang Jakarta) menuju ke Singapura. Frederick belum menikah.
  54. Friedrich, Adipati Pewaris Anhalt : 25 Tahun. Lahir pada 11 April 1938 sebagai anak ketiga dari lima bersaudara. Ia tewas akibat kecelakaan mobil di Munich, Jerman. 
  55. Friedrich, Pangeran Hohenlohe-Waldenburg-Schillingsfurst : 32 Tahun. Lahir pada 18 Februari 1913 sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara. Kedua kakak Friedrich adalah perempuan dan hidup hingga usia tua.
  56. Friedrich Karl, Pangeran Prussia : 24 Tahun. Friedrich bertugas pada perang dunia I. Pada 21 Maret 1917, pesawat yang dikemudikan Friedrich terpaksa harus mendarat di tanah tak bertuan sebab mesin pesawatnya terkena sebuah peluru. Selain itu, kakinya juga sedikit terluka. Namun baru mendarat, tentara Australia menembaknya dari belakang dan ditahan. Friedrich tewas pada 6 April 1917 akibat luka yang diderita. 
  57. Friedrich Sigismund, Pangeran Prussia : 35 Tahun. Lahir pada 17 Desember 1891, ia menikah dengan Marie Louise, Putri Schaumburg-Lippe dan dikaruniai 2 orang anak. Semasa hidupnya yang singkat, Friedrich dan istri menyukai naik kuda. Bahkan Friedrich merupakan salah satu penunggang kuda terbaik di Jerman. Ketika sedang mengikuti pertandingan internasional berkuda, Friedrich melakukan lompatan yang sulit. Ia terjatuh. Sebelum sempat bangun, tubuhnya terinjak oleh kuda sehingga mengakibatkan patah tulang iga dan luka dalam. Friedrich wafat keesokan harinya dan dimakamkan di samping kakak perempuannya yang juga wafat di usia muda akibat influenza.
  58. Friedrich Wilhelm, Pangeran Prussia : 44 Tahun. Lahir pada 12 Juli 1880. Friedrich menikah dengan pangeran Agatha pada 8 Juni 1910 dan dikaruniai empat orang anak perempuan. 
  59. Friso, Pangeran Belanda : 44 Tahun. Lahir pada 25 September 1968 sebagai anak kedua dari 3 bersaudara. Kakak Friso menjadi raja Belanda meneruskan sang ibunda yang turun tahta. Pangeran Friso mengalami kecelakaan saat sedang berselancar salju. Ia terbenam dalam salju selama 25 menit sehingga otak sang pangeran kekurangan oksigen. Kesadaran Friso berada di level terendah sampai pada hari di mana ia meninggal dunia. Friso wafat meninggalkan istri, dua putri, ibu (Beatrix) dan dua saudara kandung.
  60. Georg, Adipati Austria : 46 Tahun. Lahir pada 22 Agustus 1905. Georg menikah dengan Marie Valerie dan dikaruniai sembilan orang anak. 
  61. Georg Alexander, Adipati Mecklenburg-Strelitz : 50 Tahun. Lahir pada 6 Juni 1859. Georg menikah dengan Natalia Feodorovna pada 14 Februari 1890. Natalia adalah pegawai ibunda Georg. Semula ibunda Georg tak menyetujui dan memecat Natalia. Namun Georg tetap pada pendiriannya. Pernikahan Georg dan Natalia dikaruniai empat orang anak.
  62. Georg Donatus, Adipati Agung Pewaris Hesse : 31 Tahun. Georg menikah dengan kakak pangeran Philip Inggris yang bernama Cecilie, putri Yunani dan Denmark. Bersama Cecilie yang sedang hamil 8 bulan, ibu kandung Georg dan kedua putra Georg, seluruhnya tewas setelah pesawat yang ditumpangi terjatuh. Putri satu-satunya Georg dan Cecilie yang ditinggal di rumah kemudian diadopsi oleh adik kandung Georg. Sayang ia meninggal 2 tahun kemudian akibat sakit.
