Wednesday, January 3, 2018

Pernikahan Konglomerat Nasional Yang Berujung Perceraian



  1. Abdul Latief dan Nursyamsiah. Bapak Latief bukanlah sosok biasa, ia adalah menteri tenaga kerja era pemerintahan Soeharto dari 1993 hingga 1998 dan dilanjutkan menjadi menteri Pariwisata, Seni dan Budaya selama 2 bulan pada 1998 silam. Jabatan itu terhenti seiring dengan berhentinya presiden Soeharto. Pria kelahiran 1940 yang pandai mengelola usaha ini menikah dengan Nursyamsiah dan dikaruniai 2 orang anak yaitu Medina dan Dipo. Keduanya telah bercerai saat Latief masih menjabat sebagai menteri. Pada 22 Agustus 2003, Latief menikah dengan Ainahaq Dona Louisa Hindarto yang berusia 35 tahun lebih muda. Dari pernikahan kedua ini, Latief dikarunai 2 orang anak. 
  2. Abi Yapto dan Jessy Merry Simpson. Abi adalah putra dari pengusaha sekaligus ketua pemuda pancasila, Yapto Soerjosoemarno. Ia pernah menjalin kasih dengan artis cantik Dian Sastrowardoyo. Abi menikahi model kulit putih 24 tahun asal Australia yang bernama Jessy. Sayang pernikahan ini hanya berjalan setahun dan tanpa anak. Pernikahan Abi dan Jessy diputus berakhir oleh pengadilan agama Jakarta Selatan pada 10 Desember 2012. Abi kemudian menikah dengan artis berwajah indo, Jasmine Wildblood pada 9 Desember 2013 dan telah dikaruniai putri pada 2016 silam. Semoga bahagia hingga akhir hayat.
  3. Andi Setiawan dan Aida Noplie Chandra. Saat bercerai pada 2013 silam, pengadilan memutuskan bahwa hak asuh anak laki-laki jatuh ke tangan Andi sementara anak perempuan ke tangan Aida. Namun Andi mengajukan banding dan hasilnya adalah anak perempuan jatuh ke tangan laki-laki. Pada 2015, Aida seolah tak putus asa agar ia bisa berkumpul lagi bersama kedua anaknya yang masih sangat kecil ketika ia bercerai dari Andi. Andi adalah putra petinggi Gudang Garam. Aida merasa dihalangi untuk bertemu dengan kedua anaknya sehingga ia meminta bantuan pada komnas perlindungan anak. Pada 10 November 2019, Aida dinikahi oleh duda tanpa anak sekaligus aktor, Delon Thamrin. 
  4. Ari Sigit Harjodjudanto dan Gusti Maya Firanti Noor. Status cucu Soeharto ini adalah duda 1 putri ketika menikah dengan Maya pada 1996 silam. Ya, ia pernah menikah dengan artis Annisa Tribanowati (sekarang Trihapsari) pada 1992. Ari dan Annisa dikaruniai seorang putri yang diadopsi oleh sang tante, Mbak Tutut yang kemudian diberi nama Danya Sekartaji. Ari dan Maya dikaruniai 3 orang anak sebelum bercerai pada 2001. Pada 2003, Ari menikah ketiga kalinya dengan artis Rica Callebout dan dikaruniai 2 orang anak. Total anak Ari adalah 6 orang. Hubungan Ari dengan kedua mantan istri sangat baik. Mereka hadir dalam pernikahan putri masing-masing. 
  5. Bambang Trihatmojo dan Halimah Agustina Kamil. Pasangan ini menikah pada 24 Oktober 1981 dan dikaruniai 3 orang anak yaitu seorang putri serta 2 orang putra. Sudah menjadi rahasia umum sejak tahun 2000, Bambang telah menikah siri dengan penyanyi asal Purwokerto, Mayangsari. Pada 2006, Mayangsari melahirkan seorang putri yang diberi nama Khirani Siti Hartina Trihatmojo. Dua bulan setelah melahirkan, Halimah bersama kedua anak mereka menyerbu rumah yang ditempati Mayangsari. Setahun kemudian, Bambang menggugat cerai Halimah. Pernikahan Bambang dan Mayangsari disahkan pada 2011 silam. Untuk itu, Bambang membawa kakaknya, Sigit Harjodjudanto sebagai saksi.
