Thursday, October 24, 2013

Membahas Kerang-Kerangan Yang Dapat Dikonsumsi, Oleh Katering Indonesia San Diego.

Tidak semua orang dapat merasakan nikmatnya kerang. Terutama bagi mereka yang alergi terhadap makanan laut,terutama kerang. Namun bagi penggemarnya, makanan laut alami ini sungguh luar biasa nikmat. Dengan cara memasak yang baik dan matang, maka kerang memberi banyak protein dan nutrisi lain untuk tubuh. Kerang-kerangan dalam bahasa Inggris disebut sebagai seashell dan masuk dalam kategori shellfish. Berikut daftar kerang-kerangan yang biasa dijual untuk dikonsumsi;
  • Kerang darah/kerang batu. Kerang ini tidak dijual dalam kondisi hidup di California, sehingga kerap dijumpai dalam kemasan beku. Tentu saja kurang nikmat. Kerang jenis ini paling enak dimakan pada saat masih segar.
    Foto Koleksi Halim.
  • Kerang hijau. Di California, kerang jenis ini disebut green mussel. Sangat mudah dijumpai. Ukuran kerang cenderung besar. Bagian dalam cangkang berwarna perak mengkilat, kadang muncul warna pelangi.
  • Kerang hitam. Di California, kerang jenis ini disebut black mussel. Bentuknya mirip dengan kerang hijau, namun lebih kecil.
    Kreasi Katering Indonesia San Diego.
    Cangkangnya lebih tipis dan ringan. Biasanya kerang ini hidup bergerombol melekat di atas bebatuan atau karang laut.
  • Kerang manila. Jika sedang musim di California, kerang manila dapat berukuran besar dan manis. Biasa dimasak bersama kacang kedelai hitam fermentasi (produk ini mudah didapat di supermarket Asia dan memiliki harga relatif murah). Kerang ini juga lezat dimasak bersama kemangi kuah cair. Selain itu, kerang manila juga dapat dimasak dalam saus kental jahe & daun bawang. Jika anda suka berkreasi, maka kerang ini juga dapat mengikuti resep anda.
  • Kerang venus. Kadang kerang ini dijual di supermarket California. Harga kerang venus sama seperti kerang manila. Harga jual berdasarkan berat.
  • Kerang cherrystone. Mirip seperti kerang venus, namun yang ini dalam ukuran yang jauh lebih besar, bisa seukuran telapak tangan orang dewasa. Kadang harga jual kerang ini adalah satuan, ada pula yang berdasarkan berat.
  • Kerang tiram. Sebagian orang lebih memilih menyantap kerang ini dalam kondisi mentah. Bagi mereka yang percaya,para pria yang menyantap kerang tiram mentah dapat meningkatkan gairah seks. Masih belum dapat dibuktikan kebenarannya.  Namun bagi saya pribadi, baik mentah atau matang, saya tidak menyukai. Saya lebih menyukai saus tiram. Kerang inilah penghasil mutiara yang bernilai fantastis. Kerang tiram juga mudah dijumpai di California. Biasanya mereka menjual satuan atau dalam kantung jala kecil.
  • Kerang remis. Remis adalah kerang sungai berukuran kecil seperti kuku ibu jari orang dewasa. Karena berasal dari air tawar, maka rasanya pun lebih tawar dibanding kerang laut. Namun tetaplah nikmat. Remis kemasan beku sesekali bisa dijumpai pada supermarket Jepang di California.
  • Kupang. Seperti remis namun dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Di Surabaya dan Sidoarjo banyak dijumpai penjual lontong kupang. Rasanya asam gurih dan nikmat karena kombinasi bumbu petis yang pas. Kupang ini banyak dijual di California dalam kondisi beku.
  • Kerang batik. Tidak dijual di California dalam bentuk apapun. Cangkang luarnya bermotif seperti batik tak beraturan. Sedikit mirip dengan kerang manila, hanya saja kerang batik lebih kecil dan rasanya sangat manis nan gurih. Sungguh sedap jika dimasak bersama kuah tauco. Dari seluruh jenis kerang, kerang inilah yang paling nikmat selain kerang darah. Itu adalah pendapat pribadi saya yang merupakan penggemar kerang.
  • Scallop. Jenis kerang yang memiliki daging berwarna putih. Semakin besar ukuran scallop, semakin mahal nilai jualnya. Tentu saja yang berkualitas pilihan khusus ekspor yaitu putih, tebal dan tidak rusak. Umumnya yang dijual ke Amerika Serikat adalah scallop beku.
"Life gets easier when you delete the people that make it difficult".

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.