  63. George, Pangeran Kent : 39 Tahun. Pangeran tampan ini adalah paman dari ratu Elizabeth II Inggris. Ia lahir pada 20 Desember 1902. Pada 1934, George menikah dengan Marina, Putri Yunani dan Denmark. Marina merupakan kakak sepupu dari pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Pernikahan George dan Marina dikaruniai tiga orang anak. Pada tahun 1942, George tewas setelah pesawat yang ia tumpangi jatuh di Skotlandia. Marina tidak pernah menikah lagi hingga wafat akibat kanker otak pada tahun 1968.
  64. George, pangeran Oldenburg : 22 Tahun. Lahir pada 17 April 1848 sebagai anak keenam dari delapan bersaudara. 
  65. George William, Pangeran Hanover : 31 Tahun. Lahir pada 28 Oktober 1880, George merupakan cucu raja Denmark Christian IX melalui putri Thyra. George tewas kecelakaan mobil tunggal ketika menghadiri acara pemakaman sang paman, Frederick VIII Denmark. Kaisar Jerman Wilhelm II mengirim ucapan duka cita bagi kedua orang tua George yaitu Ernest dan Thyra. Sebagai ucapan terima kasih, Ernest mengirim anak bungsunya Ernest Augustus, Adipati Brunswick untuk menemui Kaisar Wilhelm II. Tak dinyana pertemuan itu justru membuat Ernest jatuh cinta pada putri bungsu sang kaisar. Ernest Augustus dan Viktoria Louise menikah pada tahun 1913.
  66. Gonzalo, Pangeran Spanyol : 19 Tahun. Lahir pada 24 Oktober 1914. Kebetulan yang sama dengan sang kakak lelakinya, pangeran Alfonso, Gonzalo juga mengalami kecelakaan mobil bersama sang kakak perempuan, putri Beatriz. Hanya saja berbeda tahun. Sesaat setelah kecelakaan, baik Gonzalo maupun Beatriz tak nampak luka berat. Namun beberapa jam kemudian, Gonzalo menderita pendarahan perut dalam. Sama halnya Alfonso, Gonzalo menderita hemofilia.
  67. Gustav, Adipati Uppland  : 25 Tahun. Ia adalah anak dari raja Swedia, Oscar I yang lahir pada 18 Juni 1927. Gustav tidak menikah dan memiliki anak. 
  68. Gustav Adolf, Adipati Vasterbotten : 40 Tahun. Lahir pada 22 April 1906, Gustav adalah cicit ratu Victoria melalui sang kakek pangeran Arthur dan ibunya Margaret, putri Connaught. Sang pangeran tewas akibat kecelakaan pesawat di bandara udara Kastrup, Copenhagen, Denmark. Semasa hidup, Gustav menikah dengan Sybilla, putri Saxe Coburg dan Gotha. Keduanya dikaruniai 5 orang anak. Anak bungsu Gustav yaitu Carl XVI menjadi raja Swedia.
  69. Hans Albrecht, Pangeran Pewaris Schleswig-Holstein : 27 Tahun. Lahir pada 12 Mei 1917 sebagai anak sulung dari empat bersaudara. Hans meninggal saat bertempur di Perang Dunia II pada tanggal 10 Agustus 1944. Hans tidak sempat menikah dan memiliki anak.
  70. Heinrich, Pangeran Bavaria : 35 Tahun. Lahir pada 28 Maret 1922. Pada 31 Juli 1951 Heinrich menikah dengan Anne Marie dan tidak dikaruniai anak. Heinrich tewas akibat kecelakaan mobil di Argentina. Anne tak lagi menikah sepeninggal Heinrich. Pada 16 Agustus 1999, tepatnya 41,5 tahun kemudian Anne Marie juga tewas akibat kecelakaan di Milan, Italia. Suatu kebetulan yang mengiris hati.