  6. Danny Rukmana dan Lulu Luciana Tobing. Danny menikahi Lulu pada 6 September 2006 silam. Sebelum menikah, Lulu menjadi mualaf. Usai menikah, Lulu mundur dari dunia hiburan. Sepuluh tahun membina biduk rumah tangga, sayang keduanya tidak dikaruniai buah hati. Pada 2016, Lulu mengajukan gugatan cerai. Selama proses persidangan, tak banyak diliput oleh media sehingga tak banyak yang diketahui. Pada 24 Agustus 2019, Lulu dinikahi oleh cucu pengusaha kapal bernama Bani M. Mulya. Pada 15 Februari 2020, Danny menikahi gadis Makassar bernama Raiyah Chitra Caesaria. 
  7. Dedey Mulyawan Risyad dan Diana Pungky. Yap, Diana adalah salah satu artis senior yang pernah membintangi sinetron Jinny oh Jinny. Sementara Dedey adalah pengusaha tajir melintir. Keduanya menikah pada 28 Januari 2005 silam. Perceraian pasangan ini justru diketahui dari istri kedua Dedey yang bernama Gwen Priscilla. Dedey dan Diana telah bercerai pada 2012 silam. Gwen sendiri merupakan eks personel Duo Mahadewi yang dinikahi Dedey pada 8 Juni 2019. Gwen menampik tuduhan bahwa ia adalah pihak ketiga di pernikahan pertama sang suami. Gwen mengenal Dedey sekitar tahun 2016. Meski lebih muda belasan tahun dari Dedey, namun Gwen mengaku merasa nyaman. 
  8. Dodi Triono, alm dan Sri Dewi. Dodi Triono,alm dan Almynda Saphirra. Nama Dodi mencuat di Indonesia tatkala ia menjadi salah satu korban tewas oleh 4 perampok yang memasuki rumah mewahnya di Pulomas, Jakarta. Pernikahan pertama Dodi adalah dengan Sri Dewi, seorang notaris wanita dan dikaruniai 3 orang anak yaitu Setya Detri, Andana dan Andini. Saat masih terikat pernikahan dengan Sri, konon Dodi menikah lagi dengan Almynda. Keduanya dikaruniai 3 orang putri yaitu Diona, Zanette dan Gemma. Pada 2014, keduanya bercerai. Sebelum itu, yaitu pada 2011 Dodi telah bercerai dari Sri. Pada 2015, Dodi menikah lagi dengan Agnesya Kalangi. Sayang Diona dan Gemma juga menjadi korban tewas pada hari kelabu tersebut.  Dodi juga tak sempat melihat calon putri bungsunya sebab Agnesya melahirkan 2 bulan selepas kepergian Dodi.
  9. Edwin Abeng dan Ririn Ekawati. Edwin adalah putra dari pengusaha sekaligus mantan menteri Tanri Abeng. Sebelum menikahi Ririn pada 13 Oktober 2001 silam, Edwin memutuskan menjadi mualaf. Pernikahan keduanya dikaruniai seorang putri bernama Jasmine Salsabila. Pada 2008, keduanya bercerai secara baik-baik. Edwin kemudian menikah lagi dengan Andara Novriandra pada 1 Februari 2011. Sementara Ririn menikah lagi dengan pengusaha konglomerat Ferry Wijaya pada September 2015 dan dikaruniai seorang putri pada Januari 2017. Sayang Ferry meninggal pada pertengahan 2017 akibat leukemia.
  10. Gunawan Angka Widjaja dan Chin Chin/Trisulowati. Kasus perceraian Chin Chin dengan bos Empire Palace Surabaya ini sangat menyita perhatian publik. Chin Chin sempat mendekam di penjara akibat laporan yang diduga dilakukan sang suami. Oleh karena ketiga anak mereka terseret kasus orang tuanya, maka Seto Mulyadi pun turun tangan. Kak Seto menemui mereka di Surabaya. Tentu tujuannya agar ketiga putra putri mereka tidak mengalami trauma psikis. Ketiga anak mereka tinggal bersama Chin Chin di sebuah ruko di Surabaya pusat. Chin Chin sendiri sempat menggunakan jasa pengacara nyentrik Hotman Paris Hutapea untuk membantu kasusnya. Semoga masalah bisa diselesaikan dengan damai dan anak-anak bisa hidup bahagia.