  71. Henri, Pangeran Orleans : 33 Tahun. Henri merupakan anak dari pasangan Robert, Adipati Chartres dan Francoise, Putri Orleans. Henri lahir pada 16 Oktober 1867. Kakak sulung Henri bernama Marie menikah dengan Valdemar, pangeran Denmark. Henri wafat di Saigon pada 9 Agustus 1901. Ia tak pernah menikah.
  72. Hermann, Pangeran Wied : 42 Tahun. Lahir pada 18 Agustus 1899 sebagai anak sulung dari 2 bersaudara. Hermann menikah dengan Marie Antonia dan dikaruniai anak.
  73. Hubertus, Pangeran Prussia : 40 Tahun. Lahir pada 30 September 1909, ia adalah cucu Wilhelm II, Kaisar Jerman. Hubertus menikah 2 kali. Pernikahan pertama berakhir cerai. Pada pernikahan kedua, Hubertus dikaruniai 2 orang anak. Hubertus wafat pada 1950 akibat radang usus buntu. 
  74. Hubertus, Pangeran Saxe-Coburg dan Gotha : 34 Tahun. Lahir pada 24 Agustus 1909, Hubertus merupakan cicit ratu Victoria melalui sang kakek pangeran Leopold dan ayahnya pangeran Charles Edward. Hubertus tewas dalam pertempuran Perang Dunia II pada 1943.
  75. Igor Konstantinovich, Adipati Agung Russia : 24 Tahun. Lahir pada 10 Juni 1894, Igor bersama kedua kakaknya John dan Constantine serta sepupunya Vladimir Paley tewas dibunuh pada 18 Juli 1918. Pada 1 November 1981, Igor dikanoninasi sebagai Martir Baru Alapaevsk oleh Gereja Ortodoks Di Luar Russia.
  76. Jacques Maria, Pangeran Bourbon-Parma : 42 Tahun. Pria yang lahir pada 9 Juni 1922 ini adalah anak sulung pasangan pangeran Rene dan Margaret, putri Denmark. Ia menikah dengan Birgitte, bangsawan Holstein-Ledreborg tepat di hari ulang tahunnya yang ke-25. Ia dikaruniai tiga orang anak. Jacques tewas kecelakaan pada 5 November 1964.
  77. Joachim Ernst, Adipati Anhalt : 46 Tahun. Lahir pada 11 Januari 1901, Joachim menikah dua kali. Pertama adalah dengan Elisabeth dan bercerai tanpa anak. Kedua adalah dengan Edda-Charlotte dan dikaruniai lima orang anak. Joachim wafat sebagai tahanan perang Uni Soviet pada tahun 1947. 
  78. Joao, Adipati Beja : 19 Tahun. Lahir pada 16 Maret 1842, Joao wafat akibat demam tifoid pada 27 Desember 1861. Akhir 1861 menjadi tahun menyedihkan untuk keluarga besar Joao. Adik Joao yaitu Fernando, wafat pada 6 November 1861 di usia 15 tahun. Kakak Joao yaitu Pedro V, raja Portugal menyusul wafat akibat kolera pada 11 November 1861. Sepupu mereka, pangeran Albert wafat akibat demam tifoid pada 14 Desember 1861.
  79. Kardam, Pangeran Turnovo, Adipati Saxony : 52 Tahun. Lahir pada 2 Desember 1962, Kardam lahir sebagai anak sulung Simeon II, raja Bulgaria. Pada 15 Agustus 2008, Kardam dan istri mengalami kecelakaan. Mobil keduanya menabrak pohon dan terbalik. Kardam mengalami luka parah di kepala dan tangan. Istri Kardam mengalami patah tulang siku, iga dan paru-paru kolaps. Kondisi Kardam lebih parah daripada sang istri. Kardam sempat mengalami koma. Ia keluar dari rumah sakit pada Januari 2009 untuk menjalani penyembuhan di rumah. Kondisinya sempat membaik, yaitu mampu berdiri dan berkomunikasi. Namun setahun kemudian, ia kembali koma dan meninggal 5 tahun kemudian akibat infeksi paru. Selama 5 tahun terakhir, Kardam tak pernah siuman.
  80. Karl, Pangeran Leinengen Ke-6 : 48 Tahun. Ia adalah cicit dari Carl, pangeran Leinengen Ketiga yang merupakan kakak tiri ratu Inggris Victoria. Lahir pada 13 Februari 1898, Karl menikah dengan Maria Kirillovna, Adipati Agung Russia pada 1925 dan dikaruniai 7 orang anak. Pada akhir perang dunia II, tepatnya pada 1946, Karl meninggal akibat kelaparan saat ditahan di Russia. Maria menjadi orang tua tunggal bagi keenam anak mereka dengan uang yang sangat sedikit. Tragisnya, Maria meninggal pada 1951 akibat serangan jantung. 
  81. Karl Borwin, Adipati Mecklenburg-Strelitz : 20 Tahun. Lahir pada 1888 sebagai anak bungsu dari empat bersaudara. Pada 1908, Karl tewas dalam duel melawan bekas kakak iparnya, George Jametel. George menikah dengan kakak sulung Karl bernama Marie pada 1899. Namun George doyan berselingkuh sehingga digugat cerai oleh Marie. Marie merasa George menikahi dirinya hanya demi uang. Kakak laki-laki Karl yang bernama Adolphus Frederick VI, Adipati Agung Mecklenburg-Strelitz tewas di usia 35 tahun setelah bunuh diri.
  82. Konstantin, Pangeran Bavaria : 48 Tahun. Lahir pada 15 Agustus 1920, Konstantin tewas akibat kecelakaan pesawat di Jerman. Ia meninggalkan seorang istri, Helene dan 3 orang anak dari 2 istri. Istri pertama yaitu putri Maria Adelgunde telah bercerai dari Konstantin pada tahun 1948. 
  83. Konstantine Bagration, Pangeran Mukharani : 26 Tahun. Lahir pada 14 Maret 1889, ia merupakan bangsawan dari negara Georgia. Konstantine menikah dengan Tatiana Constantinovna dan dikaruniai dua anak. Sayang Konstantine tewas dalam pertempuran Perang Dunia I. 
  84. Ladislaus Luitpold, Adipati Austria : 44 Tahun. Lahir pada 3 Januari 1902 sebagai anak keempat dari enam bersaudara. Ia adalah cicit kaisar Austria, Franz Joseph dan permaisuri Elisabeth. 
  85. Laszio Philipp, Adipati Austria : 20 Tahun. Laszio lahir pada 16 Juli 1875 sebagai anak kelima dari tujuh bersaudara. 
  86. Leo Karl, Adipati Austria : 45 Tahun. Leo lahir pada 5 Juli 1893 sebagai anak kelima dari enam bersaudara. Pada Oktober 1922, Leo menikah dengan Marie Klothilde dan dikaruniai seorang putra. Leo wafat muda akibat penyakit tuberkulosis.
  87. Leopold, Adipati Albany : 30 Tahun. Lahir pada 7 April 1853, Leopold adalah anak ke-8 putra ke-4 ratu Victoria. Leopold menjadi satu-satunya putra yang menderita hemofilia. Saudara perempuan Leopold yang membawa gen penyakit ini adalah putri Alice dan putri Beatrice. Ia menikah dengan Helena, Putri Waldeck-Pyrmont dan dikaruniai 2 orang anak yaitu seorang putri dan seorang putra yang lahir beberapa bulan setelah wafatnya Leopold.
  88. Leopold, Pangeran Pewaris Anhalt : 30 Tahun. Lahir pada 18 Juli 1855, Leopold menikah dengan Elisabeth putri Hesse-Kassel dan dikaruniai seorang putri. Baru menikah dua tahun dan usia sang putri belum genap satu tahun, Leopold meninggal dunia. Janda Leopold tidak pernah menikah lagi sepanjang hidupnya hingga wafat di usia 93 tahun.