  11. Gunawan Santoso dan Alice Angsana. Untuk mengingatkan, Gunawan terlibat dalam kasus penggelapan uang milik perusahaan sang mertua (yang kemudian menjadi mantan), perceraian dan kemudian pembunuhan. Ia adalah otak tewasnya sang mertua laki-laki, yaitu Boedyharto Angsana, bos PT Asaba. Boedy ditembak jarak dekat di depan gedung olah raga bersama pengawal pribadinya. Gunawan sempat menjadi buronan yang licin. Ketika ditangkap, ia tengah berada di sebuah kamar kontrakan. Ia memiliki 6 KTP yang berbeda dan sempat melakukan operasi plastik di bagian wajah. Meski awalnya ragu, polisi akhirnya berhasil meringkus Gunawan berdasarkan keterangan tahi lalat di pantat dari mantan istrinya. Kini Gunawan mendekam di lapas nusakambangan dan dijatuhi hukuman mati.
  12. Hussain Witarja Komara dan Rebecca Inggrid Gunawan. Hussain adalah bos sebuah perusahaan keamanan di Bandung. Sementara Rebecca adalah mantan perancang busana. Pernikahan keduanya dikaruniai seorang putra namun tidak berlangsung lama. Keduanya terlibat perebutan hak asuh anak. Putra mereka kala itu berada di bawah pengasuhan orang tua Rebecca. Hussain merasa terganggu haknya sebagai seorang ayah sehingga diduga ia kerap mengancam Rebecca beserta keluarganya. Merasa tak tenang, Rebecca pun meminta perlindungan pada seorang pria yang sayangnya ditanggapi berbeda. Permintaan Rebecca justru membawa sang mantan suami menemui ajal. Hussain ditembak ketika sedang mengendarai mobilnya. Setelah sempat menjadi tersangka utama dan mendekam di tahanan, Rebecca pun bebas murni sebab ia tak terbukti bersalah.
  13. Hutomo Mandala Putra dan Ardhia Pramesti Regita Cahyani. Putra bungsu mantan presiden RI kedua Hutomo akrab disapa Tommy Soeharto. Ia menikahi wanita yang akrab disapa Tata dalam adat Solo pada 1997 silam. Usia keduanya terpaut 12 tahun. Keduanya dikaruniai seorang putra bernama Dharma Mangkuluhur yang kini berprofesi sebagai pembalap dan seorang putri bernama Gayatri. Tommy beberapa kali tersandung kasus hukum dan yang paling menyita perhatian adalah pembunuhan hakim agung Syafiuddin Kartasasmita. Untuk itu, Tommy divonis 10 tahun penjara pada tahun 2002 silam. Tata menggugat cerai Tommy pada 2006. Hingga kini baik Tommy maupun Tata belum menikah kembali namun keduanya memiliki hubungan akrab. Tata dan kedua anak mereka menetap di Singapura. Kini Tata sedang menjalin kasih dengan seorang pria Italia yang berprofesi sebagai aktor.
  14. Indra Bakrie dan Dotty Suraida. Indra dan Dotty adalah orang tua kandung Adinda. Secara kebetulan, Adinda juga bercerai dari sang suami, Seng Hoo Ong. Disebutkan bahwa Indra adalah adik kandung pengusaha konglomerat Aburizal. Indra juga menjadi salah satu pemegang saham perusahaan Bakrie Group. Indra kemudian menikah lagi dengan Gaby Djorghi. Sedangkan Dotty menikah lagi dengan Arwin Rasyid. Indra merupakan seorang pengusaha, adik dari konglomerat AB. Dotty merupakan seorang dosen fakultas ekonomi di sebuah universitas di Jakarta.
  15. Irwan Mussry dan Tri Hanurita. Tak salah lagi, Irwan adalah pengusaha konglomerat jam tangan yang pernah menjalin kasih dengan artis sekaligus politikus Desi Ratnasari. Sebelum itu, Irwan pernah menikah dengan Tri Hanurita. Tri adalah putri pengusaha konglomerat ternama Sudwikatmono, alm. Setelah bercerai, wanita kelahiran 8 Desember 1966 tersebut menikah lagi dengan Dessano Indrasakti. Sementara Irwan menikahi Maia Estianty di masjid Camii, Tokyo, Jepang pada November 2018. Untuk pernikahannya, Maia memesan sebuah tiara buatan tangan di perusahaan milik Happy Salma. Selain kedua orang tua Maia, ketiga putra Maia dengan mantan suami Ahmad Dhani juga hadir.