  89. Leopold, Tuan Mountbatten : 32 Tahun. Lahir pada 21 Mei 1889, Leopold merupakan anak ketiga putri Beatrice. Leopold terlahir sebagai pangeran Battenberg namun gelar itu berubah pada Perang Dunia I dan sesuai perintah raja George V. Sang raja tidak menginginkan apapun yang berkaitan dengan Jerman termasuk nama Battenberg. Leopold wafat saat menjalani operasi pinggul. 
  90. Leopold Clement, Pangeran Saxe-Coburg dan Gotha : 37 Tahun. Lahir pada 19 Juli 1878, Leopold menjalin kasih dengan Rybicka. Rybicka merupakan putri dari petugas polisi di Vienna, Austria. Meski dari keluarga kelas tinggi, Rybicka tetap bukan anggota kerajaan. Sebelum Leopold dikirim ke perang dunia I, Rybicka meminta untuk dinikahi. Namun keinginan keduanya tak dapat dipenuhi oleh ayah Leopold. Sebagai ganti, Leopold hendak memberi cek bernilai besar ke Rybicka sekaligus ingin mengucap selamat tinggal. Namun cek tersebut tidak diambil. Ia justru menembak Leopold beberapa kali, lalu menyiram air keras ke wajah Leopold dan akhirnya bunuh diri. Leopold menderita luka parah di wajah dan wafat 6 bulan sesudahnya.
  91. Louis, Pangeran Baden : 24 Tahun. Lahir pada 12 Juni 1865 sebagai anak bungsu dari 3 bersaudara. Ayahnya adalah Frederick I, Adipati Agung Baden dan ibunya adalah Sophie, Putri Swedia. 
  92. Louis Ferdinand, pangeran Prussia : 34 Tahun. Lahir pada 25 Agustus 1944. Menikah dengan Donata dan dikaruniai 2 orang anak. Louis mengalami kecelakaan saat melakukan aksi militer, ia terjepit di antara 2 kendaraan. Meski kakinya sempat diamputasi, namun Louis tak bertahan dan meninggal pada 11 Juli 1977. Janda Louis kemudian menikah lagi pada 1991. Pria yang menikahinya adalah bekas suami dari kakak kandung Louis.
  93. Ludwig II, Raja Bavaria : 40 Tahun. Lahir pada 25 Agustus 1845, kematian Ludwig masih menjadi perdebatan hingga kini. Tubuh Ludwig dan dokter pribadinya Gudden ditemukan tak bernyawa pada jam 10 malam di danau. Kedua pria ini terakhir terlihat jam 6.30, saat Ludwig meminta dua asistennya untuk tidak mengikuti. Jam tangan Ludwig berhenti pada 6.54. 
  94. Ludwig Philipp, Pangeran Thurn dan Taxis : 32 Tahun. Lahir pada 2 Februari 1901, Ludwig menikah dengan Elisabeth, putri Luksemburg dan dikaruniai 2 orang anak. Ludwig kemudian tewas akibat kecelakaan mobil. Sang istri sendiri meninggal di usia 49 tahun di rumah. Anak sulung Ludwig dan Elisabeth tewas dalam pertempuran Perang Dunia II.
  95. Luis, Pangeran Orleans-Braganza : 42 Tahun. Lahir pada 26 Januari 1878. Luis menikah dengan Maria di Grazia, putri Bourbon-Dua Sisilia dan dikaruniai tiga orang anak. Adik bungsu Luis yang bernama Antonio Gastao juga wafat di usia muda.
  96. Luis I, Raja Portugal : 50 Tahun. Lahir pada 31 Oktober 1838, Luis punya empat saudara laki-laki dan dua saudara perempuan. Hampir semuanya meninggal di usia muda. Hanya seorang adik perempuan Luis yang hidup hingga usia 68 tahun. Luis merupakan saudara sepupu Albert, pangeran Saks Coburg & Gotha yang juga wafat di usia muda. Luis menikah dengan Maria Pia, Putri Savoy dan dikaruniai dua orang putra.
  97. Manuel II, Raja Portugal : 42 Tahun. Lahir pada 15 November 1889 sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara, hidup Manuel penuh dengan warna. Pada 1 Februari 1908, ayah dan kakak sulung Manuel tewas dibunuh. Sementara Manuel tertembak di lengan namun selamat. Ibu Manuel tidak terluka sama sekali. Manuel langsung bertahta menjadi raja, akan tetapi hanya untuk dua tahun. Pada 5 Oktober 1910, tahta Manuel digulingkan oleh pendukung republik. Manuel dan ibunya mengungsi ke Inggris. Pada 4 September 1913, Manuel menikah dengan Augusta Victoria, putri Hohenzollern. Pernikahan mereka tidak dikaruniai anak. Pada 2 Juli 1932, Manuel tiba-tiba meninggal karena kehabisan nafas. Pita suara Manuel bengkak sehingga menutup jalan pernafasan. Beberapa jam sebelum meninggal, Manuel masih sempat berfoto. Kasus Manuel dianggap mencurigakan sebab sehari sebelumnya ia masih bermain tenis. Pada 1931, seorang pria menyusup ke kediaman Manuel di Inggris. Tak jelas apa motifnya, pria tersebut dideportasi ke Lisbon, Portugal.
  98. Maurice, Pangeran Battenberg : 23 Tahun. Lahir pada 3 Oktober 1891 sebagai anak bungsu putra ketiga pasangan Beatrice, putri Inggris dengan Henry, pangeran Battenberg. Ia dikenang sebagai prajurit yang gagah berani. Maurice tewas dalam pertempuran Perang Dunia I dan dimakamkan di Ypress, Belgia. 
  99. Maximilian Anton, Pangeran Pewaris Thurn & Taksis : 35 Tahun. Lahir pada 28 September 1831, Maximilian tidak memiliki kesehatan yang kokoh. Ia menikah dengan Helene, Adipatni Bavaria pada tahun 1858 dan dikaruniai empat orang anak. Ia wafat akibat gagal ginjal.
  100. Maximilian Maria, Pangeran Thurn & Taksis Ketujuh : 22 Tahun. Lahir pada 24 Juni 1862, Maria wafat akibat penyumbatan pada paru.
  101. Miguel, Adipati Viseu : 44 Tahun. Lahir pada 22 September 1978 sebagai anak sulung dari tiga bersaudara. Adik kedua Miguel juga wafat di usia muda akibat gagal jantung saat di penjara sebagai tahanan Perang Dunia I. Miguel menikah dengan Anita Stewart dan dikaruniai tiga orang anak. Miguel wafat akibat radang paru di New York, Amerika Serikat.
  102. Moritz Georg, Pangeran Schaumburg-Lippe : 36 Tahun. Lahir pada tahun 1884 sebagai anak kedua dari sembilan bersaudara. 
  103. Nicholas, Adipati Leuchtenberg Ke-4 : 47 tahun. Lahir pada 4 Agustus 1843, Nicholas merupakan cucu dari kaisar Russia, Nicholas 1. Nicholas menikah dengan Nadeshda dan dikaruniai dua orang anak laki-laki. 
  104. Nicholas, Pangeran Oldenburg : 45 Tahun. Ia adalah anak kedua dari delapan bersaudara yang lahir pada 9 Mei 1840. Ia menikah dengan Maria Bulazel.
  105. Nikola, Pangeran Yugoslavia : 25 Tahun. Lahir pada 29 Juni 1928. Ia adalah keponakan putri Marina dari Yunani dan Denmark. Nikola tewas kecelakaan mobil di Inggris. Lokasi kecelakaan Nikola hanya berjarak 5 mil dari kediaman sang tante, putri Marina. 
  106. Oskar Wilhelm, Pangeran Prussia : 24 Tahun. Lahir pada 12 Juli 1915 sebagai anak sulung dari empat bersaudara. Melalui ayahnya pangeran Oskar, Oskar merupakan cucu dari bekas kaisar Jerman, Wilhelm II. Oskar gugur pada 5 September 1939 dalam pertempuran Perang Dunia II. 