  16. Jay Alatas dan Christy Jusung. Setelah bercerai dari Hengky Kurniawan yang telah memberinya seorang putra, Christy rupanya tak ingin berlama-lama. Setahun kemudian tepatnya pada 28 April 2013, Christy dinikahi oleh Jay Alatas. Di dunia musik jazz, Jay bukanlah orang asing. Tak hanya itu, Jay juga seorang pengusaha pertanian jagung yang cukup sukses. Status Jay kala menikah adalah duda 3 anak. Namun pernikahan mereka hanya berlangsung sekitar 8 bulan. Christy disebut tak dapat menyatu dengan anak-anak Jay. Terlebih anak-anak Jay berusia hampir sama dengan usia Christy. Yap, Christy berusia 25 tahun lebih muda dari Jay. 
  17. Muzdalifah dan Nassar Sungkar (dan Khairil Anwar). Suami pertama wanita kelahiran 1978 ini merupakan pengusaha besi yang sukses. Ialah Nurman yang sayang tak memiliki usia panjang. Kepergian Nurman meninggalkan Muzdalifah menjadi janda dengan empat orang anak. Namun Nurman juga meninggalkan rumah mewah dan segala harta benda ke tangan Muzdalifah. Ini menjadikan Muz janda tajir melintir. Pada Mei 2012, Muz menikah lagi dengan pedangdut yang berusia 10 tahun lebih muda bernama Nassar. Baru dikaruniai seorang putra, keduanya bercerai. Muz menikah ketiga kalinya dengan Khairil Anwar dan kembali bercerai tanpa dikaruniai anak. Konon Khairil masih terikat pernikahan sebelum menikahi Muz. Kemudian Muz menikah keempat kali dengan pria lebih muda bernama Fadel Islami.
  18. Nurdian Cuaca dan Jamie Chua. Menyebut nama Jamie Chua, semua orang tentu tahu siapa wanita cantik nan kaya tersebut. Jamie pernah bekerja di Singapore Airlines sejak usia 17 tahun. Pekerjaan itulah memperkenalkan ia dengan Nurdian yang kala itu tengah duduk di kursi bisnis. Tak lama setelah perkenalan itu, keduanya menikah dan dikaruniai 2 orang anak yaitu seorang laki-laki dan perempuan. Keduanya bercerai pada Februari 2010 silam setelah menikah selama 15 tahun. Kedua anak mereka hidup bersama Jamie di Singapura. Konon Jamie menuntut biaya bulanan fantastis ke Nurdian untuk menghidupi kedua anak mereka. Entah kabar itu benar atau tidak. Jelasnya, Jamie kini menjadi sosialita yang terkenal akan koleksi-koleksi barang mahalnya.
  19. Pratikto Prayitno Singgih dan Siti Hutami Endang Adiningsih. Insinyur Pratikno menikahi putri bungsu mantan presiden Soeharto yang akrab disapa Mamiek Soeharto pada 1990. Ayah Tito, sapaan akrab Pratikto, adalah seorang diplomat. Pernikahan ini dikaruniai seorang putra tampan nan tegap bernama Wiratama Hadi Rachmanto. Wira pernah menjadi anggota Paskibraka pada 17 Agustus 2007, tepatnya di era presiden SBY. 
  20. Sammy Hamzah dan Desi Ratnasari. Setelah bercerai dari Ir. Trenadi Pramudya, Desi dipinang oleh pengusaha kaya bernama Sammy. Pria kelahiran 24 Januari 1963 ini berusia 10 tahun di atas Desi. Sebelum menikah, keduanya mengadakan jumpa pers. Di depan para awak wartawan, Sammy memuji kecantikan sang calon istri. Mereka pun menikah pada 2001 dan dikaruniai seorang putri yang dilahirkan di Singapura. Namun pada 2003, Desi menggugat cerai Sammy. Sammy sudah menikah lagi dan dikaruniai beberapa anak.
  21. Seng Hoo Ong dan Adinda Bakrie. Adinda merupakan keponakan pengusaha konglomerat Indonesia, Aburizal Bakrie. dinikahi oleh pria Singapura secara Islam pada 2008 silam. Sebelum menikah, Seng diketahui telah menjadi mualaf. Perhelatan pernikahan keduanya dilangsungkan secara mewah di sebuah hotel berbintang di Jakarta. Adat yang diusung ada 2 yaitu adat Sunda dan Sumatra. Tamu-tamu yang hadir adalah pejabat nasional di antaranya adalah presiden dan wakil presiden masa itu. Pasangan ini dikaruniai 2 orang anak, yaitu seorang putri dan seorang putra. 