  107. Otto, Adipati Austria : 41 Tahun. Otto lahir pada 21 April 1865. Di bawah tekanan kerajaan Austria, Otto menikah dengan Maria Josepha, Putri Saksoni pada 1886 dan dikaruniai dua orang anak. Anak sulung Otto menjadi kaisar Austria terakhir yang digulingkan. Selama pernikahan, Otto  berselingkuh dengan Marie Schleinzer hingga menghasilkan dua anak yaitu Alfred dan Hildegard. 
  108. Paul Frederick, Adipati Mecklenburg-Schwerin : 22 Tahun. Lahir pada 12 Mei 1882. Semasa hidup Paul berprofesi sebagai tentara Jerman dan pelaut.
  109. Paul Frederick, Adipati Agung Mecklenburg-Schwerin : 41 Tahun. Lahir pada 15 September 1800. Paul menikah dengan Alexandrine, putri Prussia dan dikaruniai enam orang anak. 
  110. Pedro V, Raja Portugal : 24 Tahun. Lahir pada 16 September 1837, Pedro merupakan sepupu ratu Victoria dan juga sang suami, Pangeran Albert. Pedro menikah dengan Stephanie, putri Hohenzollern Sigmaringen pada 1858. Pernikahan ini bahagia namun Stephanie wafat akibat difteria hanya setahun setelah menikah. Pedro kemudian menyusul setahun kemudian akibat kolera. 
  111. Pedro Luiz, Pangeran Orleans-Braganza : 26 Tahun. Melalui sang ibunda, Pedro merupakan cicit dari Charlotte, Adipatni Agung Luksemburg dan Felix, Pangeran Bourbon-Parma. Pada 1 Juni 2009, Pedro menjadi salah satu korban tewas pesawat Air France dengan nomor penerbangan 447. Semula paman Pedro yaitu pangeran Michel hendak menemani. Namun Michel membatalkan rencana dan naik pesawat lain yang terbang terlebih dahulu. Jasad Pedro berhasil diangkat dari samudra dan dimakamkan pada 5 Juli 2009. Pedro meninggalkan kedua orang tua dan tiga adik kandung.
  112. Peter Georg Paul Alexander, Pangeran Oldenburg : 19 Tahun. Lahir pada 30 Agustus 1810 sebagai anak pertama dari dua bersaudara. Ia adalah cucu kaisar Russia, Paul I. Ibunya adalah Catherine Pavlovna, adipatni agung Russia. Ayah Peter wafat sehingga ibunya menikah lagi dengan raja Wurttemberg dan dikaruniai dua anak. 
  113. Raimund, Pangeran Austria : 50 Tahun. Lahir pada tahun 1958 dan wafat pada tahun 1950. Ia adalah cucu dari kaisar Austria yang digulingkan, Carl I dan Zita. Ayah Raimund yaitu  Felix selalu menolak melepas hak tahta kerajaannya. Felix mengatakan jika itu terjadi maka sama seperti melanggar hak asasi dirinya. Konsekuensinya, Felix dilarang tinggal di Austria. Felix hanya diperbolehkan pulang selama tiga hari saat pemakaman Zita. Pada tahun 1994, Raimund menikah dengan Bettina dan dikaruniai tiga orang anak.
  114. Rainer, Pangeran Saks Coburg & Gotha : 44 Tahun. Lahir pada 4 Mei 1900 sebagai anak keempat dari sepuluh bersaudara. Rainer menikah dengan Johanna pada 15 Desember 1930 dan dikaruniai seorang putra. Rainer dan Johanna bercerai lima tahun setelah menikah. Pada 13 Februari 1940, Rainer menikah lagi dengan Edith dan tidak dikaruniai anak. Rainer diyakini tewas saat bertempur pada Perang Dunia II. Jasad Rainer tidak pernah ditemukan.
  115. Rupert, Pangeran Teck : 20 Tahun. Lahir pada 24 Agustus 1907, Rupert adalah keponakan dari ratu pendamping Inggris Mary. Ia meninggal akibat pendarahan otak setelah mengalami kecelakaan. 
  116. Rupprecht, Pangeran Hohenloge-Langenburg : 34 Tahun. Lahir pada 7 April 1944, ia memiliki saudara kembar bernama Albrecht. Keduanya terlahir sebagai anak bungsu. Berbeda dengan Albrecht, Rupprecht tidak menikah. Soal umur, keduanya tidak dikaruniai usia panjang. Rupprecht wafat sehari setelah berulang tahun yang terakhir kali, sementara Albrecht wafat 16 hari setelah berulang tahun yang ke-48.
  117. Sixtus, Pangeran Bourbon-Parma : 47 Tahun. Lahir pada 1 Agustus 1886, Sixtus merupakan anak ke-2 dari 12 bersaudara. Sixtus juga memiliki banyak kakak tiri dari pernikahan pertama sang ayah, Robert I, adipati Parma dengan istri pertama. Ibunda Sixtus, beberapa saudaranya dan keponakannya memiliki usia yang panjang. Ia menikah dengan wanita non kerajaan dan dikaruniai seorang putri bernama putri Isabella. 
  118. Thibaut, Pangeran Orleans : 35 Tahun. Lahir pada 20 Januari 1948, Thibaut menikah dengan Marion Mercedes dan dikaruniai 2 orang anak. 
  119. Wilhelm, Pangeran Hesse-Philipps-Barchfeld : 37 Tahun. Pangeran Jerman kelahiran 1 Maret 1905 ini menikah dengan Marianne, Putri Prussia pada tahun 1933. Mereka dikaruniai tiga orang anak. Pada 1942, Wilhelm tewas saat pertempuran Perang Dunia II. 
  120. Wilhelm Friedrich, Pangeran Schaumburg-Lippe : 25 Tahun. Lahir pada 24 Agustus 1912 sebagai anak bungsu dari dua bersaudara. Kakak Wilhelm yang bernama Leopold dikaruniai usia yang sangat panjang, yaitu 95 tahun. Wilhelm memiliki tiga kakak tiri dari pernikahan ayahnya dengan istri pertama yang bernama Louise, Putri Denmark. Ketiga kakak tiri Wilhelm merupakan cucu dari raja Denmark, Frederick VIII.
  121. William, Pangeran Belanda : 38 Tahun. Lahir pada 4 September 1840. Ia adalah salah satu kakak kandung ratu Belanda Wilhelmina. Ia sempat dijodohkan dengan Alice, putri Inggris namun gagal. Ia kemudian jatuh cinta dengan Mathilde dan ingin menikahinya. Namun keinginan William ini ditentang oleh orang tuanya dengan alasan pangkat kerajaan Mathilde tidak setara dengan William. Setelah gagal, William pindah ke Paris, Perancis. Di sana ia tenggelam dalam kehidupan seks, mabuk-mabukan dan judi. Akibatnya ia ditemukan tewas di apartemen akibat komplikasi liver, tifus dan kelelahan.
  122. William, Pangeran Gloucester : 30 Tahun. Lahir pada 28 Agustus 1942, William merupakan adik sepupu dari ratu Elizabeth II Inggris. Ia menjadi pengiring cilik di pernikahan sang ratu. Hidupnya berakhir setelah pesawat yang ia kemudikan terjatuh. Putri Diana menamakan putra sulungnya William untuk mengenang pangeran tampan satu ini.
  123. William Ernest, Adipati Agung Saxe-Weimar Eisenach : 46 Tahun. Lahir pada 10 Juni 1876, William menikah 2 kali. Pernikahan pertama berakhir setelah sang istri wafat sebelum dikaruniai anak. William kemudian menikah lagi dengan Feodora, Putri Saxe-Meinengen dan dikaruniai 4 orang anak. 
  124. Wolfgang, Adipati Anhalt : 23 Tahun. Lahir pada 1912 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.