  22. Setiawan Djody dan Sandy Harun. Bagi pria yang berprofesi sebagai pengusaha sekaligus gitaris band Kantata Takwa ini, Sandy adalah istri kedua. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai seorang putri bernama Marimbi Djody Putri. Setelah bercerai, Setiawan masih dibuat murka oleh sang mantan istri. Penyebabnya adalah pengakuan Sandy bahwa Marimbi bukanlah hasil hubungan dengan dirinya melainkan dengan putra kesayangan penguasa orde baru, Tommy Soeharto. Sandy mengungkap bahwa ia pernah menikah siri dengan Tommy. Setiawan memang sempat melakukan tes DNA, namun entah kasus ini menguap begitu saja. 
  23. Soerijo Gondo dan Natalie Margaretha. Keduanya menikah di Bali pada 2004 silam. Status Soerijo adalah duda 3 putri sementara status Natalie adalah gadis. Natalie pernah menjalin kasih dengan aktor Gunawan namun kandas. Pernikahan Soerijo dan Natalie kemudian dikaruniai 2 putra. Setahun setelah putri kedua Soerijo tewas dalam kebakaran mobil pada Maret 2012 silam, pernikahan keduanya tak lagi harmonis. Sebelum bercerai, Natalie dilaporkan oleh sang suami akibat membawa lari kedua putra mereka. Kedua putri Gondo yang mulanya dekat dengan Natalie pun menjadi ikut renggang. Hal ini diduga Natalie karena dilarang berkomunikasi dengan dirinya. 
  24. Soetikno Soedarjo dan Dian Muljadi. Dian adalah putri konglomerat wanita Indonesia bernama Kartini Muljadi. Dari pernikahan dengan Soetikno, Dian dikaruniai tiga orang putri. Salah satu putri yang dikenal publik adalah putri bungsu, Dita. Dita pernah bertunangan dengan aktor Denny Soemargo namun kandas sebelum melangkah ke pelaminan. Dian dan ketiga putri mereka memegang banyak usaha. Pada 7 Agustus 2019, Soetikno ditahan oleh KPK atas kasus dugaan suap PT Garuda.
  25. Steven Rumangkang dan Angel Karamoy. Steven adalah pengusaha konglomerat kelahiran Manado.Ia menikah dengan wanita sesama Manado bernama Angel yang berprofesi sebagai artis pada 26 Januari 2008. Resepsi pernikahan dilangsungkan di Assembly Hall, Jakarta Convention Center dengan mengundang 4000 orang. Tak hanya itu, presiden SBY dan wakil presiden Jusuf Kalla turut menghadiri resepsi tersebut. Dekorasi mewah serba putih dengan tema musim dingin bersalju menghiasi ruangan resepsi. Keduanya dikaruniai 2 orang anak yaitu seorang putra dan seorang putri. Dari luar, pernikahan Angel nampak penuh kebahagiaan. Ia diketahui sempat vakum dari dunia keartisan dan menjadi ibu rumah tangga seutuhnya. Sayang pada 2016, Angel menggugat cerai Steven.
  26. Sugianto Sabran dan Ussy Sulistiawaty. Sugianto merintis karirnya di perusahaan besar sawit di Kalimantan Tengah. Oleh karena mumpuni di bidangnya, Sugianto meneruskan sang paman menjadi presiden direktur PT Tanjung Lingga. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan sawit terbesar di Indonesia. Pada 2005, Sugianto menikah dengan Ussy. Namun saat mengandung buah cinta mereka, Ussy menggugat cerai sang suami. Keduanya dikaruniai seorang putri dan seorang lagi putri merupakan adopsi. Ussy kemudian menikah lagi dengan aktor Andhika Pratama dan telah dikaruniai dua orang putri. Pada awal 2018, Sugianto menikah lagi dan telah dikaruniai anak. Meski telah bercerai dan hidup berbeda pulau, hubungan Ussy dan Sugianto cukup baik. 
  27. Triyono dan Danty Indriastuti Purnamasari Rukmana. Danty adalah putri pertama anak kedua pasangan Mbak Tutut, putri sulung mantan presiden Soeharto dengan Indra Rukmana. Ia pernah menjadi anggota Paskibraka di era pemerintahan sang eyang. Danty dinikahi pada 28 Maret 2000 di Taman Mini Indonesia Indah. Sayang Triyono dikabarkan menipu uang Danty hingga 2 trilyun rupiah. Tak pelak, Danty menggugat cerai Triyono meski pernikahan baru seumur jagung. Pada akhir 2001, Danty menikah kembali dengan Adrianto Supoyo. Perhelatan nikah dilangsungkan di kediaman Mbak Tutut dan disaksikan oleh mantan presiden Soeharto.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.